Game & Teknologi

Panduan Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

cara-membuat-website

Apapun kebutuhanmu, memiliki sebuah website merupakan pilihan yang sangat tepat sebagai langkah untuk terhubung dengan calon klien dan konsumen. Dengan semakin mudahnya akses teknologi, sekarang siapapun bisa membuat website sendiri tanpa harus memiliki kemampuan programming atau menggunakan perangkat khusus. Yuk simak cara membuat website berikut! 

1. Registrasi Nama Domain Website

Cara membuat website 1

Sumber: blog.dnetprovider.id

Sebelum belajar cara membuat website, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah melakukan registrasi nama domain terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui ketersediaan nama alamat situs yang akan kamu gunakan nanti apakah masih tersedia, bersama dengan extension pilihanmu. Salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek ketersediaan nama domain adalah lewat Hostinger Domain Checker.  

Nama domain yang kamu gunakan mestilah menggambarkan produk atau layanan yang kamu jual jika bentuknya adalah situs komersial. Dengan begitu, calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan situsmu di halaman pencarian seperti Google. Ada baiknya, nama domain juga diusahakan agar mirip dengan nama bisnismu agar tidak membingungkan pelanggan. Buatlah domain dengan nama yang pendek dan mudah diingat untuk menghindari kesalahan penulisan. 

Alamat email yang akan digunakan untuk bisnismu juga diambil berdasarkan nama domain. Meskipun kamu bisa menggunakan email gratis seperti Gmail atau Yahoo, mengirimkan pesan lewat email bisnis tentu akan terlihat lebih profesional. Biaya yang diperlukan untuk bisa mendapatkan sebuah nama domain biasanya cukup terjangkau, sekitar 100 ribu rupiah untuk satu tahun masa aktif. 

2. Pilih Penyedia Layanan Hosting

Cara membuat website 2

Sumber: markey.id

Setelah berhasil menemukan nama domain yang akan dipakai untuk web kamu, sekarang saatnya untuk memilih penyedia layanan hosting. Merekalah yang nanti akan membantu halaman web kamu tetap aktif dan berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsi dan layanan yang disediakan. Ada banyak penyedia layanan hosting yang bisa kamu pilih, baik lokal maupun internasional. 

Setiap penyedia layanan hosting biasanya akan menawarkan paket beragam dengan fitur-fitur yang bisa kamu pilih. Beberapa diantaranya bahkan bisa mengajarkanmu cara membuat website atau langsung ditangani oleh tim profesional dengan biaya tentu saja. Tak sedikit juga penyedia layanan hosting yang memberikan promo berupa nama domain gratis untuk masa aktif selama tahun loh. 

Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, tergantung dari jenis layanan yang kamu inginkan serta jenis situs yang akan dibuat. Gak perlu khawatir, beberapa penyedia layanan hosting lokal ada yang menawarkan harga mulai dari puluhan ribu untuk kamu yang ingin baru mulai mencoba membuat website

3. Waktunya Membuat Website

Cara membuat website 3

Sumber: fromdreamstolifestye.com

Nah, jika kamu telah selesai memilih nama domain dan penyedia layanan hosting, sekarang waktunya membuat website. Untuk membuat halaman situs, kamu bisa menggunakan beragam platform website builder yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contoh yang paling sering dipakai adalah WordPress yang merupakan sebuah content management system (CMS) atau website builder kekinian seperti Wix. 

Banyak website builder yang menyediakan template siap pakai dengan desain menarik yang bisa kamu pakai dengan gratis. Ragam fitur yang tersedia di masing-masing website builder juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan layanan yang ditawarkan oleh situsmu. Contohnya untuk marketplace website, biasanya dibutuhkan plugin khusus seperti payment gate untuk proses transaksi jual-beli online

Soal urusan programming, kamu gak perlu khawatir. Banyak platform yang sudah menyediakan inbuilt AI system yang bisa mempermudah proses perancangan web bebas coding. Mengatur website yang sudah dibuat juga cukup praktis jika kamu memilih menggunakan template yang tersedia di website builder tersebut. Nah, setelah itu kamu bisa bebas bereksplorasi dengan halaman web yang sudah dibuat agar dapat tampil dengan performa terbaik.

 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis