Game & Teknologi

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di PC Windows, Gampang dan Akurat

Biasanya, kalau kamu mau ganti foto profil di media sosial, ada ukuran tersendiri buat fotonya, kan? Jadi, kamu tidak bisa melebihi standar ukuran minimal yang sudah ditetapkan itu. Kalau fotomu berukuran besar, kamu pun jadi harus mengecilkan ukurannya. Nah, cara mengecilkan ukuran foto di PC laptop atau komputer itu gampang banget. Kamu pun bisa melakukannya sendiri bahkan tanpa Photoshop. Yuk, simak caranya!

Mengecilkan Ukuran Foto di PC Secara Offline

Kamu pun pasti senang kalau bisa mengecilkan ukuran fotomu kapan saja dan di mana saja dengan PC-mu, tanpa harus memakai koneksi internet. Caranya sederhana, yaitu kamu bisa menggunakan program Paint.

Kelebihan Paint yaitu kamu bisa membuka hampir semua jenis file, terutama yang paling umum seperti BMP, PNG, JPG, JPEG, TIFF dan GIF. Kamu pun bisa memilih cara mengecilkan foto agar hasilnya juga tidak terlihat pecah.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Di Paint, pilih menu File di pojok kiri atas layar kamu. Kemudian klik Open.

Sumber: howtogeek.com

2. Temukan dan pilih foto yang mau kamu resize, lalu klik tombol Open.

Sumber: howtogeek.com

3. Di tab Home yang ada di toolbar program Paint, klik tombol Resize.

Sumber: howtogeek.com

Nah, Paint memberikan pilihan buat kamu untuk mengecilkan ukuran foto dalam Percentage atau Pixels. Secara default, pengaturan bawaannya menggunakan Percentage, dan ini baik untuk kamu gunakan jika kamu ingin mengecilkan foto dengan cepat saja, sehingga cukup menggunakan persentase.

Namun, kalau kamu ingin yang lebih spesifik, maka kamu perlu menggantinya ke Pixels. Saat kamu mengetikkan ukuran tertentu di kolom horizontal atau vertikal, nanti Paint akan secara otomatis mempertahankan dimensi original foto kamu tersebut. Ini yang membuat fotomu tetap aman dan tidak terlihat melebar atau menyempit setelah dikecilkan ukurannya.

Akan tetapi, kamu juga bisa menghilangkan centang pada pilihan Maintain aspect ratio jika ingin mengganti ukuran horizontal dan vertikalnya dalam Percentage atau Pixels dengan lebih spesifik lagi.

Kalau sudah memasukkan angka persentase atau piksel yang kamu inginkan, klik OK.

Sumber: howtogeek.com

Jadi, kalau kamu cuma perlu mengecilkan ukuran satu foto saja sekali waktu, dan kamu malas menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Photoshop misalnya, Paint bisa menjadi pilihan yang tepat banget buat kamu.

Mengecilkan Ukuran Banyak Foto Sekaligus Secara Online

Nah, jika kamu mau mengecilkan lebih banyak foto sekaligus, kamu bisa menggunakan situs untuk resize image. Kamu tinggal mengunjungi situs BulkResizePhotos.com buat mengecilkan foto-foto kamu. 

Situs tersebut menyediakan layanan gratis yang memudahkan kamu untuk resize, mengedit, memotong dan mengompres fotomu. Prosesnya juga cepat banget karena tanpa mengunggah fotomu ke server mereka. Jadi, foto-fotomu tetap di PC-mu saja.

Berikut langkahnya:

1. Setelah membuka situsnya, klik Choose Images, lalu temukan dan pilih foto-foto yang kamu kamu kecilkan ukurannya. Kamu bisa memilih satu atau ratusan foto. Klik Open saat kamu sudah siap.

Sumber: howtogeek.com

2. Berikutnya, pada layar kamu bisa memilih cara untuk mengecilkan foto, Scale, Longest Side, Width, Height, atau Exact Size. Pilih salah satu, kemudian ketikkan ukuran yang kamu mau, lalu klik Start Resizing.

Sumber: howtogeek.com

3. Begitu fotomu sudah dikecilkan ukurannya, foto-foto tersebut tersimpan di folder Download pada PC-mu, atau folder lainnya yang sudah kamu pilih untuk menyimpan foto kamu.

Begitu saja cara mengecilkan ukuran foto di PC kamu. Kamu bisa melakukannya secara offline tanpa koneksi internet atau juga online untuk banyak foto sekaligus. Selamat mencoba! 

About author

Related posts
Game & Teknologi

7 Tips Belajar UI UX Design, Newbie Wajib Tahu

Game & Teknologi

6 Tips Mudah untuk Bikin Kid Friendly Website, Cek di Sini!

Game & Teknologi

Perbandingan Perbedaan Adobe Illustrator Vs CorelDRAW, Mana yang Lebih Unggul?

Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif