GenK LIFE

Catat! Ini 6 Cara Mengatasi Pertengkaran Tanpa Drama

cara-mengatasi-pertengkaran-dengan-teman

Berselisih dengan teman dekat bisa bikin frustasi. Beda dengan anak-anak yang nggak butuh waktu lama untuk baikan usai bertengkar dengan sahabatnya, orang dewasa membuatnya jadi terlalu rumit. Mereka nggak bisa mengekspresikan apa yang sebenarnya di dalam hati dan pikiran mereka. Bukannya selesai, masalah justru makin parah. Kalau sudah begini, mending kamu simak deh, cara mengatasi pertengkaran dengan teman berikut ini.

Pikirkan Apa yang Perlu Kamu Katakan Sekarang

mengatasi pertengkaran, pikirkan apa yang ingin dikatakan

Sumber: aconsciousrethink.com

Mulutmu harimaumu. Kata-kata punya kekuatan sangat besar untuk menggoreskan luka. Begitu keluar, kamu nggak punya jalan kembali untuk menghapus apa yang sudah kamu katakan. So, sebelum kamu bikin temanmu terluka, gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk memikirkan hal-hal apa saja yang perlu diungkapkan. Jangan buang-buang waktu, karena terkadang kesempatan nggak datang dua kali, lho. Tapi jangan terburu-buru juga, hingga kamu abai dengan perkataan dan bahasa.

Sebelum Bicara, Pikirkan Keadaan Temanmu

mengatasi pertengkaran, Sebelum Bicara, Pikirkan Keadaan Temanmu

Sumber: swncdn.com

‘Treat your friends like you do to your best pictures; place them in the best light’ (Unknown).

Cara mengatasi pertengkaran dengan teman yang berikutnya adalah dengan mempertimbangkan kondisinya. Apakah dia lelah, apakah dia sedang berada di bawah tekanan, atau  apakah dia punya masalah lain? Ngotot membicarakan masalah kalian ketika kondisinya sedang jauh dari kata baik-baik saja justru bisa berdampak buruk pada hasil obrolan.

Pikirkan juga di mana dan kapan kamu bisa berbicara dengannya dari hati ke hati. Jangan sampai karena kamu memilih tempat dan waktu yang salah, hubungan pertemanan kalian jadi makin kacau. Intinya adalah timing ya, GenK!

Bertemu, Jangan Pernah Ngobrolin Lewat Chat!

Tips berdamai, Bertemu, Jangan Pernah Ngobrolin Lewat Chat!

Sumber: parentmap.com

Well, mungkin nggak gampang buatmu untuk bertatap muka langsung dan ngobrolin semuanya. Tapi membahas soal pertengkaran kalian lewat SMS, chat, e-mail, bahkan surat, bukanlah cara yang ideal. Tulisan bisa membawa kesalahpahaman baru. So, daripada kamu memperburuk keadaan, akan lebih baik kalau kamu langsung menemuinya. Nggak peduli seberapa berat itu untukmu, bakal lebih berat lagi kalau kalian berlarut-larut dalam pertengkaran, kan?

Kendalikan Emosi, Fokus pada Teknik Pernapasan

Kendalikan Emosi, Fokus pada Teknik Pernapasan 2

Sumber: helpguide.org

Cara mengatasi pertengkaran dengan teman adalah memastikan kamu dalam kondisi pikiran tenang. Sebab, emosi bisa menghalangi kamu memulai percakapan yang sehat. Kalau kamu takut terbakar amarah ketika berbicara dengan temanmu untuk menyelesaikan masalah, nggak ada salahnya lho, mempelajari teknik pernapasan. Fokus pada pernapasan sangat efektif membantumu mengendalikan emosi, sehingga kamu bisa lebih bijaksana dalam berbicara. Selain itu, dengan terjaganya emosi ketika ngobrolin hal-hal sensitif bisa bikin segalanya mengalir lebih baik.

Tetap Realistis, Hindari Mementingkan Satu Hal

cara mengatasi pertengkaran dengan sikap realistis

Sumber: insider.com

Jangan egois dengan terlalu mementingkan satu pembicaraan. Kalau mau konflik segera berakhir dengan baik, diskusikan segalanya tanpa terkecuali. Cobalah untuk tetap fokus dan hindari atau seenggaknya minimalkan drama-dramaan dengan mengungkit-ungkit masalah lama atau bahkan membahas soal hal yang sama sekali nggak ada relevansinya dengan obrolan kalian. Dengarkan banyak, bicara sedikit. Percayalah, semua akan berakhir dengan buah manis.

Hindari Drama, Bersihkan Kabut Emosi

Hindari Drama, Bersihkan Kabut Emosi

Sumber: liveabout.com

Saat terlibat konflik, kita cenderung memosisikan diri sebagai korban yang merasakan luka dan perih lebih banyak. Kondisi yang secara nggak sadar kita ciptakan ini membuat otak dan hati kita tertutup untuk mendengarkan klarifikasi penting. Rahasia cara mengatasi pertengkaran dengan teman usai terlibat pertengkaran hebat adalah dengan membersihkan dirimu dari kabut emosi. Cobalah tenang dan lihat masalah dengan dua kacamata berbeda.

Ingat bahwa konflik adalah hal sangat wajar terjadi dalam sebuah hubungan pertemanan. Jadi, kenapa nggak coba bercermin pada masa kecilmu dahulu, ketika kamu bisa dengan mudahnya memaafkan dan meminta maaf kepada teman ketika bertengkar? Entah kamu atau dia yang salah, cobalah cara mengatasi pertengkaran seperti yang telah dijelaskan di atas agar hubungan pertemananmu nggak rusak.

GenK, cobain juga nih, kuis untuk mengetahui tipe teman seperti apa sih, kamu ini? Mungkin, dengan mengetahui caramu berteman, kamu bisa cari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah pertemanan yang sedang dihadapi!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan