Game & Teknologi

Ini Dia Cara Menggunakan Instagram Reels di HP Berbasis Android dan iOS

Instagram Reels, saingan TikTok, hadir memberi warna baru pada platform media sosial Instagram dengan cara yang lebih menarik untuk saling berbagi video singkat. Unggul karena menawarkan integrasi tanpa batas dengan Instagram, Reels yang dirilis belum lama ini langsung jadi tren. Nah, fitur terbaru Instagram ini memungkinkan penggunanya bikin video mini dengan durasi 15 detik. Yah, nggak jauh beda lah, sama aplikasi TikTok. Untuk kamu yang sama sekali belum pernah nyobain serunya dunia TikTok, ini waktunya mencicipi Instagram Reels. Eh, tapi, gimana sih, cara menggunakan Instagram Reels di perangkat berbasis Android dan iOS? Simak penjelasannya berikut:

Ini Cara Menggunakan Instagram Reels di Ponsel Android dan iOS

Sumber Gambar : gadgetstouse.com

Mengingat fitur teranyar platform media sosial yang dimiliki Facebook ini belum lama masuk Indonesia, so, nggak heran kalau masih banyak user Instagram masih asing dengan cara menggunakannya. Kamu juga? Yuk, ikuti langkah-langkah mudah di bawah dan bergabunglah dengan 69 juta lebih pengguna Instagram yang udah lebih dulu menikmati Instagram Reels:

Rekam Video

Sumber Gambar : iphonehacks

Langkah pertama, masuklah ke aplikasi Instagram dari perangkat Android atau iOS-mu. Lalu ketuk Camera icon yang terletak di sudut kiri atas layar. Kalau sudah, kamu tinggal ketuk opsi Get Started, deh, guys. Kemudian, kamu akan mendapati tiga opsi di bagian bawah. Ada Live, Story dan Reels. Pastinya ketuk pada opsi Reels, dong. Sebelum mulai, ada satu hal yang harus kamu pastikan dulu, nih, guys. Yaitu panjang keseluruhan klip adalah 15 detik. Nah, jika sudah siap, baru, deh, kamu bisa menekan ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam. Kalau selesai, tekan tombol yang sama untuk mengakhiri rekaman.

Tambahkan Musik

Sumber Gambar : influo.com

Jangan lupa tambahin musik untuk bikin Instagram Reels kamu terlihat menarik, guys. Untuk menambahkan musik, kamu bisa mengetuk Music icon di sebelah kiri dan carilah musik yang kamu inginkan. Di sini ada dua tab, yakni For You dan juga Browse. Pada tab For You, kamu bisa nemuin lagu-lagu sesuai seleramu. Sedangkan di bagian Browse menawarkan lagu-lagu dari genre yang berbeda.

Baca Juga :   10 Situs Baca Komik Resmi Gratis dan Berbayar

Yang menarik dari fitur Instagram Reels adalah, kamu bisa melihat lirik lagu pilihan di layar, lalu memilih bagian mana saja dari lagu tersebut, untuk ditampilkan di postingan. Kamu juga bisa menyimpannya untuk suatu waktu saat kamu ingin bikin video lipsync.

Atur Kecepatan

cara menggunakan Instagram Reels

Sumber Gambar : craftindustryalliance.org

Dalam cara menggunakan Instagram Reels, kamu juga bisa mengatur kecepatan rekaman, lho. Gimana? Gampang banget, kok, guys. Cukup gunakan ikon panah kanan yang terlihat mirip tombol Play. Ada 5 pilihan gerakan, yakni 3X dan 5X gerakan lambat, 2X dan 3X gerakan cepat dan 1X gerakan default.

Tambahin Filter

cara menggunakan Instagram Reels

Sumber Gambar : about.fb.com

Ada juga efek-efek yang bisa kamu pilih untuk menciptaan klip Reels yang keren. Caranya, cukup dengan menekan tombol Smiley, lalu geser ke arah kanan pada lingkaran putih besar. Dan kamu bisa mengakses semua efek yang disediakan oleh Instagram, deh, guys.

Atur Timer

cara menggunakan Instagram Reels

Sumber Gambar : gadgets360cdn.com

User juga bisa mengatur timer di Instagram Reels, jadi kamu bisa melakukan persiapan sempurna sebelum sesi rekaman atau pemotretan dimulai. Untuk mengatur timer, kamu tinggal mengetuk Timer icon yang terletak di sebelah kiri dan atur durasi klip yang kamu inginkan, mulai dari 0,1 sampai 15 detik. Jika sudah, ketuk Set Timer. Saat kamu mulai merekam video, timer akan muncul di layar ponselmu.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan Instagram Reels dengan smartphone Android atau iOS kamu, guys. Sudah siap menunjukkan pada dunia per-Instagram-an seberapa kreatifnya dirimu, belum, nih?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!

Game & Teknologi

Gak Perlu Ribet, Ini Aplikasi Pembuat Sticker WhatsApp