Film, Animasi & Video

Tutorial Cara Membuat Thumbnail YouTube 

cara membuat thumbnail youtube

3. Tambahkan efek stiker 

Cara membuat thumbnail youtube 6

(sumber: animaker.com)

Menambahkan efek stiker dapat membantu subjek di gambar thumbnail video YouTube-mu lebih menonjol. Contohnya bisa kamu lihat dari dua gambar berikut. Di kedua gambar tersebut, kamu dapat melihat seseorang yang sedang mengenakan jam tangan. Tapi gambar di kanan terlihat lebih menonjol karena efek border tebal di sekitar jam tangan. 

Cara membuat thumbnail youtube 7

(sumber: animaker.com)

Dengan aplikasi Picmaker, kamu dapat menambahkan efek stiker pada gambarmu hanya dengan satu klik. Cukup klik ikon ‘Sticker Effect’ dan border tebal langsung ditambahkan ke gambarmu dalam sekejap.

Cara membuat thumbnail youtube 8

(sumber: animaker.com)

Mau mengatur ketebalan dan warna stiker? Pasti bisa, dengan opsi ‘Slider and Color Stroke’. Setelah efeknya sudah diaplikasikan, kamu juga bisa mengatur posisi gambar agar terlihat  berbeda dari biasanya.  

Cara membuat thumbnail youtube 9

(sumber: animaker.com)

4. Percantik background gambar 

Cara membuat thumbnail youtube 10

(sumber: animaker.com)

Next step adalah mempercantik thumbnail dengan background yang menarik. Tips dalam membuat background yang cantik adalah dengan memilih warna-warna yang kontras dari subjek dan teks yang nantinya akan dimasukkan pada thumbnail. Supaya thumbnail-mu semakin menarik, kamu juga dapat menambahkan pattern unik pada background. Untuk menambahkan pattern, pilih ‘Tab Properties’ di sebelah kiri, lalu klik ‘Patterns’. Tinggal pilih pattern yang sesuai dengan komposisi thumbnail videomu.  

5. Tambahkan teks

Saat sebuah video muncul pada halaman utama YouTube atau hasil pencarian, thumbnail yang ditampilkan biasanya akan terlihat lebih kecil. Maka dari itu, teks bold dan berukuran besar dapat menjadi penyelamat. Pastikan teks yang kamu gunakan pada thumbnail berukuran cukup besar, supaya penonton dapat melihat informasi yang tercantum dengan jelas. Apalagi mayoritas orang yang menggunakan HP untuk menonton YouTube. Fitur menambahkan teks bisa kamu akses pada tombol ‘Text’ di sebelah kiri menu utama. Sekarang kamu bisa memilih kotak teks plain atau template text yang sudah tersedia. 

Cara membuat thumbnail youtube 14

(sumber: animaker.com)

Pada thumbnail di bawah ini contohnya, penggunaan beragam font mampu membuat kata-kata tertentu menjadi menonjol. Kamu juga bisa menambahkan efek bayangan pada keyword utama, seperti pada kata “Shocking” agar terlihat lebih stand-out

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *