Fotografi

Cara Menambah Efek Sinematik Agar Video Semakin Ciamik

cara menambah efek sinematik

Saat sedang liburan rasanya tidak mungkin untuk tidak mengambil kamera dan mengabadikannya, bukan? Kamu bisa mengambil foto dan video berkali-kali hanya dari satu objek foto saja. Setelah itu kebingungan bisa jadi melanda tentang hal apa yang harus dilakukan untuk membuat video menjadi lebih menarik. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menambahkan hal-hal sinematik untuk mempercantik video. Kamu bisa mendapatkan efek ini saat sedang mengambil rekaman video maupun saat proses editing. Kombinasi keduanya juga tidak kalah untuk membuat videomu semakin menarik. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara untuk menambah efek sinematik.

1. Mainkan Cahaya Alami

teknik pencahayaan alami

sumber: unsplash.com

Dalam pengambilan foto, cahaya adalah aspek yang penting untuk diperhatikan. Mainkan cahaya yang menyorot objek secara alami. Kamu bisa menggunakan cahaya matahari untuk penerangan yang cukup terang. Kalau kamu ingin pencahayaan alami yang redup dan bagus, ambillah waktu saat kondisi sedang berawan atau mendung. Awan menjadi filter cahaya matahari yang cukup baik untuk pemotretan. Kemudian jangan lewatkan waktu-waktu emas seperti saat matahari terbit dan tenggelam. Kamu bisa memanfaatkan cahaya minim dengan teknik low light photography. Efek siluet yang sinematik juga bisa kamu dapatkan dari sini. Kamu bisa juga mengambil referensi dari berbagai macam efek pencahayaan dalam fotografi, lho.

2. Manfaatkan Pemandangan di Sekitar

pemandangan pantai

sumber: unsplash.com

Kamu pasti pernah melihat video-video yang menyorot pemandangan alam, bukan? Cara ini memang cocok untuk membuat efek sinematik pada sebuah video. Kamu bisa mengambil satu objek terdekat dan arahkan kameramu ke objek tersebut. Perlahan, jauhkan kamera dari objek dan ambil medan pandang pemandangan yang lebih luas. Bird eye view menggunakan drone akan membuat video lebih menarik dan membuat penonton melihat dengan sensasi berbeda.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

3. Sematkan Efek Cahaya Bervolume

efek sinematik cahaya

sumber: unsplash.com

Setelah pengambilan video, jangan lewatkan proses edit video supaya hasilnya semakin menarik. Kalau dalam frame videomu terdapat sumber cahaya misal dari jendela yang digunakan sebagai latar belakang maka bisa kamu aplikasikan efek cahaya bervolume. Cahaya bervolume ini adalah cahaya yang sering dihasilkan oleh lampu sorot. Sorot cahaya lampu berbentuk kerucut dan bergerak kesana kemari akan menambah efek sinematik pada video kamu dan bisa mendramatisir suasana.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet