Film, Animasi & Video

Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

cara-membuat-opening-video

Tiga… Dua… Satu…! Setelah hitungan mundur berakhir, video inti bakal diputar. Apakah kamu familiar dengan hal ini? Sejak dulu sudah banyak film atau acara televisi yang menggunakan opening video dengan bentuk hitungan mundur berwarna hitam-putih tersebut. Kamu pun sebenarnya bisa buat sendiri cara membuat opening video! Bahkan, saat ini kamu bisa mengunduh template-nya di mana saja.

Meski kesannya jadul, tapi masih banyak orang yang tertarik menggunakan gaya opening seperti ini, contohnya para YouTuber. Hanya saja, beberapa video sudah ada yang diubah versinya menjadi berwarna. Jadi, lebih menarik untuk dilihat deh!

opening-video

“Countdown” opening video (Sumber: gfycat.com)

Nah, apakah kamu tertarik untuk membuat video intro seperti itu? Pas banget, nih! Kalau kamu tertarik, kami punya cara membuat opening video di Adobe Premiere khusus buat kamu. Mau bikin video intro ciamik? Bisa. Ingin membuat opening video seperti YouTuber favoritmu? Bisa juga dong. Makanya, langsung saja simak penjelasan singkatnya. Let’s go

Apa Itu Opening Video?

Opening video atau yang dikenal juga dengan sebutan bumper video adalah sebuah video atau animasi dengan durasi 5-15 detik yang digunakan untuk memperkenalkan diri atau suatu brand tertentu kepada penonton. Video ini biasa diletakkan pada awal (intro) atau di akhir video (outro).

opening-video-marvel

Contoh bumper video Marvel (Sumber: giphy.com)

Selain itu, sebuah bumper video yang kreatif dan ciamik tentu akan menarik minat penonton untuk tetap stay di laman video kamu sampai akhirnya masuk ke bagian inti. Makanya, kamu mesti banget paham tentang cara membuat opening video yang baik dan benar, guna menghasilkan video yang memikat hati para penonton. 

Baca Juga :   Praktisnya Membuat Opening Video Online lewat 5 Situs Web Berikut!

Manfaat Menggunakan Opening Video

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang cara membuat motion graphic. Jenis video tersebut bisa kamu jadikan salah satu referensi untuk membuat bumper, loh! Rangkaian desain berbasis media visual tersebut kemudian jadi sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan atau brand secara sekilas kepada penonton. Berikut adalah beberapa alasan utama kenapa kamu harus memasang opening video:

  1. Menarik perhatian penonton sekaligus memperkuat identitas perusahaan atau brand-mu. Bayangkan saja, setiap kali mereka menonton videomu di YouTube atau platform lainnya, mereka otomatis akan melihat logo kamu atau brand-mu. Lambat laun desain logo tersebut akan tertanam di benak mereka.
  2. Membuat tampilan video layaknya profesional. Meskipun video kamu hanya direkam menggunakan kamera ponsel atau webcam, dengan menggunakan bumper video di bagian intro bisa membuat video buatanmu terkesan mewah dan berkualitas, loh!
  3. Mempertahankan attention span. Rata-rata penonton hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk menentukan stay atau nggak di sebuah laman video. Dengan menyajikan bumper video yang berkualitas tinggi, nggak menutup kemungkinan penonton untuk tetap stay di video kamu. 

Cara Membuat Opening Video di Premiere

Sekarang kami masuk ke cara membuat opening video,nih! Namun sebelum ke step pertama, ada baiknya kamu install Adobe Premiere terlebih dulu, karena aplikasi edit video yang satu ini bakal kamu gunakan dari awal sampai akhir proses pengeditan bumper.

Tutorial berikut kami buat berdasarkan video yang pernah dibuat oleh Marc Webster di akun YouTube-nya dengan judul “Beautiful Destinations Write-On Text Effect – Adobe Premiere Pro Tutorial”. Kalau sudah, langsung saja kita masuk ke step pertama. Yuk, disimak!

Step 1 – Mengunduh Font

cara-membuat-opening-video

Mengunduh font (Sumber: YouTube Marc Webster)

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengunduh font gratis di internet. Untuk mengedit bumper video kali ini, kami menggunakan jenis font “Gloss & Bloom” untuk menghasilkan kesan tulisan yang ditulis tangan atau handwriting. Jika sudah, jangan lupa install ke dalam device kamu yah. 

Step 2 – Buat New Project

membuat-opening-video

Membuat new project (Sumber: YouTube Marc Webster)

Cara membuat opening video berikutnya adalah dengan membuat new project di Adobe Premiere. Buatlah timeline edit video yang bakal menjadi tempat kerja kamu. Setelah itu pilihlah satu video yang akan kamu edit. Kamu bisa menggunakan footage pribadi ataupun mengunduh gambarnya di internet. Video inilah yang nantinya akan kamu gunakan sebagai intro. Karena bumper idealnya hanya berdurasi 5-15 detik, potonglah bagian video yang nggak kamu butuhkan. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu sebentar pula durasinya.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Step 3 – Buat Adjustment Layer untuk Teks

adjustment-layer-untuk-teks

Membuat file teks (Sumber: YouTube Marc Webster)

Selanjutnya buatlah new title, atur video setting-nya dengan lebar layar 1920 x 1080 pixel, untuk ‘Timebase’ ubah menjadi 23.976 fps, dan ubah pula ‘Pixel Aspect Ratio’ menjadi ‘Square Pixels (1.0). Di bagian ‘Name’, kamu dapat mengganti namanya menjadi “Title 01”. Jika semua pengaturannya sudah benar jangan lupa untuk klik ‘OK’.

Step 4 – Tulis Judul Video

Setelah kamu klik ‘OK’ akan muncul tab baru untuk mengedit segala hal yang berurusan dengan teks. Buatlah text box dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebenarnya nggak ada ketentuan mengenai posisi tulisan, tapi kami di sini menggunakan rata tengah dengan cara mengeklik ikon center

menulis-judul-opening-video

Menulis judul (Sumber: YouTube Marc Webster)

Kemudian di dalam text box tulislah judul videomu, contohnya seperti “Canada” yang ditulis dengan huruf kapital. Ubah jenis hurufnya menjadi “Gloss & Bloom” seperti yang sudah kamu unduh di step pertama. Ubah ukuran, jarak antarhuruf, dan warna sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jika sudah selesai, klik ikon close di pojok kiri atas tab teks, karena semua perubahannya sudah otomatis tersimpan. Kalau sudah selesai, drag file tulisan ke dalam timeline. Posisikan di layer video nomor dua alias di atas footage video yang sebelumnya sudah kamu masukkan di step kedua.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

Step 5 – Buat New Transparent Video

Cara membuat opening video yang berikutnya adalah dengan membuat new transparent video dengan pengaturan ukuran layar 1920×1080 pixels, ‘Timebase’ 23.976 fps, ‘Pixel Aspect Ratio’ menjadi ‘Square Pixels (1.0), dan klik ‘OK’. Setelah itu drag file ke dalam timeline dan letakkan di layer video nomor tiga. 

memasukkan-file-teks-opening

Memasukkan file teks (Sumber: YouTube Marc Webster)

Pilih menu ‘Editing’ > ‘Effects’ > tulis “Write” di kolom pencarian efek > ‘Video Effects’ > ‘Generate’ > ‘Write-on’ > drag efek ke timeline video layer nomor tiga. Di ‘Effect Control’ untuk ‘Write-on’, ganti ‘Brush Size’ menjadi 33.0, ‘Store Length (secs) 5.0, dan ‘Brush Spacing (secs) 0,001. 

mengatur-anchor-point

Mengatur anchor point (Sumber: YouTube Marc Webster)

Nyalakan toggle Animation untuk ‘Brush Position’ dan drag ikon anchor point ke ujung huruf “C” di kata “Canada”. Kemudian buat titik-titik anchor point sampai mengelilingi “Canada” tersebut. Tujuannya supaya ketika video dimainkan, tulisan “Canada” akan muncul seperti sedang ditulis dengan pena. 

Untuk video lengkapnya, kamu bisa lihat di sini:

Ternyata, gampang banget, kan, cara membuat opening video di Adobe Premiere? Kalau kamu sudah paham step-by-step-nya, sekarang saatnya untuk mengaplikasikan teknik tersebut ke karya dalam videomu, salah satunya adalah showreel. Seandainya tertarik, kamu bisa membaca tips dan trik membuat showreel. Selamat mencoba!

Polling

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!

Leave a Reply

Your email address will not be published.