GenK LIFE

Jangan Cuma Jadi Penonton, Yuk Ikuti Cara Mendapatkan Uang dari YouTube!

mendapatkan uang dari youtube

Ketika sedang jenuh kamu mungkin memilih merelaksasi pikiran dengan menonton YouTube. Kamu pun akan betah menonton puluhan video yang ada selama berjam-jam nonstop. Beberapa dari video tersebut pasti memiliki iklan yang artinya pemilik konten tersebut me-monetize akun YouTube untuk mendapatkan uang. Daripada kamu terus menyumbang uang untuk mereka, kenapa kamu tidak menggunakan YouTube untuk mengantongi pundi-pundi rejeki sendiri? Apalagi cara mendapatkan uang dari YouTube cukup mudah untuk diikuti seperti ini.

1. Syarat Mutlak Harus Punya Akun YouTube

Mendapatkan Uang dari YouTube

Sumber: howtogetrich.com

Syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan pundi-pundi rejeki dari YouTube yaitu memiliki akun YouTube. Cara membuat akun YouTube sangat mudah, hanya butuh beberapa menit saja. Jika kamu selama ini menonton YouTube tanpa mendaftar akun, kini saatnya kamu harus memiliki akun YouTube. Cukup gunakan akun email Gmail untuk mempermudah proses pendaftaran karena YouTube di bawah perusahaan Google. Langkah berikutnya yaitu melengkapi data pada akun. Itu saja? Tentu tidak. Kamu harus memiliki video yang bisa ditonton oleh para pengguna YouTube.  

2. Buat Konten yang Unik dan Kreatif

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Sumber: howtogetrich.com

Sebelum membuat video untuk diunggah di YouTube, sebaiknya kamu melakukan riset video-video konten yang ada di YouTube. Usahakan video yang kamu buat memiliki nilai keunikan yang akan menarik penonton untuk mengikuti kanalmu. Misal untuk di Indonesia belum banyak konten terkait eksperimen mengetahui bahan apa yang ada di suatu benda seperti bola basket, kamu bisa memodifikasi konten serupa. Kamu juga bisa melakukan brainstorming terkait kemampuan apa yang kamu miliki dan bisa dibagi dengan orang-orang di luar sana. Pastikan konten yang kamu buat memiliki nilai positif agar uangmu juga berkah, ya. 

3. Aktifkan YouTube Adsense dan Sumber Iklan Lainnya

menghasilkan Uang dari YouTube

Sumber: howtogetrich.com

Jika video sudah ada, langkah berikutnya yaitu mengaktifkan YouTube Adsense dengan YouTube Partner. Fitur ini ada di menu Creator Studio di akun YouTube. Kemudian pilih menu Channel lalu Status and Features. Kemudian pada bagian Monetization, ubah tandanya menjadi Enable. Kemudian ikuti langkah verifikasi dengan seksama dan masuk ke laman Adsense. Isi data lengkap untuk pendaftaran Adsense dan tunggu hingga proses verifikasi Adsense disetujui. 

Langkah ini sebetulnya sudah cukup untuk menghasilkan uang dari YouTube tapi tidak maksimal. Sebab, ada penonton yang menggunakan fitur blokir iklan yang akan berimbas pada pendapatan videomu. Maka dari itu, manfaatkan sumber iklan lain seperti video jual produk yang kamu selipkan di tengah video. Contohnya seperti konten mengulas smartphone terbaru, katakan dimana penonton bisa mendapatkan smartphone tersebut. Pelajari juga algoritma YouTube dalam mencarikan penonton untuk videomu. Gunakan SEO jika perlu agar pencarian konten semakin maksimal.

4. Patuhi Semua Guideline YouTube

Bagaimana Mendapatkan Uang dari YouTube

Sumber: howtogetrich.com

Ada aturan yang harus kamu patuhi untuk bisa lancar mendapat uang dari YouTube yaitu dengan mengikuti guideline yang berlaku. Untuk akun bisa di-monetize, YouTube mensyaratkan jumlah jam tayang dan subscriber tertentu untuk kamu bisa mengaktifkannya. Kemudian ada aturan terkait video seperti apa saja yang bisa kamu tampilkan di YouTube. Jika tidak memenuhi syarat-syarat tersebut, YouTube tidak segan untuk menariknya. Contoh video yang akan ditarik kembali oleh YouTube adalah video kekerasan, SARA, dan lainnya.

5. Promosikan Konten Video

menghasilkan uang dari video youtube

Sumber: howtogetrich.com

Cara terakhir yaitu mempromosikan konten video agar lebih banyak orang yang tahu. Kamu bisa melakukan promosi melalui akun sosmed-mu setiap kali selesai unggah video baru. Jika sudah mendapat penonton setia, penonton lain akan mudah menemukan videomu.

Perjalanan mencari rejeki dari YouTube tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu perlu perjuangan untuk terus mencari konten-konten baru dan segar. Konsisten dan disiplin juga penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan, cara mendapatkan uang dari YouTube akan jauh lebih mudah.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD