Seni Rupa & Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

cara membuat doodle

Media yang Digunakan

cara membuat doodle

Mural doodle (sumber: behance.net/daniesca)

Nah, pilihlah beberapa alat di atas sesuai dengan media gambar yang kamu gunakan. Berikut adalah beberapa referensi media gambar yang cocok untuk diaplikasikan doodle.

  1. Kertas atau sketchbook, merupakan media yang paling umum digunakan. 📝
  2. Tembok, cocok untuk membuat mural doodle. Tertarik membuat mural? Kami punya cara membuat mural yang lengkap di artikel sebelumnya. 🏘️ 
  3. Baju, gambar doodle akan sangat kece kalau dipakai untuk desain baju. 👕
  4. Sepatu, pilihlah cat yang tidak mudah luntur supaya motif doodle tidak mudah pudar. 👟
  5. Cup sleeve, saat ini cup sleeve event sedang marak diselenggarakan. Gak ada salahnya untuk menggunakan doodle sebagai desain utamanya, GenK. 🥤
  6. Skateboard, papan luncur akan sangat menarik jika dihias dengan motif doodle.🛹
  7. Media digital, kalau yang ini khusus untuk gambar digital, GenK. Kamu dapat menggunakan pen tablet supaya lebih leluasa saat menggambar. Ingin tahu rekomendasi pen tablet? Yuk baca di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya! 💻
  8.  

Cara Membuat Doodle Art

Masuk komunitas itu sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan relasi. Namun, kamu tidak mesti masuk komunitas untuk bisa belajar membuat gaya gambar yang satu ini.

Saat ini sudah banyak video tutorial yang dapat kamu tonton di YouTube atau tutorial dalam bentuk tertulis di artikel. Termasuk kami yang akan membagikan cara membuat doodle khusus untuk kamu, GenK. 

Ayo kita simak tahapan pembuatannya!

Step 1 – Temukan Inspirasi

Proses sebelum mulai menggambar (sumber: pexels.com)

Proses kreatif untuk mencari inspirasi desain gambar merupakan cara membuat doodle yang paling awal. Coba bayangkan objek apa yang ingin kamu gambar, kemudian gambar coretan sederhana di kertas. 🥺 Tidak perlu bentuk yang rumit kok. Terinspirasi dari barang-barang di sekitarmu juga boleh. 

Jika masih bingung, coba cari contoh doodle art di internet, kemudian kreasikan sendiri ala kamu, GenK. Ingat, teknik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) itu penting! 

Step 2 – Menentukan Teks dan Jenis Font

Contoh penggunaan jenis-jenis font (sumber: mykinglist.com)

Apabila kamu ingin ada unsur teks di dalam karyamu, tentukan kata-katanya dan jenis font-nya terlebih dahulu. Setiap kata, bentuk, dan warna font akan menciptakan mood yang berbeda-beda. Cari referensi font di internet juga boleh, GenK. Misalnya di Pinterest, Fonts In Use, dan lain-lain.

Agar lebih mengenal karakter setiap jenis font, informasinya dapat kamu baca di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya, GenK.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *