Seni Rupa & Desain

Cara Mendesain Landing Page yang Bagus, Bikin Pengunjung Tak Bisa Berpaling

cara-mendesain-landing-page

Landing page yang bagus bisa memberikan pengaruh kepada audiens. Ketika ada audiens membuka landing page tersebut maka mereka seketika ingin membeli produk kamu dan pasti membelinya. Namun, untuk membuat landing page yang bagus tersebut bukan hal mudah, serta bisa dilakukan secara instan. Kamu perlu menerapkan strategi digital dan desain visual yang tepat. Tenang saja, cara mendesain landing page bisa kamu lakukan dengan tepat, asalkan kamu mengetahui tipsnya.

1.Selalu Menerapkan Minimalisme

Selalu Menerapkan Minimalisme 1

Cara mendesain landing page adalah dengan menerapkan minimalisme (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Minimalisme berarti mengurangi elemen desain pada halaman web-mu, seperti warna, tipografi, gambar dan lain sebagainya. Cukup gunakan seminimal mungkin, seperlunya saja. Jadi, saat kamu sedang mendesain, coba cermati setiap keputusanmu. Kalau ada elemen desain yang nggak ngaruh terhadap audiens, dan takkan membuat mereka paham akan produkmu atau tak memengaruhi keinginan mereka untuk membeli, maka hilangkan saja elemen desain tersebut.

2. Terapkan Tampilan Memanjang ke Bawah

Terapkan Tampilan Memanjang ke Bawah 1

Desain memanjang lebih menarik daripada desain lebar menyamping (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Tampilan less-is-more terasa akan lebih pas kalau digunakan untuk desain minimalis. Kamu bisa membuat tampilan halaman pendek saja sehingga audiens nggak perlu scroll lagi ke bawah. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Cara mendesain landing page dengan tampilan lebih memanjang ke bawah akan membuat viewer betah memperhatikannya. Page yang lebih panjang bisa memperluas jarak antara setiap elemen sehingga terlihat melegakan, sedangkan page yang lebih pendek akan terlihat penuh dan bisa jadi berantakan. Jadi, alih-alih membuat desain landing page yang pendek dan lebar, kamu bisa buat memanjang dengan tampilan ramping sampingnya.

3. Sesuaikan dengan Kebiasaan Membaca Audiens

Cara mendesain landing page dengan menyesuaikan kebiasaan membaca pengunjung web

Sesuaikan desain landing page website dengan kebiasaan membaca audiens (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Reading pattern atau kebiasaan membaca merupakan cara pengunjung website memindai halaman web, dan tugas desainer adalah menata posisi dan spasi tulisan untuk memudahkan audiens dalam membaca. Dikarenakan sebagian besar pengunjung web suka melakukan scanning atau skimming terlebih dahulu sebelum benar-benar membaca halaman web, bahkan 79% dari mereka cuma melakukan scanning saja, kamu perlu menerapkan cara mendesain landing page dengan tulisan di web yang  nyaman dibaca secara scanning. Pisahkan teks dan grafis yang membuatnya berjarak. Hal ini akan membuat tulisan lebih nyaman dibaca dan mengarahkan pembaca untuk merespon CTA atau call-to-action.

4. Buat Desain untuk Interaksi

Buat Desain landing page untuk Interaksi 1

Ciptakan desain landing page yang menciptakan interaksi dengan audiens (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Elemen interaktif merupakan salah satu aset terbesar pada sebuah website melebihi produk cetak atau print, terutama bagi para desainer. Maka dari itu, desainer landing page bisa mengaplikasikan interaksi untuk mengajak audiens ikut berpartisipasi, daripada cuma membaca materi yang ada di web saja. Ini akan menciptakan feel yang terasa seperti bermain game, dan bukan sekadar mengunjungi landing page.

5. Gunakan Desain Sama untuk Banyak Landing Page

cara mendesain landing page untuk banyak website adalah dengan menggunakan desain sama

Cara mendesain landing page untuk banyak website adalah dengan menggunakan desain sama (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

 

Gunakan Desain Sama untuk Banyak Landing Page B 1

(Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Jika bisnismu memproduksi banyak produk dan layanan, maka kamu perlu menciptakan landing page secara terpisah untuk memudahkan konversi setiap item. Tujuannya untuk memaksimalkan penjualan setiap produk dan layananmu. Namun, bukan berarti kamu harus memakai cara mendesain landing page dengan berbagai tema dan desain. Cukup gunakan satu macam desain layout untuk setiap landing page yang kamu buat.

6. Lakukan Tes untuk Setiap Elemen Desain

Lakukan Tes untuk Setiap Elemen Desain 1

Lakukan tes untuk setiap elemen desain sebelum meluncurkannya (Sumber: 99designs-blog.imgix.net)

Meskipun kamu sudah menerapkan semua cara mendesain landing page, belum tentu landing page kamu akan memiliki tampilan seperti yang kamu harapkan. Landing page memang lebih banyak mencantumkan fakta dan data, daripada mengutamakan estetika. Kuncinya adalah target audiens kamu. Setiap audiens unik dan mereka akan merasakannya, jika landing page-mu sesuai dengan selera mereka atau nggak. Jadi, coba buat banyak desain dan tes satu per satu untuk terus melakukan perbaikan dan penyesuaian.

Demikian cara mendesain landing page yang menarik serta yang terpenting bisa mengoptimalkan konversi dan meningkatkan penjualan. Kuncinya adalah uji coba dan terus melakukan perbaikan agar landing page-mu sesuai dengan selera audiens.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?

Seni Rupa & Desain

Cara Agar Desain Terlihat Minimalis Biar Desainmu Makin Stylish

Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini