Game & Teknologi

Cara Mengatasi 4 Penyebab Utama Shadowbanning Instagram

Shadowbanning Instagram merupakan hal yang harus kamu waspadai kalau ingin menyiasati algoritma IG dan akunmu bisa berkembang. Kenapa? Karena jika akunmu terkena shadowbanning, artinya pengguna lain nggak bakal bisa melihat postingan-mu, deh, guys.

Nah, jika ini dibiarkan, tentu akan mengganggu engagement rate dan perkembangan akun Instagram-mu. Supaya nggak terjebak mimpi buruknya para content creator, yuk, kenali lebih dalam tentang apa, sih, shadowbanning Instagram itu dan gimana cara mengatasinya:

Shadowbanning Instagram, Apa Itu?

Sumber Gambar : media.com

Merujuk dari Hubspot, shadowban merupakan langkah Instagram untuk nge-block konten yang user bagikan secara sepihak dan itu dilakukan diam-diam.

Jika akunmu terkena shadowban IG, maka apa yang kamu posting nggak akan muncul di laman explore, guys. Dan bukan cuma itu doang. Bahkan apa pun hashtag yang kamu sertakan dalam unggahan tersebut juga sama sekali nggak bakalan terbaca. So, hal ini tentunya sangat mempengaruhi engagement postingan-mu. Dan tahu nggak, guys, kalau ternyata shadowbanning itu bukan istilah resmi, lho. Bahkan pihak platform media sosial terpopuler ini menyangkal merekalah dalang di balik ini semua.

4 Sebab Postingan-mu Terkena Shadowban Instagram

Sumber Gambar : influencermarketinghub.com

Kamu Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Melanggar Persyaratan IG

Sumber Gambar : tek.id

Instagram, melalui algoritma teranyarnya, menerapkan aturan yang ketat banget terkait pembatasan penggunaan bot di platform tersebut. So, kamu patut waspada kalau selama ini demi menambah jumlah likes, followers, komentar atau hal lain semacamnya, kamu sampai pakai bot. Karena nggak butuh waktu lama bagi Instagram untuk mengetahuinya. Nah, hal inilah yang ternyata menyebabkan diberlakukannya shadowban, guys. Termasuk jika kamu pakai software untuk memposting konten secara otomatis, karena IG menganggapnya sebagai bentuk pelanggaran peraturan yang nggak cuma akan berdampak pada terjadinya shadowbanning saja, tapi bisa-bisa akun Instagram-mu diblokir.

Baca Juga :   4 VPN Windows Terbaik Untuk Private Browsing

Penyalahgunaan Penggunaan Hashtag

shadowbanning Instagram

Sumber Gambar : wixstatic.com

Ada banyak banget konten, baik foto maupun video, yang di-post di Instagram setiap harinya. Nah, untuk mengkategorikan setiap konten yang masuk, digunakanlah hashtag. Tapi sayangnya, sejumlah user menggunakan hashtag tertentu untuk konten nggak pantas. Atau ada juga yang pakai hashtag untuk konten yang nggak sesuai. Nah, ini penyebab Instagram mengambil langkah dengan mematikan hashtag tersebut agar nggak bisa diakses. So, otomatis akun-akun yang mem-posting konten dengan hashtag tersebut akan di-shadowban.

Terus-Terusan Di-Report

shadowbanning Instagram

Sumber Gambar : imore.com

Penyebab lain kenapa kamu kena shadowban Instagram adalah karena user lain terus-menerus melaporkan akunmu atau postingan-mu. Karena jika demikian, maka Instagram akan mendapat informasi yang menyatakan bahwa akunmu adalah akun spam, kasar atau berisi konten yang nggak pantas, guys.

Kamu Melanggar Batasan Harian atau Jam Instagram

shadowbanning Instagram

Sumber Gambar : discover.files

Kesalahan terakhir yang bikin kamu di-shadowban oleh Instagram adalah pelanggaran batasan aktivitas. Seperti yang kita semua tahu, Instagram punya kebijakan untuk membatasi aktivitas para penggunanya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah suatu aktivitas tertentu dilakukan oleh bot atau bukan. Yang termasuk dalam batasan aktivitas seperti, pembatasan jumlah like atau komentar yang kamu berikan setiap harinya, juga jumlah orang yang kamu follow atau unfollow.

Biasanya, sih, batasan yang diberikan oleh Instagram itu nggak lebih dari 150 likes, 60 komentar dan 60 follow atau unfollow dalam satu hari. Jika pakai bot, kamu bisa nge-like, komentar hingga nge-follow dan nge-unfollow user dalam jumlah yang cukup banyak dalam sekejap. Dan jangan anggap Instagram hanya diam saja, lho.

Itulah hal-hal yang menyebabkan kamu di-shadowban Instagram, guys. Jadi, pastikan nggak melakukan poin-poin di atas supaya nggak kena shadowbanning Instagram, ya!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!