Seni Rupa & Desain

Tutorial Cara Menggambar Mata Anime

cara menggambar mata anime

3. Belajar membuat mata yang sejajar

Tips yang berikutnya adalah dengan belajar membuat mata yang sejajar. Beberapa orang merasa kesulitan untuk membuat mata dengan posisi yang presisi, padahal ini sangat penting loh. Kalau tidak sejajar akan berdampak pada visual wajah tokoh.

Jika kamu ingin belajar membuat mata yang sejajar, gunakan garis bantu ketika kamu membuat sketsa. Garis bantu ini berfungsi tidak hanya untuk kedua mata, tetapi juga untuk memposisikan alis.

Eits, tapi garisnya jangan terlalu tebal supaya bisa dihapus yah. 🤣

Cara Menggambar Mata Anime

Akhirnya masuk ke tahap pembuatannya nih, GenK. Kami akan membagikan tahapan pembuatan dari awal sampai akhir. Yuk langsung saja kita simak langkah-langkahnya!

Step 1 – Buat outline mata

Cara Menggambar Mata Anime 3

Contoh gambar outline mata (sumber: animeoutline.com)

Cara menggambar mata anime yang pertama adalah dengan membuat outline mata. Garis ini berfungsi sebagai bentuk dasar gambar mata yang akan kamu buat nantinya. Besar kecil bentuknya tergantung ukuran sketsa wajah yang sudah kamu buat sebelumnya.

Buatlah bagian atas outline mata lebih tebal daripada yang di bawah. Gunanya untuk mempertegas dan memberikan jarak dengan kelopak mata yang akan kamu buat selanjutnya. Selain itu, perhatikan juga sudut matanya. Ukuran ketajamannya tergantung bagaimana karakter dari tokoh yang akan kamu buat.

Step 2 – Membuat iris dan pupil mata

Cara Menggambar Mata Anime 4

Contoh gambar iris dan pupil mata anime (sumber: animeoutline.com)

Buatlah lingkaran besar di dalam sketsa yang sudah kamu buat di step 1. Lingkaran ini berfungsi sebagai iris mata. Gambarlah iris dengan bentuk oval yang berdiri secara vertikal. Ini tentu akan berbeda dengan realita mata manusia pada umumnya yang digambar secara horizontal.

Kemudian beri bulatan di bagian atas atau sudut bawah mata. Bentuk bulat ini berfungsi sebagai gambaran pupil mata. Tak jarang beberapa kreator anime atau manga membuat bulatan yang banyak untuk mewakilkan ekspresi tokoh yang sedang berbinar-binar. 

Step 3 – Buat bagian atas iris menjadi lebih gelap

Contoh gambar bayangan pada mata (sumber: animeoutline.com)

Step berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat garis ke arah bagian atas mata. Garis ini berfungsi untuk menunjukkan area gelap yang nantinya akan diberi efek bayangan dan ilusi bulu mata yang terpantul di mata. Untuk warna bayangannya tidak perlu terlalu tebal, sehingga tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara iris dengan bayangan dan dengan yang tidak.

Step 4 – Tambahkan bulu mata di bagian atas outline mata

Contoh gambar bulu mata (sumber: animeoutline.com)

Cara menggambar anime yang berikutnya adalah dengan menambahkan bulu mata di bagian atas outline mata. 😉

Tempat pertama untuk menggambar bulu mata adalah di sudut luar mata. Kenapa hanya di sudut? Umumnya, bulu mata manusia tumbuh di sekitar kelopak mata, tapi ini berbeda dengan gaya anime. Tujuannya supaya mata tokoh terlihat lebih bulat menonjol. 

Selain di bagian sudut luar, kamu juga bisa menambahkan sedikit bulu mata di bagian sudut dalam (sudut yang dekat dengan hidung). Arah gambar bulu matanya juga berbeda. Misalnya kamu ingin menggambar mata kanan. Berarti bulu mata sudut luar mengarah ke kanan luar, sedangkan sudut yang di bagian dalam mengarah ke kiri.

Oh iya, kamu juga bisa menambahkan sedikit bulu mata di bagian bawah outline mata. Dijamin visualnya akan semakin ciamik, GenK! 🤤

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *