Game & Teknologi

Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Broken Link Kompetitor

Pemahaman tentang link building atau cara mendapatkan backlink adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam penerapan optimasi SEO. Pasalnya, tanpa backlink, website anda akan sulit untuk mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian Google. Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu SEO, saat ini semakin banyak metode atau cara mendapatkan backlink berkualitas yang dapat anda terapkan untuk website anda. Salah satunya yang cukup populer adalah dengan memanfaatkan broken link dari website kompetitor anda atau yang juga dikenal dengan istilah broken link buildingNamun bagaimana sebenarnya cara untuk mendapatkan backlink memanfaatkan broken link kompetitor anda?.

Untuk anda yang penasaran mengenai hal ini, berikut adalah ulasan yang sekiranya dapat menjelaskannya secara detail kepada anda.

Cara Mendapatkan Backlink Memanfaatkan Broken Link Kompetitor

Sumber Gambar : digimind.id

Bersumber dari halaman backlinko, dijelaskan bahwa terdapat beberapa langkah yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink dari website kompetitor anda. Adapun beberapa langkah tersebut meliputi berikut ini:

Telusuri Broken Link di Website Kompetitor Anda

Menelusuri Broken Link di Website Kompetitor Anda

Menelusuri broken link dari website kompetitor anda adalah langkah pertama yang harus anda lakukan. Untuk melakukan penelusuran broken link website kompetitor ini, anda dapat menggunakan sejumlah tool SEO seperti  Ahrefs,Moz Link Explorer, SEMRush dan lainnya.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan alamat website kompetitor anda dan kemudian tool tersebut yang anda gunakan akan menampilkan data broken link yang terdapat di website kompetitor anda.

Setelah anda mendapatkan data broken link dari website kompetitor anda, simpanlah data broken link tersebut sebagai database anda. Biasanya tool SEO Online seperti Ahrefs, SEMRush dan Moz menyediakan fitur export to CSV, sehingga anda dapat mengunduh dan menyimpannya dalam bentuk file CSV.

Telusuri Website Yang Memberikan Tautan ke Broken Link

cara mendapatkan backlink

Jika anda telah mendapatkan data broken link dari website kompetitor anda, maka sekarang adalah saatnya untuk memanfaatkannya. Gunakan backlink checker tool untuk menelusuri website apa saja yang memberikan tautan ke broken link kompetitor anda.

Dalam hal ini, sejumlah tool SEO yang disebutkan sebelumnya juga dilengkapi dengan fitur backlink checker, sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk penelusuran backlink ini. Namun anda juga dapat mempertimbangkan backlink checker tool lainnya yang tersedia di internet.

Hubungi Website Yang Mengarah Dengan Broken Link

cara mendapatkan backlink

Menghubungi pihak website yang mengarah ke broken link kompetitor anda menjadi langkah terakhir yang dapat anda lakukan. Dalam hal ini, anda harus mengirimkan email pitch (sejenis email penawaran) kepada para pengelola website yang memberikan tautan ke broken link website kompetitor anda.

Anda dapat menginformasikan bahwa website mereka telah memberikan tautan ke halaman yang rusak atau tidak lagi ada. Dalam email tersebut, tawaran juga halaman konten di website anda yang sekiranya dapat menggantikan broken link tersebut.

Jika pihak pengelola website yang anda hubungi setuju untuk mengganti tautan ke broken link sebelumnya ke halaman yang anda sarankan, maka anda akan mendapatkan backlink gratis dari website mereka.

Catatan Tambahan

Sebelum menerapkan metode link building yang satu ini, pastikan jika anda memiliki halaman konten yang dapat menggantikan posisi broken link. Jika anda belum memilikinya, pertimbangkan untuk menyediakannya terlebih dahulu.

Sekian sedikit informasi mengenai cara mendapatkan backlink memanfaatkan broken link dari website kompetitor. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Apakah anda tertarik menerapkan metode link building yang satu ini?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?

Leave a Reply

Your email address will not be published.