Fotografi

Jago Membuat Stop Motion dengan Cara Mudah Ini!

teknik stop motion sederhana

Pernah nggak, sih, mendengar istilah stop motion? Mungkin kamu bertanya bagaimana cara orang-orang membuat film animasi keren seperti Wallace and Gromit atau LEGO itu. Apakah caranya sama seperti membuat film-film animasi pada umumnya? Jawabannya adalah tidak sama persis. Proses pembuatannya adalah dilakukan dengan cara menggabungkan pergerakan obyek agar mendapatkan gerakan yang diinginkan. Selain itu, video stop motion juga dibuat dengan cara memanipulasi objek secara fisik sehingga tampaknya seolah mereka bergerak sendiri.

Untuk menciptakan ilusi gerakan yang berkesinambungan, setiap pergerakan objek tersebut harus difoto kemudian dimainkan berurutan. Memang terdengar gampang, tapi untuk membuat satu frame kamu butuh waktu yang nggak sedikit. Kuncinya adalah kesabaran tingkat tinggi. Kalau kamu berhasil, nggak mustahil hobi baru ini akan mendatangkan keuntungan untukmu di masa depan. Bagi kamu yang ingin membuat video semacam ini tapi merasa belum jago-jago banget, tips di bawah ini mungkin sangat tepat untuk kamu baca dan kemudian kamu coba secara langsung.

1. Small Project Bisa Jadi Latihan Awal Animasi Stop Motion-mu

gambar stop motion

sumber: squarespace-cdn.com

Jangan langsung memilih proyek besar sebagai langkah awal video stop motionmu. Hal ini agar tidak menyulitkanmu dalam pembuatannya. Sebelum membuat video animasi panjang, kamu bisa mulai dengan proyek-proyek kecil dengan menggunakan benda-benda sederhana yang ada di sekitar, seperti kertas, benang, buah atau benda berukuran kecil lainnya. Karena sebenarnya hampir semua benda bisa digunakan untuk video animasi stop motion, kok. Kuncinya adalah berimajinasi!

2. Pastikan Sumber Cahayamu Konsisten

teknik pencahayaan

sumber: adorama.com

Cahaya menjadi kunci bagus tidaknya sebuah video stop motion. Oleh karenanya, maka pastikan kamu menggunakan pencahayaan yang konsisten, nggak berkedip atau kecerahan yang berubah-ubah. Lakukan di ruangan tertutup dan blokir cahaya dari luar untuk hasil gambar terbaik. Gunakan lampu untuk membantumu menghasilkan gambar yang bersih dengan cahaya yang konsisten sehingga tidak meninggalkan bayangan yang merusak proses. Ambil beberapa gambar terlebih dahulu untuk mengetahui apakah cahaya yang kamu pakai sudah pas. Selanjutnya baru lakukan eksekusi lanjutan.

3. Install Stop Motion Software

software stop motion

sumber: ytimg.com

Sebelum membuat mengeksekusi, tahap ini termasuk yang paling penting, GenK, untuk membuat video stop motion. Yups, pasang aplikasi stop motion maker. Sejauh ini, jika kamu coba mencari di internet, ada banyak aplikasi pembuat video animasi stop motion yang bisa digunakan, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Setelah mengunduh software yang diinginkan, ada baiknya kamu coba mengambil foto untuk memeriksa apakah gambar yang ditangkap kamera dapat muncul di software yang kamu gunakan atau tidak. Jangan sampai kamu sudah menghabiskan banyak waktu, tapi ternyata format file dari gambar-gambar tersebut nggak mendukung.

4. Siapkan Kamera dan Mulailah Merekam Semua Adegan

memfoto objek

sumber: ytimg.com

Ambil kamera dan mulai mengambil gambar demi gambar. Tapi sebelum itu, buka stop motion software untuk membaca dan melihat gambar yang kamu ambil dari kamera. Atur kamera dan pasang di tripod untuk mencegah titik pusat gambar mengabur. Siapkan objek atau gambar di posisi awal. Kemudian sedikit demi sedikit pindahkan objek sesuai yang kamu mau. Pastikan perpindahan atau pergerakan objek nggak terlalu besar. Ambil gambar setiap gerakan. Kamu bisa menggerakkan satu bagian di satu waktu atau langsung membuat beberapa gerakan sekaligus, tergantung adegan yang dilakukan objek tersebut.

5. Mulai Menyunting Gambar-Gambar jadi Animasi Bergerak

tutorial stop motion

sumber: stopmotiontutorials.com

Nah, setelah selesai mengambil gambar hingga akhir, tahapan cara membuat stop motion selanjutnya adalah penyuntingan gambar. Kamu bisa mulai mengeditnya dengan mengoreksi banyak hal sampai dengan menambahkan backsound dan lain sebagainya. Untuk membuat gerakan terlihat lebih alami kamu bisa memasang satu atau dua salinan dari setiap frame. Dengan begitu animasimu akan lebih mudah untuk dilihat dan nggak terkesan berantakan karena gerakan yang terburu-buru dan tak tertangkap mata. Tenang, untuk kamu yang masih pemula, biasanya di aplikasi pembuat stop motion ada instruksi menyusun frame yang bisa kamu ikuti, kok.

Gimana, setelah tahu langkah-langkahnya, ternyata cara membuat stop motion animation video nggak serumit yang dibayangkan sebelumnya, bukan? Selamat berkarya, ya!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan