Creativepreneur and Career

Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!

cara mengatur keuangan

4. Buat Rencana Investasi

Buat Rencana Investasi

sumber: pxhere.com

Berbeda dengan tabungan, investasi umumnya akan menjadi aset yang kamu miliki. Jadi jika suatu saat kamu membutuhkan uang kamu masih memiliki aset yang bisa kamu gunakan. Umumnya di era modern ini investasi juga sudah berkembang menjadi berbagai jenis berbeda dengan berbagai risiko yang ada. Jika kamu ingin berinvestasi maka pastikan untuk mengenali jenis investasi seperti apa yang bisa kamu jalankan dan pilih jenis investasi yang paling minim risiko. Kamu juga bisa mengonsultasikan mengenai investasi pada mereka yang ahli.

5. Catat Laporan Pengeluaran Bulanan

Catat Laporan Pengeluaran Bulanan

sumber: pixabay.com

Cara yang terakhir ini bertujuan untuk mengontrol apakah rancangan anggaran yang kamu siapkan sesuai dengan pengeluaran kamu, ataukah malah lebih? Kamu juga bisa menyesuaikan sektor mana yang bisa dihemat dan sektor mana yang berlebihan. Hal ini akan menjadi bagian dari evaluasi keuangan sehingga setiap bulannya kamu bisa memperbaiki pengaturan keuangan pribadi kamu dan keluarga.

Nah, sudah tau kan, cara mengatur keuangan yang baik? Sebenarnya cukup sederhana kok, asal kamu disiplin dalam melakukannya. Awalnya mungkin akan terasa sulit, namun yakinlah suatu saat nanti kamu akan merasakan sisi positif dari kedisiplinanmu dalam mengatur keuangan!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan