Creativepreneur and Career

Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnismu, Jangan Bingung Mulai Usaha Baru!

cara-mendapatkan-modal-usaha

Setelah menghabiskan beberapa purnama, akhirnya ide bisnis yang keren dan inovatif muncul juga di pikiranmu? Tapi masalah kedua, ketiga dan lain-lain pun datang menyapa, tentang apa saja langkah yang harus dilakukan, mulai dari menstok barang, membentuk tim kerja, membuat situs web untuk jualan online dan yang paling penting dari itu semua adalah gimana cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis.

Entah itu modal ratusan ribu doang atau bahkan puluhan juta, yang namanya modal usaha perlu banget dipikirkan sejak awal kamu akan membangun bisnis. Dan meski nggak mustahil untuk membangun usaha hanya dengan modal sedikit, tapi tentunya bakal lebih baik jika kita punya modal usaha dalam jumlah besar. Karena dengan begitu peluang kita untuk berinovasi dan mengembangkan bisnis lebih cepat akan semakin besar.

Nggak usah pusing-pusing mikirin caranya mencari modal usaha. Di bawah ini adalah trik untuk dapetin modal yang bisa kamu lakukan:

  1. Tabungan Pribadimu

Inilah cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha yang kamu butuhkan. Kamu bisa mengawalinya dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan bulananmu sehingga nanti bisa digunakan untuk memulai bisnis. Ada keuntungannya, lho, kalau kamu memakai tabungan pribadimu untuk modal. Kamu nggak perlu dikejar-kejar batas waktu untuk bayar hutang, padahal memikirkan cara balik modal saja sudah bikin kepala cekot-cekot.

  1. Menjual Aset Berharga

cara mendapatkan modal usaha

Sumber : zillowstatic.com

Jika kamu udah nggak sabar lagi menunggu hingga tabungan terkumpul dan cukup untuk dipakai sebagai modal usaha, kamu juga bisa menjual aset pribadimu, seperti perhiasan, kendaraan pribadi atau barang-barang berharga lainnya, lho. Dengan begitu kamu bisa segera memulai bisnis sebelum keduluan orang lain, guys. Dan kalau jumlah yang kamu kumpulkan dari penjualan aset masih kurang, kamu juga bisa nambahin modal dari tabungan yang udah kamu punya. Jadi modal usahamu semakin besar.

  1. Cari Rekan Bisnis

cara mendapatkan modal usaha

Sumber : pcdn.co

Masih terlalu berat untuk mendapatkan modal usaha yang cukup hanya dari tabungan pribadi atau hasil penjualan aset? Kenapa nggak coba cari rekan bisnis aja, guys? Kamu bisa mengajak teman atau saudara yang kamu percaya dan punya visi misi serta minat yang sama. Tapi sebelum itu, pastikan dulu kamu dan calon rekan bisnismu sudah membahas segalanya secara terperinci, mulai dari strategi bisnis, goal yang ingin kamu capai, pembagian keuntungan dan hal penting lainnya supaya nggak ada masalah nantinya.

  1. Kredit Bank

Sumber : thebalance.com

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha dalam waktu cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminjam ke bank. Bank menawarkan berbagai macam jenis kredit, baik dengan jaminan maupun tanpa anggunan, yang bisa kamu pilih, guys. Kalau nggak mau terjebak lilitan hutang dalam waktu lama, pastikan kamu mengambil kredit dengan jangka waktu yang nggak terlalu lama. Dan pahamilah seluk beluk tentang kredit bank, seperti bunga dan cicilan, agar nggak kelabakan.

  1. Pembayaran dari Konsumen

Ada beberapa jenis usaha, terutama bisnis jasa, seperti katering, bisa mendapatkan modal dari pembayaran di muka yang diberikan oleh konsumen. Barulah dari pembayaran tersebut, kamu bisa memproduksi pesanan mereka. Untuk besaran pembayaran di awal sendiri bisa kamu tentukan berapa jumlahnya, apakah full, setengah dari harga keseluruhan atau uang muka berapa pun jumlahnya. Dan nantinya keuntungan dari penjualan itu bisa kamu gunakan untuk tambahan modal lebih lanjut.

Baca Juga :   Skill yang Harus Dimiliki untuk Jadi Social Media Specialist

Well, sebenarnya ada banyak banget cara mendapatkan modal usaha. Selain dari cara di atas, kamu juga bisa meminjam dari orang terdekat, P2P lending atau mencari suntikan dana dari investor. Apa pun pilihanmu, pastikan kamu sudah mempertimbangkannya dari segala sisi, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?