Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

cara membuat kimchi

Ingin makan makanan yang sama dengan idol atau artis Korea favoritmu? Kami punya cara membuat kimchi ala rumahan yang bisa kamu coba, GenK. Yuk simak tahap pembuatannya!

“Satu.. dua.. tiga.. kimchi!” ✌

Kalimat tersebut kerap diucapkan saat berfoto di depan kamera sambil jarimu membentuk simbol peace. Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang mendunia, makanya saat kamu datang ke restoran yang menyajikan hidangan Korea, pasti ada yang menjual makanan pedas-asam ini, GenK. 

Kalau kamu sendiri sudah pernah mencobanya belum? 

cara membuat kimchi

Di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang apa itu kimchi, perkembangannya dari masa ke masa, serta apa saja jenis-jenisnya. Nampaknya kurang afdol kalau kamu gak coba bikin sendiri, GenK. 

Kami punya resep dan cara membuat kimchi yang mudah untuk dipraktikkan. Pokoknya anti gagal deh. Bahan-bahannya pun sederhana dan bisa kamu temukan di supermarket lokal.

Apa Manfaat Kimchi?

Sebelum masuk ke tahap pembuatannya, yuk simak dulu manfaat dan khasiat jika kamu mengonsumsi kimchi. Ternyata ada banyak loh. Yuk langsung simak manfaat yang pertama! 😊

1. Meningkatkan selera makan

cara membuat kimchi

Hidangan kimchi (sumber: bestfood.photography)

Tidak ada selera makan jangan dibiarkan berlarut-larut loh, sebaiknya segera cari cara untuk mengatasinya. Mengonsumsi kimchi dapat menjadi salah satu solusinya, GenK. Jadikan makanan yang satu ini sebagai hidangan pendamping seperti yang sering kamu temukan di restoran Korea.

2. Menjaga berat badan

cara membuat kimchi

Ilustrasi menjaga berat badan (sumber: unsplash.com)

Manfaat kimchi yang berikutnya adalah dapat menjaga berat badan. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak idol dan artis korea yang gemar makan kimchi, karena mampu menjaga tubuhmu agar tetap langsing dan diet pun jadi sukses. 😄

3. Mengobati rasa sembelit

perut sembelit

Ilustrasi perut sembelit (sumber: medicalnewstoday.com)

Seperti yang kita ketahui, kimchi terbuat dari bahan dasar sayur-sayuran yang kaya akan serat. Tentu sangat efektif untuk mengobati ketika sembelit datang tanpa diundang. Namun jangan terlalu berlebihan saat mengonsumsi makanan ini yah, GenK. Daripada kamu terkena masalah buang air besar padahal jadwal kegiatan lagi padat-padatnya.

4. Dapat mencegah stroke dan gangguan jantung koroner

olahraga

Ilustrasi hidup sehat (sumber: pexels.com)

Satu lagi nih sebelum masuk ke cara membuat kimchi, manfaat yang berikutnya adalah mampu mencegah stroke dan gangguan jantung koroner. Alasannya karena bahan pembuat kimchi Korea bisa menguatkan kinerja jantung.

Resep Kimchi Korea ala Rumahan

Ini dia yang ditunggu-tunggu, yaitu resep dan cara membuat kimchi ala Korea. Di resep kimchi kali ini, alat dan bahan yang dibutuhkan dapat kamu temukan di supermarket lokal. 

Berdasarkan dari tutorial cara membuat kimchi yang diunggah oleh Joshua Weissman di channel YouTube-nya. Yuk simak alat dan bahan yang dibutuhkan, serta cara membuat kimchi berikut ini!

Alat yang dibutuhkan:

  • Blender
  • Spatula silikon
  • Wadah kecil aluminium
  • Wadah besar aluminium
  • Pisau
  • Toples

Bahan untuk sayuran:

  • Garam
  • 1 buah sawi putih
  • 2 buah wortel
  • 1 buah lobak
  • 1 ikat daun bawang

Bahan untuk pasta:

  • 1 buah pir
  • 6 siung bawang putih
  • 82 gram jahe yang sudah dikupas
  • 1/4 cangkir minyak ikan
  • 1/3 cangkir bubuk cabai Korea

Cara membuat pasta kimchi:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat pasta kimchi.
  2. Siapkan blender dan spatula silikon. Masukkan potongan 1 buah pir yang sudah dikupas, 6 siung bawang putih, 82 gram jahe yang sudah dikupas, dan ¼  cangkir minyak ikan. Haluskan semuanya dengan menggunakan blender.
  3. Setelah itu pindahkan bumbu dasar yang sudah halus ke dalam wadah aluminum. Kemudian masukkan ⅓ cangkir bubuk cabai Korea. Jika tidak tahan pedas, kami menyarankan untuk mengurangi jumlah bubuk cabai, karena bubuk ini sangat pedas, GenK.
  4. Aduk semuanya sampai tercampur merata dengan menggunakan spatula silikon dan sisihkan.

Cara membuat kimchi Korea:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk lanjut ke proses berikutnya, yaitu pembuatan bahan-bahan utama kimchi.
  2. Cara membuat kimchi yang pertama adalah dengan memotong 1 buah sawi putih sampai ukurannya kecil-kecil. 
  3. Masukkan potongan sawi ke dalam wadah aluminium dan taburi dengan garam. Gunakan tanganmu untuk mengaduk sawi agar semua permukaannya terkena garam. Lalu diamkan selama 30-60 menit, GenK.
  4. Potong 2 buah wortel dan 1 buah lobak menjadi berbentuk korek api.
  5. Setelah itu potong juga 1 ikat daun bawang sampai ukurannya menjadi kecil-kecil.
  6. Balik lagi ke potongan sawi yang sudah didiamkan selama 30-60, cuci bersih dengan air sampai tidak ada lagi butiran garam.
  7. Masukkan potongan wortel, lobak, dan daun bawang ke dalam wadah yang sama dengan sawi putih.
  8. Campurkan adonan pasta kimchi ke dalamnya, aduk sampai rata menggunakan tangan. Kami sarankan kamu untuk menggunakan sarung tangan terlebih dahulu supaya tidak ada sensasi terbakar. 
  9. Masukkan semuanya ke dalam toples, padatkan, dan tutup sampai rapat. Diamkan selama 4-7 hari atau lebih, sesuai tingkat keasaman yang kamu inginkan.
  10. Kimchi buatanmu sudah siap disantap dengan lauk lainnya, GenK!


Cara membuat kimchi ala rumahan di atas bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Alat dan bahannya juga simpel dan harganya terjangkau. Cocok buat kamu yang masih belajar masak. Sekarang kamu bisa makan hidangan yang sama dengan idol atau artis Korea favoritmu. Selamat mencoba, GenK. 🥰

Polling

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.