Game & Teknologi

Cara Membuat Filter Instagram Biar Postinganmu Nggak Gitu-Gitu Aja

cara membuat filter Instagram

Kamu mungkin udah sering dengar yang namanya filter Instagram. Nah, sebenernya kamu bisa bikin filter ini sendiri. Soalnya, ada cara membuat filter Instagram dengan mudah. Biasanya, para creator yang suka memanfaatkan fitur tersebut. Nah, kalau kamu mau bikin filter Instagram sendiri, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Filter Instagram Itu Apa?

cara membuat filter instagram

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Filter Instagram merupakan efek yang menggabungkan video real dan virtual. Kamu bisa pakai fitur ini di menu Insta Story dan Instagram Reels. Filter ini juga biasa disebut augmented reality atau AR Filter. Kalau menggunakan filter ini, video kamu akan terlihat semakin menarik.

AR Filter merupakan hasil efek komputer pada gambar real di kamera kamu. Kalau di Instagram Stories, AR Filter ini mengubah tampilan gambar di kamera depan atau belakang. Misalnya, filter wajah Instagram. Seperti contohnya filter anak anjing. Nanti muncul hidung dan telinga anjing pada wajah kamu. Efek digital tersebut juga ikut gerak pas kamu bergerak.

Sekarang kita lihat aja cara bikin filter Instagram yang bisa kamu gunakan.

Download Spark AR Studio

Spark AR Studio - Create Augmented Reality Experiences | Spark AR Studio

Sumber Gambar : sparkar.facebook.com

Jadi, kamu bisa pakai Spark AR Studio. Pertama, download kemudian instal versi terbaru Spark AR Studio di laptop atau komputer, di smartphone juga, ya. Selanjutnya, login pakai akun Facebook yang aktif. Buka aplikasinya di komputer. Lalu, sambungkan smartphone dan komputer dengan kabel USB. Biar kamu bisa mengetes filter-nya di smartphone kamu.

Nah, di aplikasi Spark, ada berbagai macam template yang bisa kamu pakai buat bikin kreasi filter Instagram.

Berikut cara membuat filter Instagram dengan aplikasi Spark AR Studio:

Mengatur Koordinat Wajah

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Buka Spark, lalu klik tombol Create New di pojok kanan bawah untuk bikin filter baru. Kalau mau edit filter yang udah kamu buat, klik Open. 

1

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Untuk bikin filter, penting buat menemukan wajah di dalam bingkai, juga menentukan koordinat yang pas. 

cara membuat filter Instagram

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Jadi, tambahkan tracker dengan mengklik Add > Scene Understanding > Face Tracker.

cara membuat filter Instagram

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Jadi fungsinya buat deteksi wajah serta gerakan. Lalu, klik Add > 3D Objects > Face Mesh. Program bakal memilih wajah di dalam bingkai dan bikin topeng kotak-kotak. Seret panah sumbu buat menyesuaikan bentuk topengnya.

Mengatur Warna

5

Sumber Gambar : socialmediamarketer.id

Kalau koordinat wajah udah pas, kamu bisa lanjutin buat tahap selanjutnya, mengatur warna. Pilih Face Mesh pada bagian Scene. Lalu, pilih Create New Material. Nanti, material bakal muncul di panel Assets. Klik bagian atasnya, lalu coba untuk mengganti pengaturan, contohnya mengubah warna.

Selain itu, kamu juga bisa tambahkan efek khusus, gambar, tekstur, objek, dan lainnya yang udah tersedia. Bisa juga kamu ambil file dari Adobe Photoshop kalau nggak ada objek atau gambar yang dicari di aplikasi. Konversikan dulu file-nya ke format PNG baru diimpor.

Memerhatikan Ukuran File

Calculating file size stuck : r/SparkArStudio

Sumber Gambar : Reddit.com

Sekarang, filter udah selesai dibikin tapi masih raw alias mentah. Kalau file mentah udah selesai, selanjutnya filter bisa diuji di smartphone. Caranya, klik tombol Mirror di pojok kanan atas. Pastiin aja ukuran file nggak lebih dari 20 MB. Kalau lebih, nanti filter bisa error atau nggak berfungsi.

Menyimpan Filter

cara membuat filter Instagram

Sumber Gambar : komparasi.com

Terakhir, kamu bisa simpan filter yang udah kamu buat. Simpan filter ke dalam PC kamu. Kemudian, buka Spark AR Center buat mengupload filter yang udah dibuat tadi. Daftar dulu buat pakai aplikasi versi beta. Jadi, filter kamu bisa dipakai orang lain juga. Kalau verifikasi udah berhasil, filter bakalan tersedia buat follower.

Serunya, filter ini nggak cuma bisa diupload di Instagram, tapi di Facebook juga. Tapi kamu cuma bisa pilih salah satu media aja buat mengupload filter. Nah, itulah cara membuat filter Instagram. Cobain, yuk. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?