Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

cara menggambar mata anime

Bentuk mata anime dan manga memang punya ciri khasnya sendiri. Inilah yang membedakannya dengan gaya gambar yang lain, GenK. Di sini kami akan membagikan kepadamu seputar cara menggambar mata anime yang cepat dan mudah. Yuk kita simak tahap pembuatannya!

Kawaii~ 

Adegan seperti apa yang terbayang di benakmu ketika membaca potongan dialog tersebut? Yap, adegan seperti ini identik dengan tokoh anime yang sedang mengagumi sesuatu sampai matanya  berbinar-binar.

Berbicara soal gambar mata, anime atau manga memang punya ciri khasnya tersendiri. Bentuknya tentu akan berbeda dengan gaya gambar lainnya, karena ada exaggeration gambar yang sesuai dengan salah satu prinsip animasi.

Cara Menggambar Mata Anime 1

Cuplikan anime (sumber: giphy.com)

Kalau dilihat dari bola mata, kelopak mata, dan bulu matanya terlihat sangat mencolok ketika digambar. Ini ada teknik khususnya, GenK. Buat kamu yang penasaran, kami punya cara menggambar mata anime yang bisa menjadi panduan kamu saat membuat karya. Cekidot!

Tips Menggambar Mata Anime

Sebelum masuk ke tahap menggambar mata dengan gaya anime, kami punya beberapa tips supaya kamu lebih mudah saat proses menggambarnya, GenK. Ini sebagai bekal awal sebelum kamu mulai bertempur. Yuk kita intip sama-sama apa saja tipsnya! 😁

1. Mempelajari anatomi manusia

Sebelumnya kami sudah pernah menulis artikel tentang cara menggambar orang seluruh badan. Di sana kami menjabarkan tentang bagaimana teknik yang dilakukan untuk menggambar setiap bagian tubuh dengan mempelajari anatomi manusia. Nah, salah satunya adalah mata. 

Menggambar mata dengan gaya realis dan gaya anime tentu berbeda. Tapi kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menggambar mata secara detail. Dengan begitu, kami jadi lebih mudah ketika menggambar dengan gaya anime nantinya.

2. Mencari referensi mata anime

Cara Menggambar Mata Anime 2

Referensi mata anime (sumber: YouTube mikeymegamega)

Seperti yang kita tahu, ada beragam jenis mata yang sering kamu temukan di anime atau manga. Bentuk mata tentu akan berubah-ubah sesuai dengan karakter dan suasana hati tokoh saat itu. Perbanyaklah referensi, supaya lebih mudah juga saat membuat desain karakter nantinya. 😊

Misalnya kamu ingin membuat tokoh A yang memiliki sifat pemarah. Berarti kamu harus bisa membuat bentuk mata yang menggambarkan emosinya. 

Untuk mempelajari lebih dalam soal cara membuat desain karakter, kamu bisa membacanya di artikel kami sebelumnya, GenK.

Baca Juga :   Belajar Menggambar dengan Teknik Pointilis untuk Pemula
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.