Creativepreneur and Career

Cara Membuat Caption Unik Guna Membuat Bisnismu Lebih Maju

Sebuah caption tentu menjadi salah satu hal yang paling sering dipikirkan seseorang sebelum membuat postingan tentang suatu hal di media sosialnya, terutama bagi kalangan muda. Bukan hanya digunakan untuk menyampaikan kata-kata bijak saja, namun penggunaan caption menjadi suatu hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis layaknya sebuah copywriting.

Kalo kamu seorang pebisnis muda, pasti bakal berpikiran hal yang sama bukan? Sebab tak jarang juga sebuah caption menjadi ‘sarana komunikasi’ terhadap para customer. Emang sepenting apa sih caption itu? Penting banget ya? Atau biasa aja?

Faktanya, kalo kamu menggunakan sebuah caption yang menarik, hal itu akan membuat seseorang betah untuk berlama-lama membaca produk yang kamu tawarkan sehingga pada akhirnya berpotensi untuk meningkatkan yang namanya engagement.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas berikut merupakan 3 cara membuat caption unik guna membuat bisnismu lebih maju di kemudian hari nantinya :

Ketahui Followersmu Lebih Dekat

Sumber Gambar : pexels.com

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui atau mengenal lebih dekat lagi tentang bagaimana followersmu dan apa yang mereka inginkan. Emang buat apaan sih? Pengenalan yang lebih dekat akan berpengaruh terhadap pemasaran produkmu nantinya, karena dengan begitu kamu bisa menyesuaikan diri dengan tata bahasa yang digunakan followersmu di kolom komentar.

Selain itu, tentang apa yang followersmu inginkan menjadi hal yang tak kalah pentingnya pula. Pengenalan lebih dekat juga termasuk dengan menerima segala masukan maupun kritikan yang ada. Dengan begitu, kamu akan membuat para followers merasa diperhatikan tanggapannya sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap produk nantinya.

Perlihatkan Brand Personality Kamu

Cara membuat caption unik

Sumber Gambar : pexels.com

Saat hal yang tak jarang juga seseorang lalai dalam melakukannya ialah dengan memperlihatkan atau memperkenalkan ‘brand personality’ miliknya dengan baik. Kalo kamu juga salah satunya, berarti kebiasaan itu harus segera diubah ya gengss. Dilansir dari sebuah laman bernama later.com, brand personality merupakan salah satu hal yang penting untuk selalu diingat. 

Contohnya kalo kamu ingin memperlihatkan brand yang kamu miliki sebagai brand yang humor dan luwes, kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih ‘casual’ dengan mengambil referensi yang populer dan ringan dicerna pikiran. Sebaliknya, kalo kamu mengelola perusahaan dengan citra yang lebih serius, pastinya kamu harus menggunakan bahasa yang lebih formal lagi.

Jangan Terlalu panjang

Cara membuat caption unik

Sumber Gambar : pexels.com

Komposisi dari sebuah caption menjadi perhatian selanjutnya. Kalo kamu ingin memasarkan brand yang kamu miliki disertai penjelasan mengenai brand tersebut, maka usahakan jangan terlalu panjang ya caption dibawahnya. Selain membosankan, hal ini tentu juga membuat para followersmu ‘skip’ ke postingan selanjutnya hanya karena mereka malas membaca caption yang terlalu panjang.

Terus, gimana dong kalo kita emang punya cerita menarik dibalik postingan itu? Kalo itu gak bisa dihindarkan, kamu masih bisa kok buat mempertimbangkan setiap kalimat dalam caption supaya masih tetap efektif buat dibaca. Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan apakah narasimu itu bisa membuat followersmu tertarik buat membaca teks yang termasuk panjang.

Dan itulah, sedikit pembahasan mengenai 3 cara membuat caption unik guna membuat bisnismu lebih maju. Ketiga cara tersebut hanya bisa dijadikan penunjang untuk mengembangkan bisnismu menjadi lebih baik nantinya. Adapun yang menjadi faktor utama terkait dengan pengembangan bisnis adalah usaha dan doa yang tentu sifatnya wajib dan harus senantiasa dilakukan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil