Creativepreneur and Career

Mau Sukses Bikin Produk Digital? Ikuti Tips Ini, yuk, GenKs!

Bermimpi bisa menjemput sukses dengan usahamu membuat produk digital, GenKs? Artinya, kamu harus mempertimbangkan banyak hal secara matang. Mulai dari perencanaan produk hingga keberlangsungan bisnismu kedepannya. Well, meski bikin produk digital itu nggak segampang membalikkan telapak tangan, tapi bukan hal mustahil untuk diwujudkan, kok, GenKs. Berikut kami rangkum 7 tips sukses cara membuat produk digital yang perlu diketahui pemula. Tapi sebelum itu, simak dulu pengertian mengenai apa itu produk digital di bawah ini, yuk, guys;

Produk Digital, Apa Itu?

Sumber Gambar : hubspot.net

Sudahkah kamu tahu apa yang dimaksud dengan produk digital, guys? Well, yes, file audio dan foto di ponsel pintar adalah beberapa contoh dari produk digital. Tapi di sini bukan itu artinya. Buat kamu-kamu yang masih bingung, dalam artikel ini, yang dimaksud dengan produk digital adalah seperti website, software dan mobile app.

Seperti yang kita semua ketahui, produk-produk digital jadi senjata paling tokcer bagi para pemilik bisnis di era teknologi seperti sekarang ini, mengingat Indonesia sudah mulai mencanangkan Revolusi Industri 4.0.

Dan pertanyaannya kini adalah, mungkinkan semua orang, bahkan mereka yang nggak punya background pendidikan di bidang IT menjalankan bisnis berupa produk digital? Eits, jangan salah, GenKs, karena siapa pun orangnya bisa bikin dan jualan produk digital asal tahu tipsnya, kok.

7 Tips Sukses Membuat Produk Digital Agar Laris di Pasaran

Sumber Gambar : medium.com

  1. Inisiasi Ide

Sumber Gambar : sheridancollege.ca

Ide adalah hal penting yang harus pertama kali kamu pikirkan jauh-jauh hari sebelum membuat produk digital. Dan sayangnya, masih cukup banyak perusahaan startup yang nggak punya ide jelas ketika mengembangkan suatu produk digital. Padahal inisiasi ide nggak boleh cuma sekedar gambaran doang., tapi harus benar-benar nyata agar produk digitalmu bisa memberikan solusi terbaik kepada masyarakat atau perusahaan.

So, pastikan langkah paling awal banget yang harus kamu lakukan adalah membuat ide dengan jelas tanpa ada keraguan dalam proses pengembangannya.

2. Tujuan dan Objektif

Sumber Gambar : medium.com

Cara membuat produk digital selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah tujuan dan jangan pula objektifnya juga, ya, guys. Kenapa? Karena dengan memiliki tujuan serta objektif, produk digital buatanmu nggak akan sama dengan produk sejenis, GenKs.

Objektif ini bakalan membantu banget ketika kamu mengukur tingat fisibilitas proyek, apakah sudah sesuai dengan tujuan akhir yang mau kamu capai nantinya.

Jangan sampai keliru dalam menentukan tujuan dan objektif saat memulai proyek pembuatan produk digital, lho, guys. Karena setiap elemen dalam objektif adalah penentu utama keberhasilan tujuan proyek atau bisnis produk digital yang kamu jalankan.

3. Solusi dan Alternatif

Sumber Gambar : akamaized.net

Website sederhana, software super rumit hingga aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel, namanya produk digital itu jenisnya ada banyak sekali, guys. Nah, di titik ini, kamu harus menentukan apakah rancangan proyek produk digitalmu setelah selesai nanti bisa memenuhi objektif atau tidak.

Pikirkan juga opsi alternatifnya sedari sekarang. Selain itu, kamu juga bisa mulai dari seberapa banyak resource yang kamu miliki, kalau emang nggak cukup dengan 1 jenis produk digital, lho, guys.

4. Finalisasi Tujuan

Sumber Gambar : kinstacdn.com

Langkah yang nggak kalah menentukan di dalam proyek pembuatan produk digital adalah gimana kamu menuangkan ide keren dan kreatif kamu ke sebuah produk digital. Di sini adalah tahapan produk digitalmu di-wireframe berdasarkan blueprint yang udah ada. Melalui prosedur satu ini kamu akan tahu apa dulu yang harus dimulai, fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan sampai kemungkinan halangan selama proses pembuatan produk digital buatanmu.

5. Mulailah Development

cara membuat produk digital

Sumber Gambar : MerahPutih.com

Titik tumpu proyek IT adalah ketika kamu dan tim sudah masuk ke tahapan development, GenKs. Di sini kamu akan mengetahui apakah proyek tersebut bakal bisa berjalan sesuai target atau justru gagal total. Agar proyek IT-mu bisa rampung dengan baik, pastikan kamu menggunakan jasa Software Architect, ya.

6. Tes, Tes dan Tes Lagi!

Meski memakan banyak waktu, jangan pernah melewatkan step yang satu ini, lho, GenKs. Melalui tahapan testing, kamu bisa tahu seberapa tinggi kualitas dan ketahanan produk digitalmu dari serangan peretas atau pun pencurian data. Yang nggak kalah pentingnya, ketika melakukan testing, kamu juga akan tahu user experience dan user interface produk digitalmu apakah layak.

7. Implementasi

cara membuat produk digital

Sumber Gambar : medium.com

Dan, selamat, GenKs! Akhirnya produk digitalmu selesai juga. Sekarang waktunya launching produk, nih.

Itulah 7 tips cara membuat produk digital, GenKs. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!