Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

cara membuat action figure

Mengoleksi action figure memang menjadi hobi sebagian orang. Tapi bagi beberapa orang, hobi ini termasuk mahal karena harganya yang selangit. Kalau gitu kenapa gak bikin sendiri saja, GenK? Yuk simak cara membuat action figure dari clay!

Punya hobi mengoleksi mainan gak cuma anak kecil saja loh, orang dewasa juga banyak, GenK. Tak tanggung-tanggung, sampai rela merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat membeli action figure yang limited edition. Apakah kamu juga tertarik untuk mengoleksinya?

Jika keinginanmu untuk mengoleksi terkendala dengan harga, kami punya cara membuat action figure dari clay yang bisa langsung kamu praktikkan. Ayo simak dari tahapan yang paling pertama, yaitu mendesain karakter!

Mendesain Karakter

Langkah pertama dari cara membuat action figure adalah membuat desain karakternya. Pada dasarnya, desain karakter adalah tahapan visualisasi karakter berdasarkan tema yang kamu usung. 

Jika dihubungkan dengan action figure, desain karakter berguna untuk menentukan bentuk tubuh, pose, ekspresi, dan gaya busana figur. Sekaligus dapat menjadi pegangan dasar ketika kamu memproduksi action figure dalam jumlah yang banyak.

Contoh desain karakter (sumber: benwhitehouseillustration.com)

Kamu dapat membagi desain karakter menjadi dua, yaitu dari segi fisik dan psikologisnya. Berikut masing-masing detail penjelasannya, GenK!

1. Konsep action figure dari segi fisik

Tampilan visual action figure dirancang berdasarkan konsep fisik yang kamu buat. Misalnya pemilihan jenis karakter (apakah dia manusia, hewan, atau makhluk buatan), berapa usianya, berapa tinggi dan berat badannya, serta warna kulitnya seperti apa. 

2. Konsep action figure dari segi psikologis

Setelah dari segi fisik, cara membuat action figure yang berikutnya lebih mendalam ke segi psikologisnya nih. Bagaimana watak dan kepribadian karakter action figure-mu? Umumnya ada tiga jenis penokohan, yaitu protagonis, antagonis, dan tritagonis. Pilih salah satu dari ketiga jenis penokohan tersebut, supaya pemodelan figur lebih berkarakter, GenK.

Tips: Pembahasan yang lebih detail tentang cara membuat desain karakter dapat kamu baca tahapannya di artikel kami sebelumnya. Sangat berguna untuk dijadikan sebagai panduan ketika membuat desain karakter action figure-mu.

Baca Juga :   Ini Cara Merawat Sukulen di Rumah Agar Tetap Cantik

Merancang Figure Armature

Layaknya tengkorak manusia, armature adalah kerangka dasar yang digunakan untuk membuat patung agar dapat berdiri tegak. Kerangka ini memberikan struktur tinggi dan pose action figure yang akan kamu buat. 

cara membuat action figure 2

Armature untuk action figure (sumber: sculpturehouse.com)

Setelah kerangka beres, kamu dapat melapisinya dengan bahan plastik seperti clay, tanah liat, koran bekas, dan bahan dasar lainnya. Ini dia cara membuat figure armature, GenK!

Alat dan bahan:

  • Kawat aluminium
  • Tang kombinasi, bisa untuk menjepit dan memotong
  • Kertas HVS A4
  • Pensil

Cara membuat armature (sculpture)

1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat armature.

2. Ambil 1 lembar kertas HVS A4. Posisikan kertas menjadi landscape, kemudian lipat sebanyak 3 kali. Pertama lipat menjadi dua, setelah itu lipat menjadi dua, dan lipat lagi menjadi dua sampai kertas tersebut memiliki 8 lipatan.

3. Masih lanjutan dari step sebelumnya, lipat lagi dalam posisi portrait sampai kertas tersebut sampai memiliki 3 lipatan.

4. Mulai gambar sketsa karakter di kertas tersebut. Agar tinggi badan terlihat proporsional, gambarlah sketsa mengikuti 8 kotak lipatan yang tersusun secara vertikal. Dibutuhkan ukuran 8 kepala manusia untuk membuat kerangka tubuh orang dewasa.

Sketsa ukuran 8 kepala (sumber: YouTube Tiranti)

5. Siapkan 1 kawat aluminium, kemudian bentuk polanya sesuai sketsa gambarmu yang dimulai dari bagian kepala dan berakhir di ujung kaki. Kira-kira seperti ini tahapannya, GenK:

Mulai membuat kepala dan pundak (sumber: YouTube Tiranti)

 

cara membuat action figure 5

Bentuk kerangka action figure (sumber: YouTube Tiranti)

 

cara membuat action figure 6

Kawat dipilin (sumber: YouTube Tiranti)

6. Supaya lebih kokoh, pelintir kawat aluminium menggunakan tang penjepit. Tak lupa, potong kawat yang berlebih.

7. Ubah pose armature sesuai bentuk action figure yang kamu inginkan.

8. Figure armature buatanmu sudah jadi deh!

Tips: Guna mengasah keterampilan menggambar, kami punya rahasia cara menggambar orang agar bentuknya proporsional loh. Simak informasi lengkapnya di artikel yang pernah kamu tulis sebelumnya.

Baca Juga :   Cara Membuat DIY Terrarium Untuk Hiasan Rumah Mungil

Memilih Jenis Clay

Clay (sumber: montmarte.net)

Cara membuat action figure yang berikutnya adalah memilih jenis clay. Terdapat beberapa jenis clay, yaitu clay asli dari tanah liat, paper clay, tepung clay, polymer clay, dan lain sebagainya. Perbedaan jenis clay dapat kamu baca di artikel kami tentang belajar membuat kerajinan clay dan jenis-jenisnya.

Selain membeli, kamu juga dapat membuat clay sendiri dari bahan-bahan sederhana seperti tepung, koran, dan sabun loh. Cukup pilih salah satu jenis clay kemudian pilih bahan dasar pembuatannya jika kamu ingin membuat sendiri, GenK.

Menempel Clay di Armature

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menempelkan clay di armature, sebenarnya caranya sangat simpel, GenK. Yuk kita intip sama-sama cara menempel clay di armature

  1. Pertama-tama siapkan figure armature yang sudah kamu buat. 
  2. Kemudian siapkan clay dengan beberapa jenis warna yang sesuai dengan figur yang ingin kamu buat. 
  3. Ambil satu gumpalan clay sebagai warna dasar figur.
  4. Potong clay menggunakan pisau supaya tipis dan mudah untuk ditempel.
  5. Tempel clay ke kawat armature mengikuti referensi gambar karakter.
  6. Bentuk detail-detail tertentu menggunakan alat ukir.
  7. Lakukan lagi ke step nomor 3 jika kamu ingin menggunakan warna clay yang lain.

 

Ternyata mudah banget cara membuat action figure dari clay. Selain clay, kamu dapat membuat koleksi figur dari tanah liat asli, kardus, kertas, dan barang-barang bekas lainnya. Yuk cobain!

Polling

About author

Related posts
Hobi & Kriya

Gading Serpong Olympic XI : EUPHORIA

Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Leave a Reply

Your email address will not be published.