Film, Animasi & Video

Cara Membuat Stop Motion Lengkap dan Mudah

Menghidupkan benda mati seakan-akan menjadi nyata bisa kamu lakukan di video stop motion. Secara definisi, stop motion adalah sebuah teknik animasi untuk memanipulasi objek secara fisik menggunakan aplikasi edit video agar objek terlihat bergerak dengan sendirinya. Apakah kamu tertarik membuat jenis video yang satu ini? Pas banget, karena di sini kami akan membagikan cara membuat stop motion yang gampang dipraktikkan. Yuk kita simak tahap pembuatannya!

Cara Membuat Stop Motion

Nah kalau semua hal-hal penting yang harus disiapkan sebelum membuat stop motion sudah lengkap, mari mulai syuting gambar. Mari ikuti langkah-langkah cara membuat stop motion di bawah ini satu per satu.

1. Atur Semua Elemen

cara membuat stop motion

Menyiapkan objek (sumber: slashfilm.com)

Atur pencahayaan dan kamera di tempatnya, lalu letakkan model dan latar belakang sesuai perencanaanmu. Kamu bakal bekerja relatif lama untuk mengambil adegan demi adegan, jadi pastikan kamu syuting di tempat yang nyaman dan minim gangguan. Akan merepotkan kamu kalau harus terganggu untuk bongkar-pasang set

2. Tes Adegan

cara membuat stop motion

Merekam adegan percobaan (sumber: plymouthart.ac.uk)

Coba foto beberapa pergerakan untuk memastikan apakah pencahayaan, pengaturan kamera, dan penempatan latar belakang sudah sesuai dengan rencanamu. Pastikan tidak ada setting yang salah untuk menghemat waktu kerja. Saat tes adegan, pastikan juga bayangan kamu tidak masuk dalam foto yah.

Baca Juga :   Mengenal Seni Menghidupkan Mainan Lewat Toy Photography

3. Mulai Syuting Adegan

cara membuat stop motion

Merekam adegan (sumber: aplusc.tv)

Cara membuat stop motion yang berikutnya yaitu mulai syuting adegan. Jika semuanya sudah sesuai dengan rencana, sekarang mulailah mengambil foto, gerakkan model sedikit, foto lagi, gerakkan lagi, dan begitu seterusnya. Kamu bisa bermain dengan berbagai jenis camera movement untuk membuat kesan yang mendalam dan juga cinematic look yang memukau

Selain itu, rajin melakukan eksperimen dengan angle atau posisi kamera agar pergerakan modelmu mulus seperti bergerak sendiri. Buatlah setidaknya sepuluh foto gerakan per detik (10 framerate per second/ 10 fps). Dengan kata lain, untuk membuat  animasi 10 detik, kamu perlu menghasilkan 100 foto. 

Jumlah foto yang diambil tergantung dengan banyaknya jumlah frame rate guna memengaruhi pergerakan animasi buatanmu. Dengan begitu video stop motion terlihat lebih bagus. Supaya kamu tidak kewalahan, coba pecah pengambilan gambar jadi satu demi satu detik. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada tiap 10 pergerakan.

4. Mengedit Video

Mengedit video (sumber: steemhunt.com)

Kalau semua adegan sudah difoto, saatnya disatukan jadi video yah. Namun sebelum mulai mengedit video, kamu bisa mengganti nama file agar memudahkanmu tahu foto yang mana untuk adegan yang mana dan tahu di detik ke berapa gambar akan muncul. Setelah itu, masuk dan urutkan hasil fotomu di aplikasi edit video

Susun dan atur setiap foto sampai memiliki speed yang sama. Namun jika kamu ingin bereksperimen dengan speed yang berbeda-beda juga boleh, asalkan hasil akhirnya tetap enak ditonton. Untuk memahami timing objek di animasi, kamu bisa membaca artikel tentang cara membuat animasi lengkap yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya.

Baca Juga :   Inspirasi Background Keren untuk Toy Photography

5. Menyusun Adegan Video

cara membuat stop motion

Sebagai contoh, kamu menggunakan software Adobe Premiere Pro untuk mengedit stop motion. Masuk ke “File”, lalu buka “Import”. Pilih gambar pertama, lalu klik “Option”. Kemudian buka “Image Sequence”. Gambar yang kamu pilih akan jadi video klip dengan kecepatan dasar 30 fps. Nah, kamu bisa mengubahnya dengan klik “Modify”, pilih “Interpret Footage”. Masukkan 10 fps atau kecepatan yang kamu mau. Kamu bisa bereksperimen dengan kecepatan untuk mendapat pergerakan model yang kamu inginkan. 

Cara ini senada dengan aplikasi di handphone seperti Stop Motion Maker atau Stop Motion Studio, misalnya. Pilih foto-foto yang akan kamu satukan, lalu atur fps-nya. Di sana, kamu bisa memasukkan musik, lagu, atau voice over agar videomu kian menarik. Kalau sudah selesai jangan lupa proses rendering video yah.

Nah, itu dia cara membuat stop motion yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Dari karya video pertamamu, kamu bisa belajar untuk terus membuat video stop motion yang lebih kreatif dan menarik, makin mulus pergerakannya, makin bagus model, background, dan angle pengambilan gambarnya. Kalau sudah mahir, kamu juga bisa mengeksplorasi cara membuat lip sync supaya pengisi suara selaras dengan pergerakan mulut objek. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Pria, Ini Dia Karakter Anime Wanita Terkuat!

Film, Animasi & Video

Ini Dia Film-Film Dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia!

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Film Inspirasi Marketer Wajib Tonton Sekali Seumur Hidupmu

Film, Animasi & Video

5 Animasi Ghibli Studio Ini Bakal Bikin Kamu Mellow!