Game & Teknologi

Ini Cara Membersihkan Laptop Secara Praktis, Cukup Lima Langkah Dijamin Bersih!

cara membersihkan laptop

Untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital, kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu menggunakan laptop. Setelah berjam-jam laptop dibuka dan dipakai sesuai kebutuhan akan membuat permukaan laptop kotor. Belum lagi kalau kamu sering mengerjakan tugas ditemani camilan. Remahan-remahan camilan bisa ikut menyumbang kotoran pada laptop seperti mauk ke sela-sela keyboard dan lain sebagainya. Selain itu, bakteri juga bisa dengan mudah berkumpul pada permukaan laptop jika tidak sering dibersihkan. Saking lamanya tidak dibersihkan, kamu mungkin sampai menjumpai kerak-kerak lembut pada setiap sela-sela permukaan keyboard atau touchpad. Untuk menghindari berkumpulnya kotoran, bakteri, dan hal buruk lain yang menyebabkan penyakit, berikut ini cara membersihkan laptop yang bisa kamu praktikkan.

1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Laptop

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Laptop

sumber: airbrushinsider.com

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum membersihkan laptop yaitu menyiapkan alat dan bahan yang tepat. Kamu perlu menyiapkan cairan pembersih berupa alkohol 90 persen atau air cuka. Alkohol 90 persen masih aman digunakan dan tidak merusak laptop. Jika tidak ada alkohol, kamu bisa menggunakan larutan air hangat dan cuka dengan perbandingan 1:1. Kemudian siapkan sikat halus seperti kuas tipis dengan permukaan sikat yang melebar atau cotton bud. Pastikan bulu-bulu sikat tidak mudah lepas karena akan percuma jika bulu sikat nantinya masuk ke sela-sela laptop. Lalu siapkan kain microfiber yang halus.

2. Sikat Sela-Sela Permukaan Laptop Terlebih Dahulu

Sikat Sela-Sela Permukaan Laptop Terlebih Dahulu

sumber: ebay.com

Setelah itu, gunakan sapukan sikat halus pada seluruh permukaan laptop. Tujuannya tidak lain untuk menyingkirkan partikel-partikel dan debu-debu yang berukuran lebih besar. Tidak hanya menyapu secara kasar, manfaatkan sikat halus ini untuk mengangkat debu-debu yang ada di bagian sulit seperti ppinggiran layar dan sela-sela keyboard serta touchpad. Bersihkan secara telaten setiap kotak tombol keyboard agar pembersihan semakin maksimal.

3. Hati-Hati dengan Port Laptop

Hati-Hati dengan Port Laptop

sumber : sautitech.com

Ketika melakukan pembersihan secara menyeluruh pada permukaan laptop, tidak jarang kamu tergerak untuk membersihkan port yang ada di bagian samping laptop. Port kecil ini memang rentan untuk dimasuki debu. Namun sebaiknya kamu membersihkan bagian luarnya secara hati-hati. Sebab, pada setiap port terdapat lempengan logam yang bisa saja akan tergores dengan debu atau bulu sikat dan cairan sehingga merusak kinerjanya.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri