GenK LIFE

Don’t Give Up! Simak Cara Mengatasi Perasaan Insecure Ini

cara mengatasi insecure

Nggak ada orang yang nggak merasa insecure. Setiap orang pasti memiliki perasaan dan suatu hal penyebab yang membuat dirinya merasakan insecure. Hanya saja, ada orang-orang yang bisa meresponnya dengan lebih baik atau bahkan bisa menyembunyikannya. Tentu kamu juga sesekali memiliki perasaan insecure terutama karena khawatir akan penilaian orang terhadapmu. Nggak cuma kamu. Bahkan seorang penyanyi tenar yang semakin naik daun, Lewis Capaldi, juga pernah merasakan insecure. Lewis yang kerap dibanding-bandingkan dengan Adele dan Ed Sheeran juga cenderung menyukai segala sesuatu yang dark ketika dia menciptakan lagu. Namun, Lewis mencoba mengubah mood yang murung tersebut menjadi hal yang positif.

lewis capaldi

sumber: townnews.com

Kemudian, lagu-lagunya jadi hits dan makin dikenal setelah single-nya yang berjudul Someone You Loved dirilis pada awal tahun 2019. Padahal, jika diperhatikan, Lewis berpenampilan sederhana dan mungkin berbeda dari para penyanyi dan selebriti lain yang dikenal karena paras sempurna mereka. Namun, Lewis membuktikan bahwa kerja keras itulah yang menentukan keberhasilanmu. Dari sini kita bisa melihat kalau rasa insecure pasti dialami oleh semua orang. Akan tetapi, yang penting adalah caramu mencari jalan keluar agar nggak merasakan hal seperti ini lagi. Mari kita simak pembahasan dan cara mengatasi insecure selengkapnya.

Penyebab Munculnya Perasaan Insecure 

Pada dasarnya, perasaan insecure yang muncul dalam diri seseorang disebabkan oleh hal yang sama. Hal-hal inilah yang memicu insecure:

Baca Juga :   Viral Polusi Visual, Saatnya Belajar untuk Mencintai Diri Sendiri

Kritikan yang Diterima di Masa Lalu

Biasanya yang paling sering terngiang-ngiang adalah kritikan dari orang terdekat kita. Misalnya, orang tua menyebut kita malas atau kita dibilang nggak pintar karena mendapat nilai biasa-biasa saja di kelas. Apapun itu, kritikan ini terus tersimpan di ingatan sampai kapanpun. Meskipun memudar seiring berjalannya waktu, kita nggak mungkin bisa melupakan sepenuhnya.

Pandangan Negatif terhadap Diri Sendiri

perasaan insecure

sumber: pexels.com

Ketika kamu selalu memasukkan kritikan orang lain ke dalam hati, maka kamu akan mulai mengkritik diri sendiri. Kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan merasa kamu tidak cukup baik. Kamu pun mengabaikan kenyataan bahwa dirimu sebenarnya berprestasi, cerdas dan cakep. Hal yang ada di pikiranmu adalah semua sisi burukmu dan kamu merasa kamu seperti itu.

Ingin Diakui dan Dihargai oleh Orang Lain

Saat orang lain mengakui prestasimu, itu menyenangkan! Rasanya kamu berhasil menunjukkan kelebihanmu. Namun, yang jadi masalah adalah ketika kamu merasa bergantung kepada pengakuan orang lain. Begitu sedang tak ada yang meresponmu dan memberi selamat, padahal kamu baru saja wisuda atau diterima bekerja di perusahaan besar misalnya, kamu langsung gelisah tak karuan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!