Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

cover-cara-membuat-kerangka-cerita

Mengarang adalah kegiatan mengumpulkan ide atau gagasan yang kemudian ditulis menjadi sebuah karya tulis kreatif. Langkah awal untuk membuat sebuah karangan adalah dengan mencari ide. Untuk mengembangkan ide, kamu memerlukan kerangka karangan sehingga nggak perlu bingung lagi saat menulis cerita. Jika kamu ingin mengetahui langkah cara membuat kerangka cerita, maka kamu berada pada halaman yang tepat.

Apa Itu Kerangka Karangan?

Kerangka karangan adalah garis besar sebuah cerita yang ditulis secara terstruktur agar pengarang tetap berpegang pada ide atau gagasan awal. Kerangka umumnya berisi poin-poin utama yang kemudian akan digunakan di dalam setiap bab cerita.

Bagi seorang penulis, membuat kerangka tulisan sangatlah penting sebelum mulai menulis. Karena dengan membuat kerangka, penulis bisa memiliki pegangan pada saat  mengalami writer’s block, alias keadaan di mana ia mengalami masa-masa kehilangan ide untuk melanjutkan cerita yang sedang ditulisnya.

menulis-kerangka-cerita

Ilustrasi orang menulis karangan cerita (Sumber: us.cnn.com)

Dengan adanya kerangka, penulis dapat mengingat kembali apa sebenarnya ide atau gagasan awal cerita yang diusung. Dengan begitu, alur cerita nggak keluar dari benang merah. Walaupun demikian, poin-poin yang tercantum di kerangka karangan sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi, guna memperluas alur cerita agar konflik menjadi lebih menarik dan menambah minat pembaca.

Bagi kamu yang belum pernah membuat, atau sudah pernah tapi merasa kesulitan saat membuatnya, kami akan membagikan tips khusus untuk kamu. Yuk langsung saja disimak! 

Cara Membuat Kerangka Cerita

Kamu perlu menuangkan segala ide dan imajinasi kreatifmu ke dalam kerangka. Selanjutnya tinggal bagaimana cara kamu untuk mengembangkan ide-ide yang sudah tersusun.

Ingat, dalam membuat sebuah kerangka tulisan apapun, nggak ada yang namanya benar atau salah karena kamu sendirilah yang akan menjadi pilot cerita buatanmu. Cara membuat kerangka cerita yang akan kami bagikan berikut ini semoga bisa membantu.

1. Cari Ide atau Gagasan Cerita

cara-membuat-kerangka-karangan

Ilustrasi menuliskan ide cerita (Sumber: pexels.com)

 

Ide adalah hasil pemikiran yang disampaikan penulis melalui tulisan kepada pembacanya. Ide bisa berupa hal yang konkret atau abstrak, karena memang nggak ada batasan yang mengatur ide seseorang. Sebuah ide atau gagasan bisa datang secara tiba-tiba dalam waktu yang nggak terduga. Ada baiknya kamu mencatat setiap ide yang muncul di benakmu.

Setelah mencatat, pilih salah satu topik yang menarik. Atau, kamu juga bisa menggabungkan semua ide-ide yang sudah kamu kumpulkan untuk kemudian dijadikan satu topik ide. Nggak perlu takut akan tanggapan pembaca nantinya, karena setiap pembaca memiliki seleranya masing-masing.

Baca Juga :   Apa Itu Orang Toxic? Yuk, Kenali Ciri-Cirinya! Siapa Tahu Kamu Salah Satunya

About author

Related posts
Buku

Tertarik Menulis Buku Biografi? Simak Tipsnya Disini!

Buku

Rekomendasi Webtoon Terbaik yang Wajib Dibaca di Tahun 2021!

Buku

Pengen Nulis Novel? Ini Dia Tips Untuk Menulis Novel

Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.