GenK LIFE

Cara Menghadapi Toxic Family Tanpa Perlu Ikut Bersikap Menyebalkan

toxic family

Pasti ada saja toxic family member alias anggota keluarga yang toxic di dalam lingkup persaudaraanmu. Jika bukan di dalam keluarga kecilmu, biasanya ada anggota keluarga besarmu yang seperti ini, di mana sikap mereka selalu membuatmu merasa tidak nyaman. Saat berhadapan dengan mereka, mungkin kamu seolah merasa tersudut. Seakan-akan kamu tidak punya banyak pilihan.

Kamu bisa saja merasa frustrasi, kabur dan lari, serta jadi marah dan mengomeli siapa saja yang sedang berada di dekatmu. Namun, yang lebih tidak asyik lagi, kamu jadi ikut-ikutan bersikap menyebalkan seperti saudara yang toxic tersebut. Tidak mungkin kamu mau terbawa suasana, hingga ikut berubah jadi orang yang toxic, kan? Maka, kendalikan dirimu dan lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghadapi toxic family di kemudian hari.

Selalu mempersiapkan diri sebelum bertemu keluarga yang toxic

persiapkan diri menghadapi toxic family

sumber: pexels.com

Kapan saja kamu akan bertemu mereka, jangan berpikir kalau mereka telah berubah. Jadi, saat kamu akan melakukan interaksi dengan mereka kapanpun itu, ingat baik-baik seperti apa kepribadian orang tersebut. Kamu tidak akan kaget saat harus berinteraksi dengan saudaramu ini. Sebab, yang namanya saudara jauh itu jarang bertemu, mungkin hanya saat merayakan hari besar, akhir tahun atau ketika ada reuni keluarga. Setelah terakhir kali bertemu mereka berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun yang lalu, sangat mungkin kamu lupa akan kepribadian mereka. Jadi, kalau kamu sadar akan ada momen yang mempertemukanmu lagi dengan mereka, ingat bagaimana kepribadian orang tersebut. Ini akan membantumu dalam bersikap serta memberikan reaksi yang pantas, tidak berlebihan dan juga tak terlalu kaget nanti.

Mengurangi komunikasi dengan mereka hingga seminimal mungkin

komunikasi

sumber: pexels.com

Tidak ada gunanya kamu menghabiskan waktu dengan anggota keluarga yang hanya akan membuatmu down. Daripada begitu, kamu lebih baik menghadapi toxic family member ini dengan cara membatasi waktumu ketika bertemu dengan mereka. Jadi, kamu tidak terjebak di dalam situasi yang tidak nyaman bersama orang tersebut. Kalau kamu mau tidak mau harus menghabiskan liburan bersama mereka, maka jangan habiskan waktumu hanya berdua dengan saudaramu tersebut. Nikmati juga waktumu dengan anggota keluarga lainnya. Kalau khawatir tiba-tiba bertemu mereka saat kamu sedang mengunjungi anggota keluarga yang lain, coba ganti tempat pertemuan kalian. Kamu juga tak perlu mengangkat telepon atau membalas chat orang tersebut. Pada akhirnya, mereka akan paham sendiri tentang situasinya. Kemudian, jika mereka akhirnya mengomel karena kamu menjauhi mereka, waktunya kamu jelaskan kondisinya dengan bicara baik-baik.

Baca Juga :   Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

Simpan hal pribadi tentangmu sendiri, tak perlu diceritakan

simpan rahasi dari toxic family

sumber: pexels.com

Sangat mudah bagimu untuk bercerita tentang kehidupanmu kepada anggota keluarga yang toxic – secara tidak sengaja. Sebab, kamu benar-benar lupa bahwa mereka bisa menggunakan informasi ini untuk menyerangmu sewaktu-waktu. Kamu tidak tahu itu. Hanya karena pada saat kamu bertemu dengannya kali ini, dia terlihat sedang dalam mood yang baik, bukan berarti dia punya hak untuk memaksamu bercerita tentang kehidupan pribadimu. Makanya, miliki kendali yang baik atas dirimu, berpikirlah dengan tenang saat bercerita. Soalnya, siapa tahu? Sikapnya yang baik saat ini tahu-tahu berubah entah kapan dan bagaimana, dan kamu tiba-tiba sudah menerima cercaannya, lalu anggota keluarga yang lain ikut-ikutan menudingmu padahal mereka tidak tahu apa-apa. Jangan sampai begini, ya.

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Kamu Ngerasa Ragu Dengan Prinsip Hidupmu? Coba Pahami Hal Ini!

GenK LIFE

Punya Rambut Ikal? Ini Dia Tips Untuk Menggunakan Pomade Yang Cocok Untuk Rambutmu!