Game & Teknologi

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri dalam 10 Langkah Super Mudah

Unik, bisa disesuaikan dengan selera dan karakter dua mempelai, dan tentunya lebih hemat. Itulah alasan kenapa semakin banyak orang yang lebih suka mendesain undangan pernikahan mereka sendiri. Meski butuh effort yang cukup besar, tapi percaya, deh, GenKs, ada kebanggaan tersendiri yang kamu rasakan kalau berhasil bikin undangan sendiri. Apalagi sekarang gampang banget mengakses situs online yang menawarkan jasa desain dengan biaya terjangkau, atau aplikasi desain digital gratisan. Sebelum mulai, yuk, intip cara membuat undangan pernikahan sendiri dalam tips berikut, GenKs:

Step #1: Pertimbangkan Berapa Biayanya

Sumber Gambar : loveoverallevents

Bahkan meski kamu mencetak kartu undanganmu sendiri, ada biaya kertas dan tinta untuk nge-print yang harus dipertimbangkan. Terutama jika kamu ingin pakai kertas dan tinta berkualitas tinggi. Perhatikan juga setiap detailnya, mulai dari ukuran undangan, jenis kertas, desain undangan, seperti apakah undanganmu terdiri dari satu lembar atau lebih, juga hiasan lain, seperti pita atau amplop.

Step #2: Tentukan Style-mu

Sumber Gambar : fash.com

Ingin yang elegan dan simple, atau berani dengan warna-warna cerah? Mungkin style watercolor look? Apapun itu, luangkanlah waktumu melihat-lihat berbagai model undangan di Pinterest atau media sosial lainnya. Cek juga apa tren desain undangan terkini.

Step #3: Schedule and Plan Ahead

Sumber Gambar : 52perfectdays.com

Hati-hati, lho, guys, mencetak undangan sendiri belum tentu lebih cepat. So, pastikan kamu bersiap dari jauh hari sebelumnya dan banyakin stok sabar. Karena mungkin akan sedikit rumit, terutama untuk desain yang nggak biasa. Lakukan hitung mundur dari tanggal pernikahanmu dan rencanakan semua kartu undangan selesain dicetak seenggaknya 2 atau 1,5 bulan sebelumnya.

Step #4: Pilih Vendor dan Pertimbangkan Percetakan Online

Sumber Gambar : blogspot.com

Cukup banyak jasa percetakan online yang menawarkan template undangan cantik dengan harga miring dan diskon. Selain itu, kamu juga bisa mempercayakan kualitas kertas terbaik lewat sentuhan profesional pada mereka.

Step #5: Rancang Undanganmu

Sumber Gambar : kaiserpermanente.org

Opsi paling murah untuk kamu yang ingin berhemat dengan membuat undangan pernikahan sendiri adalah mengunduh template dan mengubah detailnya sendiri. Setelah kamu menyelesaikan desain dan mengedit kata-kata, jangan lupa minta beberapa orang untuk ikut mengecek dan periksa kembali agar nggak ada kesalahan.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Smartwatch Murah Terbaik Anti Kantong Jebol

Step #6: Temukan Desain yang Tepat

Sumber Gambar : microlancer.com

Agar undangan DIY-mu terlihat menarik seperti dibuat oleh para profesional, gunakanlah full bleed design. Efek ini menciptakan tampilan yang sedikit lebih besar daripada ukuran kertas. Nah, kalau seperti ini, kamu harus mencetak undangan di jasa percetakan ahli, GenKs.

Step #7: Pilih Jenis Kertasmu

Sumber Gambar : sugarstudiosdesign.com

Nggak mungkin, dong, undangan pernikahanmu dicetak di atas kertas tipis biasa? Pasalnya, semakin tebal kertas, kesan yang muncul akan terasa semakin mewah. Untuk memberikan tampilan dan nuansa yang indah, kamu bis pakai uncoated cardstock ukuran 55 gram. Pertimbangkan juga untuk bermain-main dengan sedikit tekstur, seperti linen atau kain felt.

Step #8: Simpan Desainmu dalam Jenis File yang Sesuai

Undangan Pernikahan

Sumber Gambar : theknot.com

Biasanya jasa percetakan akan meminta klien menyimpan file dalam bentuk PDF karena ketika dicetak kualitasnya lebih bagus ketimbang JPEG. Tapi persyaratan setiap jasa percetakan, baik offline maupun online tentunya berbeda.

Step #9: Jangan Lupa Anggarkan Biaya untuk Penggunaan Tinta

Undangan Pernikahan

Sumber Gambar : weddingwire.com

Jangan lupa, selain kertas, tinta printer juga butuh anggaran, lho. Apalagi kalau kamu pakai background berwarna atau menggunakan foto prewedding yang penuh warna. Trik terbaik kalau ingin mencetak undangan sendiri adalah biarkan kertas terlihat dengan memasukkan sentuhan warna-warni dalam desain.

Step #10: Cek Komputer dan Printermu

Undangan Pernikahan

Sumber Gambar : vpsvc.com

Nah, ini yang nggak kalah penting, GenKs. Karena kamu akan mencetak di rumah, pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik. Mulai dari layar komputer hingga mesin printer. Coba cetak satu undangan dulu untuk mengecek apakah warnanya sesuai dan desainnya terlihat oke di atas kertas.

Beri sentuhan akhir undanganmu dengan amplop yang memikat. Kamu bisa memberi tambahan elemen, seperti kain atau pita, maupun memberikan nuansa alam, seperti menempelkan daun atau bunga kering. Dan setelah selesai, buruan langsung kirim undanganmu, ya.

Gimana, siap mencoba cara membuat undangan pernikahan sendiri atau temanmu?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Website Penyedia Template Video Terbaik Yang Harus Kamu Tahu!

Game & Teknologi

Cara FYP Tiktok yang Wajib Kamu Cobain!

Game & Teknologi

HP Gak Bisa Nge-charge? Coba Cara Ini!

Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang!