Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula

Buat bikin bisnis sendiri, kamu perlu tahu peluang usaha kamu. Makanya, cara menganalisa peluang usaha yang tepat, bisa membantu kamu. Dari sini, kamu akan tahu apa aja kekuatan yang dipunya, kelemahan bisnismu, peluang yang ada, dan ancaman yang bakal terjadi. Dengan begitu, kamu bisa merancang strategi buat penjualan, sekaligus bikin ide baru untuk usahamu. Sekarang langsung cek aja cara untuk menganalisa peluang usaha. 

Cara Menganalisa Peluang Usaha

Seperti dikutip dari situs HaloMoney.co.id berikut kiat-kiat buat menganalisa peluang usaha:

  • Mengenali Peluang dan Pesaing

Pertama, kamu perlu mengidentifikasi produk yang mau dijual. Produk ini harus unik sehingga berbeda dari produknya kompetitor. Jadi, bakal lebih menarik bagi masyarakat. Apalagi, persaingan dengan kompetitor sangat ketat. Kalau produkmu sama seperti yang lain, konsumen bakal memilih produk yang lebih murah dan udah terpercaya. Jadi, penting untuk selalu siap bikin inovasi.

Sumber Gambar : theplaidzebra.com

  • Memahami Pasar Sejelas-Jelasnya

Coba kenali karakteristik pasar dengan saksama. Ada dua poin yang bisa kamu catat. Pertama, target yang kamu tuju itu seperti apa. Kedua, apakah sekiranya mereka bakal tertarik sama produk yang mau kamu tawarkan. Selain itu, kumpulkan data pasar dari 3 tahun terakhir sampai saat ini. Dari sini, kamu bakal tahu ukuran pasar targetmu.

  • Memikirkan Modal Buat Bisnis

Modal adalah bagian terpenting dalam menganalisa peluang usaha. Jadi, sebelum kamu mulai bisnismu, pikirkan dulu dengan matang, biar dana yang kamu butuhkan udah sesuai sama semuanya. Kalau dana besar, kamu pikirkan gimana dapetin modalnya, apakah lewat pengajuan KTA atau pinjam dari website fintech. Cari berbagai alternatif buat dapetin modal usaha.

cara menganalisa peluang usaha

Sumber Gambar : pinhome.id

  • Mempersiapkan Proses Produksi

Kalau kamu mau jualan produk yang dibuat melalui proses produksi, pasti bakal memerlukan banyak peralatan yang diperlukan. Kamu akan membutuhkan alat-alat dan perlengkapan produksi, sampai tenaga kerja buat mengelolanya. Nggak gampang, loh, buat memenuhi semua kebutuhan tersebut. Pikirkan biaya buat semua peralatan produksi, karena ini penting banget.

  • Membuat Business Plan

cara menganalisa peluang usaha

Sumber Gambar : topbrand-award.com

Kalau udah tahu bisnis yang mau kamu kelola, sekarang waktunya bikin business plan. Bentuk business plan berupa pernyataan formal dan secara tertulis untuk mencapai tujuan bisnismu. Nggak sedikit pebisnis gagal karena perencanaan yang nggak matang. Tapi juga belum tentu business plan yang bagus pasti akan berhasil. Jadi yang terpenting kamu udah persiapkan dulu aja.

  • Memastikan Sumber Dana

Sumber dana juga merupakan hal yang terpenting. Kamu mau dapetin sumber dana dari mana. Apakah dari pribadi, investor, atau perbankan. Cantumkan sumber dana bisnismu sejelas-jelasnya, biar nggak terjadi kekeliruan nantinya. Misalnya, dana dari investor perlu disertai kesanggupan bisnismu dalam menghasilkan uang. 

  • Menyamakan Persepsi Para Pemegang Saham

Biasanya ada sejumlah orang terlibat dalam suatu bisnis. Untuk menyamakan persepsi, bisa dengan menggunakan business plan. Dengan begitu, nggak akan terjadi kesalahpahaman nantinya. Selain itu, dapat mengurangi risiko konflik yang bisa aja terjadi. Kalau menurut istilah jaman now, biar bisa sefrekuensi.

cara menganalisa peluang usaha

Sumber Gambar : pgi.com

Demikian cara menganalisa peluang usaha. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnismu, kamu bisa dapetin peluang, juga mengenali risiko dan hal buruk yang bisa terjadi, sehingga kamu bisa melakukan antisipasi. Nggak perlu terlalu tinggi dulu dalam bermimpi. Realistis aja.

Lakukan hal yang bisa kamu lakukan saat ini. Juga selalu bikin antisipasi buat semua kemungkinan di masa depan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer