Arsitektur & Interior

8 Tahap Cara Membuat Denah Rumah untuk Pemula

cara membuat denah rumah

Tertarik membuat desain rumah tapi bingung harus mulai dari mana? Jika kamu adalah salah satu orang yang pernah berpikir demikian, di sini kami akan menjawab pertanyaanmu. Ingin tahu bagaimana cara membuat denah rumah yang ideal? Yuk simak artikel berikut!

Yap, merancang denah rumah memang bukan kemampuan yang dimiliki oleh semua orang, tetapi siapa pun bisa mempelajarinya, termasuk kamu loh. Ada tahap-tahapan sederhana yang bisa kamu lakukan meskipun tidak punya latar belakang arsitektur dan interior, GenK. 

Sebelum masuk ke cara membuat denah rumah, kita simak definisinya terlebih dahulu, yuk! 😊

Apa Itu Denah Rumah?

cara membuat denah rumah

Contoh denah rumah (sumber: houseplans.net)

Denah rumah atau floor plan adalah skala diagram suatu ruangan atau bangunan yang tampak dari atas, sehingga dapat menggambarkan seluruh bagian bangunan. Dapat digambarkan dalam bentuk satu lantai bangunan atau satu ruangan yang di dalam gambarnya mencakup ukuran bangunan, perabotan, atau apapun yang diperlukan untuk memenuhi rancangan bangunan tersebut.

Cara menggambar denah rumah yang baik adalah ketika kamu dapat meningkatkan kenyamanan dengan menciptakan flow yang bagus antara satu ruang dengan ruang lainnya. 

Membuat denah rumah menjadi sangat penting ketika kamu hendak merancang bangunan. Dari perkiraan ukuran bangunannya saja, kamu jadi bisa menentukan furnitur apa saja yang cocok digunakan, bagaimana sistem kabelnya, apakah ada space kosong, dan masih banyak lagi, GenK.

Karakteristik Cara Membuat Denah Rumah yang Ideal

Kira-kira karakteristik denah rumah yang ideal itu seperti apa sih? 🤔

Sebelum mengikuti cara menggambar denah rumah, kamu mesti tahu beberapa hal nih. Mari kita simak satu per satu poinnya!

  1. Ruang serbaguna dan fleksibel. Pastikan di masa depan yang tadinya ruang keluarga bisa dengan mudah diubah menjadi kamar tidur atau sebaliknya. Ruangan yang fleksibel akan sangat membantu di masa depan, GenK. 
  2. Tata ruang yang ideal. Misalnya kamu sengaja mendesain kamar mandi yang tidak menghadap ke ruang makan. Ini menjadi ideal, karena kamu jadi bisa menikmati hidangan dengan tenang, GenK.
  3. Hitung ukuran ruangan. Cara membuat denah rumah yang baik adalah menghitung ukuran ruangan dengan mempertimbangkan berapa banyak orang yang akan tinggal di ruangan tersebut. Apakah mereka punya ruang untuk beraktivitas? Apakah ada ruang untuk meletakkan furnitur? 
  4. Sirkulasi udara yang baik. Pertimbangkan di mana saja kamu akan memasang ventilasi udara dan pintu. Pastikan tidak ada ruangan yang sumpek atau lembab guna menjaga kesehatan dan kebersihan di ruanganmu, GenK.

Baca Juga :   Mengenal Eloknya Gaya Arsitektur Oriental Negeri Tirai Bambu

Cara Membuat Denah Rumah

Setelah mengetahui definisi dan karakteristiknya, sekarang kami akan membahas tahap-tahap pembuatan denah rumah. Yuk mulai dari tahapan pertama! 😁

Step 1 – Buat daftar aktivitas

Langkah pertama dari cara membuat denah rumah adalah dengan membuat daftar aktivitas yang nantinya akan kamu lakukan di ruangan tersebut. Misalnya kamu adalah seorang YouTuber yang membutuhkan studio rekaman. Berarti kamu harus menyisakan space untuk dijadikan sebagai mini studio. 

Atau mungkin kamu suka memasak, berarti buatlah dapur yang lega supaya kamu tetap nyaman saat menghabiskan waktu berjam-jam di dapur.

Step 2 – Tentukan jumlah ruangan

cara membuat denah rumah

Denah rumah dua lantai (sumber: pinterest.com)

Setelah membuat daftar, cara menggambar denah rumah adalah dengan menentukan berapa banyak ruangan dan jumlah lantai yang akan kamu buat. 

Jika bangunannya sudah ada, kamu tinggal survey ruangan yang ada dan bagi ruangan sesuai kebutuhan aktivitasmu. Namun jika bangunan belum ada, kamu dapat menggambar denah berdasarkan ukuran lahan dan lokasi yang akan dibangun.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.