Seni Rupa & Desain

17 Cara Mudah Membuat Komik

cara membuat komik

4. Memiliki Humor 

Biasanya, terdapat humor di dalam dialog komik. Umumnya humor yang digunakan merupakan humor yang memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Maka dari itu, humor di dalam komik jadi mudah dipahami. Memilih humor ini agak tricky, GenK. Tidak salah jika kamu memilih humor khusus yang segmented hanya dimengerti kalangan tertentu, namun tentu membuat pembaca lain yang masih asing dengan humormu merasa bingung, karena tidak dekat dengan kesehariannya. 

Jenis Komik Berdasarkan Medianya

Setelah mengetahui ciri-ciri komik, hal yang perlu kamu ketahui lagi adalah media yang akan kamu gunakan untuk menerbitkan komik buatanmu. Ada dua jenis media, yaitu media cetak dan media digital.

Pilih salah satu media yang akan kamu gunakan, agar kamu tahu apa saja yang harus kamu persiapkan, baik dari segi teknik gambar, desain karakter, warna, sampai target audiens. Agar lebih jelas, yuk kita bahas dua jenis komik berdasarkan medianya!

1. Media Cetak

Komik cetak, Cara membuat komik

Komik cetak (Sumber: unsplash.com)

Media cetak merupakan media untuk menyampaikan informasi yang disajikan dalam bentuk cetakan yang tertulis. Dalam hal ini, komik yang dipublikasikan dengan menggunakan media cetak bisa dinikmati pembacanya dalam bentuk buku. Tersedia dalam cetakan hitam putih dan juga berwarna.

Kamu bisa membelinya di toko buku maupun toko jual beli online. Komik yang dicetak akan memberikan nilai dan kepuasan tersendiri bagi pembacanya. Namun, beberapa orang memilih beralih ke media digital untuk membaca komik, GenK.

2. Media Digital

komik digital Cara membuat komik

Komik Digital (Sumber : plus.kapanlagi.com)

Kebalikan dari media cetak, media digital merupakan media untuk menyampaikan informasi yang disajikan dalam bentuk digital, contohnya melalui desktop dan ponsel. Dengan sajian digital, kamu bisa lebih praktis saat membaca komik, karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko buku dan tidak memerlukan cara khusus untuk merawat komik.

Melalui media digital, kamu bisa hanya mengunggah satu halaman struktur frame gambar. Misalnya kamu unggah di media sosial Instagram atau Deviantart. Praktis bukan?

Cara Membuat Komik

Masuk ke dalam bagian yang paling ditunggu-tunggu nih, yaitu cara membuat komik sendiri. Pertama-tama, perbanyak referensi agar kamu tahu konsep apa yang ingin kamu bangun di dalam komik buatanmu. Komponen yang paling penting adalah tema cerita dan gaya visual yang nantinya akan kamu sajikan kepada pembaca. 

Dalam membuat komik, kamu bisa menjadikan pengalaman sebagai ide konten cerita. Semakin kamu paham dengan detail konsep cerita, maka semakin mudah pula saat merealisasikan komik buatanmu. Sudah siap berkarya? Yuk ikuti cara-cara di bawah ini, GenK!

Cara membuat komik

(Sumber: unsplash.com)

1. Tentukan tema cerita

Langkah pertama adalah menentukan tema cerita. Ini menjadi langkah yang paling krusial, karena tema akan menjadi fondasi dasar komik buatanmu. Pilihlah tema-tema yang unik dan out of the box agar menarik minat pembaca.

Tidak perlu takut konsep ceritamu akan disukai pembaca atau tidak, karena yang terpenting adalah kegigihan dan semangat kamu dalam setiap langkah membuat komik. 

2. Buat unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita

Langkah selanjutnya adalah membuat unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita. Dalam unsur intrinsik, kamu perlu menentukan tema, tokoh dan penokohan, latar tempat dan waktu, alur, sudut pandang, dan gaya bahasa. Sedangkan, dalam unsur ekstrinsik, hal-hal yang harus kamu cermati adalah pesan yang ingin sampaikan ke pembacamu.

Kedua unsur ini merupakan pengembangan dari tema yang kemudian akan berguna untuk mempermudah kamu saat mulai menulis naskah dan dialog.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Anti Ribet-Ribet Club, Sekarang Ada Aplikasi Gratis untuk Membuat Brosur Lho. Cek di Sini Yuk!

Seni Rupa & Desain

DTP vs Graphic Design, Kenapa Keduanya Dianggap Berbeda?

Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Leave a Reply

Your email address will not be published.