Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Kamu mungkin lagi ada tugas kuliah atau jadwal presentasi ke klien. Kamu pun lihat presentasi video animasi yang keren di YouTube buat referensi. Kamu jadi ingin pakai video yang udah langsung jadi itu, tapi pas browsing dan cari infonya, harganya mahal banget. Makin galau karena sepertinya nggak bisa deh bikin sendiri animasi seperti itu. Sebenarnya nggak perlu galau kok, soalnya ada cara membuat PowerPoint animasi, sehingga bisa kamu bikin sendiri.

Cara Bikin PowerPoint Animasi

cara membuat PowerPoint animasi

Sumber Gambar : powtoon.com

Berikut cara untuk bikin PowerPoint animasi biar hasilnya bagus dan menarik:

  • Bikin Naskah

Kamu perlu bikin script atau naskah yang menjelaskan apa aja yang terjadi di setiap “adegan”. Ada tipsnya seperti ini: 

  1. Kenali masalah atau produk yang mau dijelaskan. 
  2. Gimana permasalahan tersebut menjadi suatu pertimbangan, misalnya harganya mahal, keberadaannya mengganggu, dan sebagainya. 
  3. Berikan semua kemungkinan solusi. 
  4. Jelaskan apa solusi dari kamu, keuntungannya, dan kenapa itu lebih baik. 
  5. Call To Action: Tes – Uji Coba – Beli.
  • Pakai Voice Over atau Musik Background

cara membuat PowerPoint animasi

Kamu perlu memilih musik background atau rekaman voice over. Berarti, kamu butuh file MP3 atau huruf teks dari naskah yang dibaca dengan suara jelas, yang mana ini bakal ditampilkan di slide presentasi. Kamu nggak harus pakai voice over professional kok. Mau pakai rekaman suara sendiri juga bisa. Selain itu, juga bisa pakai software online text-to-voice yang mengubah teks jadi suara. Kalau mau pakai artist voice over professional juga bisa, sesuai kebutuhan aja.

  • Bagi Setiap Slide

Cara membuat PowerPoint animasi berikutnya, yaitu mulai bikin konten visual sesuai dengan naskah. Setiap slide menggambarkan adegan dan ide ceritanya menurut apa yang udah ada di dalam naskah. Bikin setiap slide-nya pendek, jadi kamu bisa tambahkan banyak visual menarik di project kamu. Kalau kamu punya voiceover, kamu bisa bikin kata-katanya muncul di layar tampilan slide. Kamu nggak harus memunculkan setiap kata, tapi pilih aja kata-kata yang penting buat memperjelas poin-poin tertentu juga.

  • Edit Isi Slide

Sekarang waktunya memasukkan fitur tambahan dan bikin slide kamu semakin fun. Fitur tersebut seperti warna, grafis, background, style animasi, image, dan karakter. Penting buat menyampaikan pesan sekaligus objek grafis atau gambar, dan teksnya sesedikit mungkin, jadi audiens nggak perlu waktu lama buat membaca satu slide seutuhnya (kecuali kamu emang bertujuan seperti ini) dan orang yang melihat presentasi kamu tersebut nggak merasa kalau informasi yang mereka dapatkan itu berlebihan.

  • Tentukan Timing

Sekarang kamu harus menentukan waktu buat semuanya. Ini merupakan langkah terakhir dan benar-benar bisa memberi efek signifikan terhadap tampilan akhir slide animasi kamu, sehingga terlihat profesional. Jadi, kamu sesuaikan tampilan di slide dan timing buat semua elemen yang muncul di layar. Kamu juga bisa dengerin voice over di background dan pastikan semua elemen visualnya menggambarkan apa yang kamu dengar. Semakin akurat hasilnya maka semakin bagus.

Nah, barusan kita udah simak sama-sama, gimana cara membuat PowerPoint animasi. Sebenarnya nggak sesulit itu, kan. Pastinya tetap aja butuh proses. Kamu perlu menerapkan langkah yang tepat serta mengevaluasi hasilnya, sehingga kamu bisa tahu, apa yang udah pas dan yang kurang. Jadi, bisa segera diperbaiki biar slide animasi kamu semakin maksimal. Ada platform yang namanya Powtoon buat bikin PowerPoint animasi, udah ada template-nya dan editnya gampang banget! Cobain aja.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?

Seni Rupa & Desain

Cara Agar Desain Terlihat Minimalis Biar Desainmu Makin Stylish

Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Anti Ribet-Ribet Club, Sekarang Ada Aplikasi Gratis untuk Membuat Brosur Lho. Cek di Sini Yuk!