Fotografi

6 Cara Membuat Alat-Alat Lighting Foto Sederhana

membuat-lighting-sederhana

Pencahayaan atau lighting adalah komponen penting di dalam dunia fotografi. Namun, bakal memakan banyak biaya kalau harus membeli atau menyewa lighting tambahan. Yuk simak cara membuat lighting sederhana untuk mengakalinya, GenK!

Mengatur pencahayaan yang baik saat memotret itu tidak mudah. Dibutuhkan keahlian, kepekaan, dan naluri yang kuat dari seorang fotografer. Baik bermain dengan ambiens ataupun lighting buatan, keduanya punya trik-trik tersendiri loh.

Penempatan dan penggunaan cahaya yang masuk di dalam frame memang harus tepat supaya hasil foto lebih estetik. Kalau kebanyakan cahaya jadinya overexposure dan kalau cahayanya kurang malah jadi underexposure. Wah lumayan rumit ya, GenK.

Cara Membuat Lighting Sederhana 1

Ilustrasi set lighting di studio (sumber: twhq.org)

Sebenarnya di dalam fotografi terdapat 3 jenis arah masuknya cahaya yang disebut dengan three point lighting, yaitu front lighting, side lighting, dan yang terakhir adalah back lighting. Kamu perlu menggunakan satu set lighting untuk menerapkan 3 jenis arah cahaya tersebut. Namun, apa jadinya kalau kamu tidak mampu menyediakan set lighting?

Kenapa tidak beli saja? Bisa saja sih, GenK, tapi harganya mahal. Ada cara lain? 🤔

Kalau menyewa set lighting? Toh sekarang banyak tempat penyedia jasa sewa alat-alat fotografi. Bisa saja, tapi untuk menyewa satu hari saja harus memakan banyak biaya. Apalagi kalau kamu membutuhkannya untuk beberapa hari ke depan.

Kami punya jalan pintasnya, GenK, yaitu dengan membuat lighting ala kamu sendiri. Tidak perlu banyak biaya dan ribet. Hanya saja trik-trik tersendiri untuk mengakalinya supaya hasil akhir foto gak kalah sama hasil foto para fotografer andal.

Ada beberapa alat yang bisa kamu akalin dan kamu alih fungsikan menjadi lighting low budget. Yuk lihat apa saja alatnya dan cara membuat lighting sederhana berikut ini, GenK!

Baca Juga :   Cara Membuat Film Pendek - Part 1. Tahap Pra Produksi

Membuat Lighting Flashlight Smartphone

Cara Membuat Lighting Sederhana 2

Flashlight smartphone (sumber: betanews.com)

Mungkin ini terdengar konyol, tapi sebenarnya flashlight dari smartphone kamu juga bisa digunakan sebagai lighting tambahan saat memotret loh. Kini hampir setiap ponsel sudah dilengkapi dengan fitur flashlight. Tinggal nyalakan deh. Lalu ruangan akan terang karena cahayanya.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Leave a Reply

Your email address will not be published.