Creativepreneur and Career

10 Cara Mengembangkan Bisnis UMKM di Era Digital yang Wajib Kamu Ketahui

cara mengembangkan bisnis UMKM

Seiring dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, para pemilik UMKM udah nggak lagi bisa kalau cuma mengandalkan strategi marketing biasa. Ini saatnya kamu beralih ke platform online untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Tapi yang jadi masalahnya itu adalah mengembangkan bisnis itu bahkan lebih berat dari melupakan mantan terindah yang sudah move on. Eits, tapi tenang, GenKs, berikut kami bagikan 10 cara mengembangkan bisnis UMKM kamu di era serba digital seperti sekarang:

  1. Membangun Infrastruktur Digital

cara mengembangkan bisnis UMKM

Sumber Gambar : graphie.co.id

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mengembangkan bisnis UMKM di era serba digital, tentunya, adalah membangun infrastruktur digital, GenKs. Dengan kata lain, kamu harus dengan sejelas mungkin mendefinisikan apa tujuanmu, cara mencapai goal hingga jobdesk setiap departemen dan staf.

2. Bergabung di Marketplace

cara mengembangkan bisnis UMKM

Sumber Gambar : allwebservices.co.uk

Mendaftar di berbagai marketplace besar dan terpercaya adalah salah satu cara paling gampang yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis UMKM-mu, guys. Tapi sebelum itu, pastikan dulu kamu udah melakukan riset mengenai marketplace terbaik yang paling cocok untuk kategori produk kamu.

3. Optimalkan SEO

cara mengembangkan bisnis UMKM

Sumber Gambar : pemasaranpariwisata.com

Selanjutnya, pastikan kamu menerapkan Search Engine Optimization (SEO) agar target audiensmu tahu tentang toko onlinemu. Gunakan keyword yang tepat untuk memudahkan calon konsumen menemukan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Selain itu, pastikan tokomu punya tampilan yang oke, ya.

4. Tingkatkan Kualitas dan Kuatkan Branding

Sumber Gambar : minoamarketing.com

Elemen penting dalam pengembangan UMKM di era digital seperti sekarang ini terletak pada kualitas produk atau layanan yang kamu jual, guys. So, pastikan kamu selalu mengutamakan kualitas produk agar kualitas bisnismu terus meningkat. Dan jangan lupa tingkatkan branding agar tokomu terlihat menonjol.

5. Ciptakan Konten Berkualitas

Sumber Gambar : spreadshirtmedia.com

Nggak cuma kualitas produk dan kekuatan branding, cara mengembangkan bisnis UMKM di era digital yang perlu kamu terapkan selanjutnya adalah membuat konten berkualitas, relevan dan bermanfaat untuk menjangkau target audiens yang diinginkan. Tapi pastikan sesuaikan tipe kontenmu, lho, guys.

6. Kenali Siapa saja yang jadi Pesaingmu

Sumber Gambar : takisathanassiou.com

Poin ini nggak kalah penting dalam mengembangkan bisnis UMKM dan nggak cuma berlaku di era digital saja, GenKs. Untuk bisa bertahan di dunia bisnis, kamu harus mengenali siapa yang jadi kompetitormu. Ketahui apa kelebihan dan kekurangannya. Lalu lakukan evaluasi dan terapkan agar kamu lebih unggul.

7. Jagalah Engagement dengan Para Konsumen

Sumber Gambar : canopyhealth.com

Pelayanan dengan konsumen pada platform digital menjadi cara mengembangkan bisnis di era digital yang nggak boleh kamu abaikan, guys. Pastikan kamu memberi pengalaman menyenangkan pada setiap konsumen yang berbelanja dari tokomu. Jaga engagement dengan mereka agar bisnismu bertahan.

8. Kelola Keuangan dengan Tepat

Sumber Gambar : finance-monthly.com

Sistem keuangan yang jelas dan juga dikelola dengan baik menjadi elemen yang cukup sering dipandang sebelah mata. Kesalahan dalam pengelolaan sistem keuangan ini bisa bikin bisnis UMKM kamu nggak maju-maju dan bukan nggak mungkin gulung tikar, lho. So, pastikan catat semua transaksi, ya.

9. Otomasi untuk Efisiensi Pengelolaan Bisnis

Sumber Gambar : usdphosting.accusoft

Memposting konten atau upload produk dari koleksi terbaru hingga merapikan dokumen, menyortir, memperbarui file dan tugas otomasi lainnya memang bikin stres dan buang-buang waktu. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mengandalkan tool otomasi yang terintegrasi dengan platform toko onlinemu.

10. Lakukan Evaluasi secara Rutin

cara mengembangkan bisnis UMKM

Sumber Gambar : uptown.id

Dan setelah semua poin di atas kamu terapkan, terakhir adalah melakukan evaluasi secara rutin. Pasalnya, yang namanya dunia digital itu cepat banget berubah. Jika kamu nggak sanggup beradaptasi dengan segala perubahan dan perkembangan yang ada, hati-hati, bisnismu bisa kalah.

Gimana, GenKs, siap menerapkan tips diatas untuk mengembangkan bisnis UMKM kamu dan bersaing di era digital?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!