Fotografi

Jadi Masalah di Dunia Fotografi, Ini Cara Menghilangkan Noise pada Foto

menghilangkan noise pada foto

Noise adalah satu masalah terbesar yang kerap menghantui dalam dunia fotografi digital. Kalau kamu mendapati bintik-bintik di area luas dengan warna seragam, seperti langit, nah, itulah contoh noise yang paling sering terlihat. Kadang itu adalah efek yang memang  sengaja ditampilkan di foto-foto tertentu. Tapi, di banyak kasus, noise adalah hal yang sangat nggak diinginkan. Kabar buruknya, nggak ada solusi terbaik untuk mengatasi kemunculannya. Eits, tapi jangan berkecil hati dulu, karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noise pada foto -meski tidak menghilangkan seutuhnya- jepretanmu.

1. Selalu Pilih Foto RAW untuk Kurangi Noise

cara menghilangkan noise foto

sumber: newatlas.com

Ada begitu banyak detail yang bisa direkam dalam raw file atau file mentah ketimbang gambar jpeg. Itulah sebabnya dengan mengambil gambar mentah akan membantumu mendapatkan kualitas gambar terbaik. Cara ini juga memberimu banyak peluang untuk menghilangkan noise pada foto ketika memproses gambar. Nggak seperti saat pengambilan gambar jpeg, di mana dengan pengaturan yang sama, low light dan high ISO, bakal menampilkan penampakan tak diinginkan yang nggak bisa dihapus lantaran file sudah dikompresi.

2. Manfaatkan Fitur Noise Reduction di Kamera

mengurangi noise foto

sumber: bigcommerce.com

Sebagian besar kamera DSLR dilengkapi fitur noise reduction yang bisa kamu manfaatkan untuk meminimalisir noise pada hasil foto.  Tapi ada kelemahan dari penggunaan fitur yang satu ini, yakni saat waktu memproses gambar menjadi lebih lama. Masalah lainnya adalah mungkin saja kamu kehilangan detail yang lebih halus saat pemotretan. Fitur ini bisa bekerja dengan baik untuk bidikan eksposur pendek. Tapi untuk fotografi langit malam dan bidikan eksposur panjang lain atau merekam video time lapse dan pengambilan gambar jejak bintang sangat nggak disarankan.

3. Jika Memungkinkan, Kurangi Shutter Speed

fitur shutter speed

sumber: instructables.com

Trik mengurangi shutter speed ini meminimalisir kemungkinan sinyal yang nggak kamu inginkan tercampur dengan sinyal yang sangat ingin kamu tangkap. Tapi pastikan kamu menggunakan shutter rendah jika situasinya memungkinkan. Karena untuk long exposure photography jelas-jelas shutter terbuka dengan jangka waktu yang lebih panjang adalah solusi paling tepat demi mendapatkan gambar paling menakjubkan. Jadi jangan ragu melakukan eksperimen-eksperimen dengan kombinasi pengaturan untuk mendapatkan hasil gambar terbaik dan meminimalisir noise.

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!