Musik

Cara Membuat Jingle Iklan Biar Lebih Menarik, Mudah Kok Bikinnya

Tentunya kamu udah sering tahu jingle iklan di televisi maupun media hiburan lainnya. Kamu mendengar jingle dengan alunan nada dan lagu sesuai alur video juga. Nah, tapi kalau waktunya bikin jingle, ternyata nggak semudah itu loh. Siapa aja termasuk kamu bisa mencoba cara membuat jingle yang bagus, tapi pastinya harus dievaluasi, cari tahu apakah jingle tersebut bisa bikin orang tertarik mendengarnya. Mending sekarang kita simak cara bikin jingle, berikut caranya:

  1. Memahami Struktur Lagu Keseluruhan

Sumber Gambar : asoptv.com

Kalau untuk pemula, pertama sebelum bikin lirik, pahami dulu seperti apa struktur lagu secara umum. Soalnya ada standar yang dipakai di lagu-lagu tertentu. Kamu perlu memahami komponen seperti intro, bait, dan bridge. Kalau udah paham semua komponen tersebut masing-masing, kamu juga perlu memahami struktur AABA, ini bentuk lagu paling sederhana dan cocok buat pemula.

2. Tentukan Tema untuk Lirik Lagu

Sumber Gambar : rd.com

Selanjutnya, kamu perlu memerhatikan tema lagu. Jadi, kamu bisa putuskan temanya lebih dulu. Pilihan tema lagu ini ada banyak. Mulai dari percintaan, spiritual, keresahan, kritik sosial, dan sebagainya. Bebas kok, kamu tentukan sendiri tema apa yang mau dijadikan lirik lagu jingle. Tujuannya biar musik dan liriknya bisa bersatu dengan selaras. Biar makin harmonis.

3. Pilih Kata-Kata Buat Digunakan

Sumber Gambar : careersinmusic.com

Cara membuat jingle selanjutnya adalah memilih kata-kata yang pas, gimana setiap kata itu ideal sekaligus pantas. Seperti artikel yang bagus, lirik lagu yang baik itu bisa bikin kamu merasakan suatu emosi tertentu dan menikmatinya. Orang lain pun bakal mendapat pengalaman serupa. Nggak perlu mengajarkan ke orang lain buat merasakan, tapi coba tuliskan gimana rasanya punya sesuatu, jadi bukan dikatakan ke pendengar.

4. Proses Bikin Melodi

Sumber Gambar : deadlinenews.co.uk

Biar lirik lagunya menarik dengan makna lebih dalam, kamu harus pastikan kalau setiap baris liriknya pakai suku kata yang sama, kemudian iramanya juga harus konsisten. Saat menulis lirik buat pertama kalinya, bakal lebih baik kalau kamu cari irama yang udah ditulis. Ini supaya kamu lebih mudah untuk bikin lirik melodi serta membuat irama sendiri. Kamu bisa menulis lirik sendiri atau bersama teman yang jago bermain alat musik.

5. Proses Selesaikan Lirik Lagu

Sumber Gambar : arrangeme.com

Kalau udah merangkai kata hingga menjadi lirik lagu, kamu perlu baca lagi lirik dan melodi yang udah kamu buat tersebut. Setelah udah enak didengar bagi kamu, maka bisa dilanjutkan untuk pembuatannya. Kalau liriknya udah fix, waktunya dimainkan dengan musik, di sini mungkin bakal ada perubahan lirik atau musik. Sesuaikan aja sampai udah benar-benar tercipta bunyi yang terdengar clean, jadi bersih banget.

6. Minta Pendapat dan Saran dari Orang Lain

Sumber Gambar : istock.com

Kalau udah bikin lirik lagu, terakhir yang harus kamu lakukan adalah minta pendapat dan saran dari orang lain, bisa teman dekat kamu misalnya.

Tujuannya biar kamu bisa dapetin ulasan, seperti apa lirik yang kamu buat, apakah udah bagus dan mudah dimengerti. Kalau belum, dan perlu direvisi, maka sesuaikan lagi apa aja yang perlu disesuaikan. Pastikan lirik dan musiknya benar-benar berpadu pas.

Itu tadi cara membuat jingle yang bisa kamu coba sekarang juga. Siapa tahu kamu lagi mencari inspirasi untuk bikin jingle.

Meskipun bisa dibilang mudah tapi mungkin nggak semudah itu. Soalnya kamu perlu teliti dalam menuliskan liriknya kemudian disesuaikan dengan musiknya. Jangan lupa, ulasan dari orang terdekat kamu itu penting dan sangat membantu. Nah, semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Musik

Penyesalan Tulus Tentang Mengenal Seseorang Dalam Makna Lagu "Interaksi"

Musik

Lagu Terbaru Coldplay x Selena Gomez Yang Relatable Dengan Generasi Z

Musik

5 Lagu Day 6 untuk Mewakili Kegalauan Anda yang Gengsian

Musik

10 Soundtrack Drama Korea Paling Membekas di Ingatan Penonton!