Seni Rupa & Desain

Ini Dia Tutorial Cara Menggambar Wajah Lengkap!

cara-mengambar-wajah

Step 4 – Menggambar Mata

menggambar-mata

Contoh gambar sketsa mata (Sumber: dumielauxepices.net)

Membuat gambar mata dengan gaya realistis pastinya nggak mudah. Terdapat banyak kombinasi material di dalamnya. Padahal mata menjadi salah satu subjek indah untuk digambar. Walaupun menggambar mata memiliki tantangan tersendiri, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya loh.

Di dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial membuat mata sederhana. Pertama-tama buatlah garis bantu tipis putus-putus supaya mata kanan dan mata kiri sejajar. Kemudian mulai gambar mata pertama. Buat lingkaran sesuai grid. Misalnya kamu ingin membuat mata kiri, berarti pilih grid di posisi kiri.

Tambahkan iris dan cincin di pupil mata, kemudian arsir halus bagian dalamnya.Buat garis-garis halus di kelopak mata dan bagian bawah mata agar tampak lebih realistis. Kemudian tambahkan bulu mata dengan cara menggambar garis-garis halus.

Step 5 – Menggambar Alis

menggambar-alis-wajah

Contoh gambar sketsa alis (Sumber: jitterscoffeehouse.org)

Banyak perempuan berlomba-lomba untuk membuat alis yang badai, tapi gimana ceritanya kalau menggambar alis di selembar kertas? Apakah caranya menggambarnya juga sama? Sebenarnya nggak beda jauh kok.

Caranya adalah dengan membuat garis bantu tipis putus-putus agar alis kanan dan kiri seimbang. Kemudian buat outline alis. Setelah itu isi bagian dalamnya dengan pensil 2B ke atas untuk menghasilkan garis rambut alis yang tebal. Biarkan beberapa garis rambut alis keluar dari outline agar terlihat lebih realistis dan nggak kaku.

Step 6 – Menggambar Hidung

menggambar-hidung

Contoh gambar sketsa hidung (Sumber: flicker.com)

Saatnya menggambar hidung! Balik lagi soal pola geometris, bentuk lingkaran manjur banget kalau dijadikan sebagai pola dasar saat menggambar hidung. Tarik garis ke atas untuk membuat tulang hidung. Jangan lupa berikan garis di kanan dan kiri sebagai lubang hidung. Terakhir, beri arsiran sebagai polesan akhir gambar. Gunakan kombinasi jenis pensil sedang dan lembut untuk membuat shadow yang realistis.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!