Game & Teknologi

Ini Dia Cara Membuat Instagram Bio yang Menarik Perhatian!

Instagram Bio

Media sosial sudah jadi bagian yang penting banget bagi kaum milenial. Bahkan saat mencari kerja, kadang perusahaan akan mengecek akun media sosial kita, khususnya Instagram. Buat kamu yang baru memulai bisnis, Instagram bio jadi satu hal yang harus diperhatikan. Walau kesannya simpel dan pendek, ternyata Instagram bio punya pengaruh penting.

Menurut berbagai penelitian, pada pertemuan pertama rata-rata butuh 7 detik untuk membuat impresi yang baik atau sebaliknya. Di dunia online, bisa-bisa cuma butuh waktu lebih singkat lagi. Jadi bagaimana cara membuat Instagram bio yang bagus? Ini dia tipsnya khusus buatmu.

Optimalkan Nama Instagram

Sumber Gambar : wordpress

Tips membuat instagram bio yang pertama adalah mengoptimalkan nama kita. Usahakan agar nama menggunakan kata kunci yang bisa dicari. Contohnya, kalau kamu bekerja di industri kesehatan, kamu bisa menulis nama lengkap disertai dengan gelar atau posisi profesionalmu. Dengan cara ini, saat orang mencari namamu di Instagram, mereka akan lebih mudah menemukan akun yang tepat.

Misalnya di bagian nama, tambahkan keterangan seperti di bawah ini:

Sandara, Dokter Gigi

Andi Tirta, Public Relations.

Instagram juga memberikan bidang nama yang cukup luas. Ini bakal sangat berguna kalau kamu punya keahlian khusus. Misalnya kamu seorang blogger yang khusus menampilkan menu vegetarian. Maka bisa dibuat nama seperti ini:

Marina, Vegan Foods

Blogger.

Tekankan Keahlianmu dan Target Audience

Sumber Gambar : cyberbility.com

Sebuah Instagram bio yang bagus seharusnya menjelaskan apa yang kamu lakukan dan untuk siapa kamu melakukannya (target audience). Jadi saat orang melihat bio saja, mereka bisa langsung tahu apa yang kamu lakukan atau bisnis yang kamu jalankan dan untuk siapa. Mereka bisa langsung tahu apakah mereka tertarik atau sebaliknya. 

Di Instagram bio, kamu bisa jelaskan siapa kamu dengan singkat dan padat. Misalnya kamu orang Indonesia yang tinggal di London. Saat ini kamu sedang membuat blog yang mengeksplorasi kota London. Jadi di bio bisa dibuat seperti ini:

Anita, London Travel Blogger

Indonesian blogger in Englang, helping you explore London from wherever you are. 

Gunakan Keyword yang Relevan

Cara membuat instagram Bio

Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Di penjelasan bio, sebenarnya memasukkan keyword nggak akan meningkatkan pencarian. Tapi setidaknya cara ini bisa membuat bio jadi lebih fokus dan memudahkan orang untuk tahu siapa kamu atau bisnis yang kamu lakukan. 

Saat menambahkan keyword di bio, coba pikirkan apa yang jadi menarik perhatianmu, apa yang kamu tawarkan, dan target audience. Misalnya kamu berbisnis pakaian khusus untuk ukuran ekstra besar. Di Instagram bio bisa ditambahkan info seperti: pakaian, jumbo, dobel XXL, dan kata lainnya yang menjelaskan bisnis secara fokus.

Menyertakan Link ke Akun Media Sosial Lain

Cara membuat instagram Bio

Sumber Gambar : digitaloceanspaces.com

Sekarang ini Instagram sudah menyediakan tempat khusus di mana kita bisa menyertakan link yang bisa diklik pengunjung. Jadi dari situ pengunjung bisa lebih mudah mencari tahu siapa kamu atau bisnis yang dikerjakan. Link ini bisa diarahkan ke berbagai platform, misalnya ke situs bisnis kita atau ke akun LinkedIn yang lebih profesional. Dengan cara ini, orang tinggal klik saja dan mereka bisa langsung tahu apa yang kita lakukan. kamu juga bisa langsung mengarahkan link ke akun YouTube, toko online, blog, dan lain sebagainya.

Cara membuat Instagram bio yang bagus memang butuh kreativitas. Pandai merangkai dan menemukan kata yang tepat anak memudahkan orang memahami siapa kita secara singkat lewat bio. Yuk, asah kreativitasmu dan buat bio yang tepat sasaran.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?