Fotografi

Cara Membuat Foto Polaroid

cara-membuat-foto-polaroid

Trik Membuat Foto Bergaya Polaroid

Sekarang saatnya praktik nih! Cara membuat foto polaroid ini memang dibuat sebagai solusi alternatif buat kamu yang nggak memiliki kamera polaroid. Yuk, langsung saja disimak langkah-langkahnya!

Step 1 – Install Aplikasi Edit Foto Polaroid

aplikasi-polycam

Aplikasi polycam (Sumber: play.google.com)

Pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Nah, nama aplikasi yang saat ini akan kami gunakan adalah PolyCam. Kalau sudah kita lanjut ke langkah berikutnya, yuk!

Step 2 – Mulai Foto

mulai-foto-objek

Cara membuat foto polaroid yang pertama adalah mengambil gambar objek (Sumber: kreativv.com)

Buka aplikasi PolyCam yang baru kamu install. Kemudian arahkan lensa kamera ke objek yang ingin kamu potret. Di sini kami memilih pemandangan di luar ruangan sebagai objek foto. Setiap lokasi foto juga akan menentukan pemilihan filter dan pengaturan color correction.

Step 3 – Beri Filter

filter-polaroid

Setelah objek dipotret, terapkan filter polaroid (Sumber: kreativv.com)

Cara membuat foto polaroid selanjutnya adalah memberi filter warna pada foto. Karena sudah tersedia berbagai macam filter, pilihlah yang sesuai dengan warna dan pencahayaan yang kamu inginkan. Di sini kami menggunakan filter T2, karena ingin menghasilkan warna yang nggak terlalu kuning.

Step 4 – Beri Efek Cahaya

cara-membuat-foto-polaroid-efek-cahaya

Penambahan efek cahaya pada foto agar nampak seperti polaroid (Sumber: kreativv.com)

Ada berbagai jenis efek cahaya di aplikasi ini. Sayangnya, nggak semua efek bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu perlu berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati semua fitur yang ada. 

Step 5 – Color Correction

color-correction-foto-polaroid

Atur dengan color correction dari aplikasi PolyCam (Sumber: kreativv.com)

Lanjut cara membuat foto polaroid adalah melakukan color correction pada foto. Step ini bisa kamu lewatkan jika sudah merasa cocok dengan warna bawaan dari filter yang sudah kamu pilih pada step nomor tiga. Ada berbagai macam pengaturan di sini, seperti vignette, brightness, dan kontras. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk save gambar ke dalam ponselmu. 

Step 6 – Cetak Foto Polaroid

foto-polaroid

Ilustrasi foto polaroid yang sudah dicetak (Sumber: unsplash.com)

Ini dia step yang terakhir, yaitu mencetak foto yang sudah kamu edit. Jika kamu ingin mencetaknya, pilihlah jenis kertas yang sesuai. Misalnya kertas foto yang berbahan glossy maupun doff. Kalau sudah selesai dicetak, potong kecil-kecil foto tersebut sesuai ukurannya. Foto ini bisa kamu gunakan untuk hiasan dinding atau hiasan di belakang phone case. Kece banget! 

Itu dia cara membuat foto polaroid ala kamu sendiri. Semua bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan ponselmu. Yuk, bagikan hasil foto polaroid kamu di media sosial! Buat feed Instagram keren ala-ala anak estetis. Selamat mencoba!

Polling

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *