Game & Teknologi

Cara Membuat Website dengan WordPress untuk Maksimalkan Promosi Bisnismu

membuat website

Saat akan membuat website, kamu mungkin berpikir kalau cara membuatnya itu sulit. Sebenarnya tidak, kok. Apalagi, kalau kamu mau bikin website dengan menggunakan platform WordPress. WordPress merupakan salah satu platform terbaik untuk membuat website komersial. Nah, cara membuat website dengan WordPress sebenarnya juga bisa kamu lakukan sendiri. Mari simak langkah-langkahnya!

Langkah-Langkah Membuat Website dengan WordPress

Pada dasarnya, hanya ada tiga komponen utama yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Ketiganya adalah:

-Nama domain seperti contohnya websiteku.com.

-Hosting WordPress sebagai tempat menyimpan file-file website-mu.

-Waktu untuk fokus sepenuhnya membuat website selama 45-60 menit. 

Kalau kamu sudah siap, berikut langkah-langkahnya:

 

1. Mengatur Domain dan Hosting

 

Sumber: pexels.com

Langkah pertama yaitu buat nama domain kamu. Domain inilah yang menjadi alamat website-mu nanti, misalnya seperti websiteku.com. Domain juga berbayar. Biayanya terpisah untuk domain dan untuk hosting masing-masing. 

Kamu bisa menggunakan jasa hosting apapun yang kamu pilih, misalnya Bluehosting seperti pada contoh. Pilih pembayaran bulanan atau tahunan, lalu beli domain dan hosting untuk website-mu.

2. Menginstal WordPress

Sumber: pexels.com

Sumber: pexels.com

Sumber: pexels.com

Pada pengaturan website jasa hosting, umumnya kamu akan diarahkan untuk menginstal WordPress. Contohnya pada Bluehosting seperti yang terlihat pada gambar. Maka, masukkan nama website, username admin dan password untuk website-mu. Lalu, instal WordPress.

Setelah terinstal, kamu bisa masuk dengan login di halaman ini:

Sumber: pexels.com

3. Pilih Tema Kamu

Setelah menginstal WordPress, waktunya mulai mengedit. Tampilan situs WordPress kamu sendiri diatur oleh tema WordPress. Tema WordPress merupakan template tampilan desain yang dibuat secara profesional dan bisa kamu instal di website, untuk mengubah tampilannya. 

Ini adalah tampilan website-mu dengan tema basic:

Sumber: pexels.com

Biasanya tampilan tersebut terasa kurang menarik bagi pengunjung website. Jadi, kamu bisa mengeklik pilihan Appearance > Theme. Lalu, klik button Add New. Seperti ini:

Sumber: pexels.com

Pilih tema yang tersedia. Klik Install.

Sumber: pexels.com

Setelah itu, kamu bisa mengatur tema dengan kustomisasi sesuai kesukaanmu.

Sumber: pexels.com

4. Menambahkan Konten pada Website

WordPress menyediakan dua pilihan konten yang disebut dengan posts dan pages. Post merupakan bagian dari blog dan muncul dalam urutan mulai dari yang terbaru.

Sementara, pages adalah tipe konten statis yang tidak berubah, seperti halaman About Me, kontak, kebijakan privasi dan sebagainya.

Untuk menambahkan konten, pilih Pages > Add New di bagian admin WordPress. Ini akan mengarahkanmu ke halaman editor, seperti ini:

Sumber: pexels.com

Sumber: pexels.com

Kamu bisa menuliskan judul dan isi postingan kamu. Ada juga pilihan menu kategori dan tag. Pilih kategori dan tag sesuai dengan postingan-mu. Kemudian, kamu bisa klik Save untuk menyimpannya jadi draft, atau langsung pilih Publish agar kontenmu muncul di website kamu.

Kustomisasi dan Menambahkan Plugin

Untuk membuat website dengan menggunakan WordPress, caranya seperti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Sederhana saja, tapi kamu memang perlu meluangkan waktu khusus untuk menyelesaikannya. Bahkan, bila perlu, luangkan waktu sekurang-kurangnya satu minggu untuk membuat website.

Setelah website-mu jadi, kamu bisa melakukan kustomisasi untuk menjadikan tampilannya lebih baik lagi. Kamu pun bisa mulai menambahkan plugin yang kamu butuhkan, seperti di antaranya contact form, galeri image, Google Analytics yang menunjukkan cara pengunjung menemukan website-mu.

Kemudian, yang termasuk bagian penting dari website adalah SEO atau Search Engine Optimization. Instal plugin Yoast SEO untuk mengoptimalkan SEO WordPress kamu agar mendapatkan lebih banyak pengunjung dari hasil pencarian organik di mesin pencari Google.

Jadi, demikian cara membuat website dengan WordPress yang cukup sederhana. Kamu bisa mencobanya sendiri hari ini juga. Semoga bermanfaat!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis