Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Secara umum, motion graphic adalah sebuah jenis seni grafis yang memungkinkan seseorang untuk membuat sebuah film digital atau animasi yang menarik dengan bubuhan teks atau tambahan gambar lainnya dalam satu frame. Pada umumnya, durasi animasi atau film dengan motion graphic hanya berkisar antara 30 detik sampai dengan 3 menit saja.  Dan saat ini, grafis bergerak seperti itu sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, terutama yang desainnya nanti dapat diaplikasikan di sebuah web atau aplikasi seluler. Kalau kamu ingin tahu lebih jelas mengenai grafis bergerak sampai dengan cara membuat motion graphic yang menarik.

Apa Itu Motion Graphic?

Sumber Gambar : pexels.com

Motion graphic merupakan salah satu cara yang paling cepat dalam menjelaskan sebuah ide, gagasan sampai dengan pemikiran yang awalnya kompleks menjadi lebih sederhana. Para desainer grafis menggunakan jenis seni grafis satu ini dan menggabungkannya dengan berbentuk bentuk, pola dan logo untuk dapat memunculkan informasi ke audiens atau target pasar dengan cepat dan mudah. 

Jenis-jenis Video Motion Graphic

cara membuat motion graphic

Sumber Gambar : pexels.com

Explanatory Videos

Explanatory videos atau video penjelasan dengan model motion graphic, untuk saat ini menjadi jenis yang sangat populer. Dikatakan begitu karena explanatory videos dapat dengan mudah untuk meyakinkan audiens atau target pasar agar bisa langsung membeli produk atau layanan yang dijual. Dengan jenis video explanatory videos ini bisa lebih populer lagi ketika diunggah di jejaring sosial yang banyak penggunanya.

User interface

Menggunakan motion graphic dalam pembuatan sebuah animasi UI atau user interface adalah salah satu teknik desain populer yang digunakan oleh perusahaan saat ini saat ketika membuat prototipe aplikasi untuk web atau seluler. User interface selalu mengacu pada warna, tombol, gambar, dan apa pun yang dapat Anda lihat di layar.

Elemen

Nggak hanya terbatas pada desain dengan grafis tertentu saja, para desainer juga bisa mengerjakan bentuk seni lain seperti animasi yang menggunakan elemen ilustrasi khusus, seperti ikon, animasi garis dan banyak lagi lainnya.

Desain logo

Seperti yang banyak diketahui, logo adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah bisnis. Dipadupadankan dengan motion graphic, maka desain logo yang dibuat akan dapat menambah sisi menarik dan sangat eye-catching.

Animasi

Sudah barang tentu, motion graphic sangat banyak digunakan di film-film animasi karena menggabungkan grafis bergerak dengan urutan tertentu. Dalam film tersebut, ada sisipan konsep, alur cerita dan peristiwa sampai dengan ide tertentu yang dimunculkan. Motion graphic menjadi satu bagian terpenting dalam animasi agar ide dalam kepala desainer dapat dituangkan dalam bentuk visual dan kemudian dapat dinikmati secara langsung. 

Tips Menciptakan Desain Motion Graphic yang Menarik

cara membuat motion graphic

Sumber Gambar : pexels.com

Tentukan Konsepnya

Sudah barang tentu, sebelum memulai membuat suatu karya, penentuan konsep adalah langkap paling awal yang harus dilakukan. Begitu pula dengan desain motion graphic. Kamu harus menentukan konsep apa yang ingin digunakan sampai dengan efek tertentu, background, font dan lain sebagainya.

Gunakan Software yang Mudah Kamu Gunakan

Bukan lantaran karena ingin terlihat keren lalu memakai software berbayar dan mahal, tapi ujung-ujungnya kamu kesulitan menggunakannya, ada baiknya untuk memilih perangkat lunak yang familiar dan sering kamu pakai. Dengan software yang terbiasa kamu gunakan, maka selain dapat cepat dalam pengoperasian, projectmu pun bisa selesai dengan segera.

Atur Visualisasi

Pengatusan visualisasi juga sangat penting untuk menjadi pertimbangan karena motion graphic pada dasarnya adalah tampilan seni yang dapat bergerak atau bukan statis seperti gambar atau foto. Kamu bisa menggunakan warna yang matching dan kontras dengan ide cerita, font yang lain dari biasanya sampai dengan tentukan durasi waktu dari awal sampai akhir film tersebut dan cermat dalam memakai transisi.

Munculkan Informasi

Sebuah film ataupun gambar yang bagus adalah yang dapat memunculkan informasi di balik visualisasinya. Begitu pula dengan desain motion graphic. Kamu wajib memunculkan informasi yang terkandung agar audiens bisa langsung mengerti apa yang diusung oleh sang pembuat film.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara membuat motion graphic. Jika kamu sudah mahir dalam membuat sebuah desain motion graphic, maka tekunilah. Karena itu merupakan ladang cuan bagimu untuk saat ini.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?

Seni Rupa & Desain

Tutorial Anaglyph di Adobe Photoshop Anti-Ribet yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah