Seni Rupa & Desain

Mau Desainmu Unik? Nih, Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop

cara membuat efek glitch

Glitch art memang gak ada matinya! Bahkan hingga kini masih dipakai oleh banyak desainer. Mau coba bikin efeknya? Simak cara membuat efek glitch di Photoshop berikut ini yuk!

Dari tadi kerjaannya hanya scrolling laman Instagram. Di sana kamu melihat ada banyak desain estetis yang memukau. Salah satunya adalah gaya glitch art yang super keren. Duh jadi pengen bikin desain kayak gitu juga.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang apa itu glitch art dan teknik yang digunakan untuk membuat desainnya. Nah, kalau sudah tahu, berarti sekarang saatnya praktik. Sudah siap bertempur? 

Cara Membuat Efek Glitch di Photoshop

Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop 1

Contoh glitch art (sumber: fastcompany.com)

Bingung bagaimana cara membuat efek glitch? Tidak perlu khawatir, karena kamu juga bisa membuatnya loh. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi edit foto Adobe PhotoshopYuk kita simak tahapan pembuatannya seperti yang ditulis dalam Flywheel, How to create a glitch effect in Photoshop di akhir tahun kemarin! 

Step 1 – Pilih foto yang akan kamu edit

Kamu tidak akan bisa mengedit kalau tidak ada fotonya. So, pertama-tama pilihlah foto yang ingin kamu edit menjadi dengan glitch effect. Tips dari kami, pilihlah foto yang artistik dari segi ekspresi objek (jika ada) atau dari latar fotonya

Step 2 – Buat workspace

Seandainya sudah selesai memilih foto, berarti sekarang saatnya membuka aplikasi Adobe Photoshop. Buatlah ‘New Project’ dengan menggunakan tombol shortcut ‘Ctrl+N’. Kemudian ubah pengaturannya seperti di tabel berikut ini:

Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop 2

Presets untuk membuat new project (sumber: design.tutsplus.com)

‘Name’ Sesuaikan dengan nama proyek
‘Preset’ Pilih ‘Custom’ untuk pengaturan manual
‘Width & Height’ Sesuaikan dengan ukuran kertas yang kamu ingin gunakan dalam satuan pixels.
‘Resolution’ 3000 Pixels/Inch
‘Color Mode’ RGB Color-8 bit

Baca Juga :   Tutorial Snapseed untuk Foto Instagram Lebih Estetik

Step 3 – Masukkan foto dan ubah menjadi smart object

Jika step nomor 2 sudah selesai dan sudah klik ‘OK’, sekarang saatnya untuk memasukkan foto ke dalam workspace yang sudah kamu buat. Caranya adalah dengan klik ‘File’ > ‘Place’ > masukkan foto yang kamu ingin gunakan. Bila ada ukuran yang tidak sesuai, kamu bisa ubah ukuran gambar terlebih dulu. Setelah itu saatnya mengubah gambar tersebut menjadi ‘Smart Object’. Caranya adalah dengan klik menu ‘Layer’ > ‘Smart Objects’ > ‘Convert to Smart Object’. 

Step 4 – Membuat efek gelombang

Cara membuat efek glitch yang berikutnya adalah dengan membuat efek gelombang yang merupakan salah satu ciri khas dari glitch art. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menduplikasi layer.

Klik kanan pada layer utama > ‘Duplicate Layer’. Kemudian ganti nama layer utama menjadi “Original” dan layer duplikat menjadi “Offset”. Setelah itu klik menu ‘Filter’ > ‘Distort’ > ‘Wave’ untuk memberi efek gelombang. Berikut adalah pengaturannya:

Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop 3

Preset untuk membuat efek gelombang (sumber: getflywheel.com)

‘Number of Generators’ 1
‘Wavelength’ Min.: 279/Max.: 695
‘Amplitude’ Min.: 162/Max.: 441
‘Scale’ Horiz.: 3%/Vert.: 1%
‘Type’ ‘Square’
‘Undefined Areas’ ‘Repeat Edge Pixels’

Baca Juga :   Cara Membuat Rainbow Effect pada Foto lewat PicsArt

Step 5 – Membuat efek distorsi dengan clipping mask 

Untuk membuat clipping mask, kamu harus membuat layer baru terlebih dulu. Caranya adalah dengan klik kanan pada layer “Original” > ‘Duplicate Layer’ > ganti namanya menjadi “Extras” > susun posisinya menjadi layer paling atas.

Setelah itu gunakan ‘Rectangular Marquee Tool’ untuk melakukan selecting bagian yang ingin kamu beri efek distorsi. Drag kursor ke bagian yang kamu select sambil mengeklik tombol ‘Shift’.

Jika posisi selection-nya sudah pas, buatlah layer mask di bawah panel layerSekarang beri dua efek distorsi lagi pada layer “Extras” (tanpa mask) > menu ‘FIlter’ > ‘Distort’ > ‘Wave’ degan presets yang sama persis dengan step nomor 4.

Step 6 – Memasang ‘Advanced Blending’

Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop 4

Contoh proses memasang ‘advanced blending’ (sumber: getflywheel.com)

Cara membuat efek glitch art yang berikutnya adalah dengan memasang ‘Advanced Blending’ pada layer “Extras” dan “Offset”. Pertama-tama klik layer ‘Offset’. Di bawah kota layer tersebut klik tombol ‘fx’ > ‘Blending Options’ > ‘Advanced Blending’. Kemudian lakukan step yang sama pada layer “Extras”. Setelah itu tinggal kamu edit efeknya sesuai yang kamu inginkan. 

Step 7 – Membuat efek garis-garis

Nah, sekarang saatnya membuat efek garis-garis untuk memberikan kesan error. Buat layer baru dengan cara ‘Layer’ > ‘New Layer’ > ubah namanya menjadi “Lines”. Kemudian klik menu ‘Edit’ > ‘Fill’ > ganti pengaturan ‘Blending Mode’ menjadi ‘White’ > klik ‘OK’.

Cara Membuat Efek Glitch di Adobe Photoshop 5

Proses menambahkan efek garis-garis (sumber: getflywheel.com)

Setelah itu klik menu ‘Filter’ > ‘Filter Gallery’. Kemudian lihat di bagian kanan bawah ada kotak dengan menu ‘Halftone Pattern’. Klik menu tersebut dan kemudian berbagai macam efek akan ditawarkan kepadamu. Pilih salah satu efek yang kamu inginkan! Tak lupa setelah itu ubah efekmu menjadi ‘Overlay’ dengan ketebalan 50%.

Baca Juga :   7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Step 8 – Menambahkan grain effect

Ini merupakan cara membuat efek glitch yang terakhir, yaitu dengan menambahkan grain effect agar gambar tidak jernih. Kalau sudah begini, gambarmu akan semakin terasa glitch effect-nya deh

Caranya sangat mudah. Pertama-tama buatlah layer baru dengan klik ‘Layer’ > ‘New Layer’ > ganti nama layer tersebut menjadi “Grain”. Kemudian atur ketebalannya dengan cara klik ‘Edit’ > ‘Fill’ dan pilih ‘50% Gray’. Sekarang klik menu ‘Filter’ > ‘Camera Raw Filter’. Di sini kamu bisa mengubah setting gambar menjadi:

Cara Membuat Efek Glitch 6

Proses menambahkan grain effect (sumber: getflywheel.com)

‘Amount’ 100
‘Size’ 25
‘Roughness’ 50

Jika sudah, klik ‘OK’, pilih ‘Overlay’ di menu ‘Blending Mode’ dan ganti ‘Opacity’ menjadi 25% dan gambar glitch art ala-ala buatanmu sudah jadi. Mudah bukan? 

Cara Membuat Efek Glitch 7

Hasil akhir glitch art (sumber: getflywheel.com)


Ternyata cara membuat efek glitch di Photoshop tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Jangan mau kalah dengan desain estetis yang begitu memukau di internet. Sekarang saatnya kamu menghias feed Instagram dengan karya glitch art buatanmu sendiri. Selamat mencoba! 

Polling

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.