Fotografi

Jago Membuat Stop Motion dengan Cara Mudah Ini!

teknik stop motion sederhana

4. Siapkan Kamera dan Mulailah Merekam Semua Adegan

memfoto objek

sumber: ytimg.com

Ambil kamera dan mulai mengambil gambar demi gambar. Tapi sebelum itu, buka stop motion software untuk membaca dan melihat gambar yang kamu ambil dari kamera. Atur kamera dan pasang di tripod untuk mencegah titik pusat gambar mengabur. Siapkan objek atau gambar di posisi awal. Kemudian sedikit demi sedikit pindahkan objek sesuai yang kamu mau. Pastikan perpindahan atau pergerakan objek nggak terlalu besar. Ambil gambar setiap gerakan. Kamu bisa menggerakkan satu bagian di satu waktu atau langsung membuat beberapa gerakan sekaligus, tergantung adegan yang dilakukan objek tersebut.

5. Mulai Menyunting Gambar-Gambar jadi Animasi Bergerak

tutorial stop motion

sumber: stopmotiontutorials.com

Nah, setelah selesai mengambil gambar hingga akhir, tahapan cara membuat stop motion selanjutnya adalah penyuntingan gambar. Kamu bisa mulai mengeditnya dengan mengoreksi banyak hal sampai dengan menambahkan backsound dan lain sebagainya. Untuk membuat gerakan terlihat lebih alami kamu bisa memasang satu atau dua salinan dari setiap frame. Dengan begitu animasimu akan lebih mudah untuk dilihat dan nggak terkesan berantakan karena gerakan yang terburu-buru dan tak tertangkap mata. Tenang, untuk kamu yang masih pemula, biasanya di aplikasi pembuat stop motion ada instruksi menyusun frame yang bisa kamu ikuti, kok.

Gimana, setelah tahu langkah-langkahnya, ternyata cara membuat stop motion animation video nggak serumit yang dibayangkan sebelumnya, bukan? Selamat berkarya, ya!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan