GenK LIFE

5 Cara Terkini Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona 

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Tidak hanya menjaga, tetapi meningkatkan daya tahan tubuh juga penting loh. Apalagi di musim sakit seperti sekarang ini, sistem imunitas atau daya tahan tubuh memegang peran penting dalam menjaga kesehatanmu. Maka dari itu, kamu harus menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit, terutama terhindar dari penularan virus Corona yang semakin hari semakin tinggi jumlah penderitanya.

Sebenarnya ada berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Semuanya bisa langsung kamu praktikkan tanpa perlu repot. Nah, buat kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, berikut kami bagikan cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk disimak sama-sama!

1. Makan Sayur dan Buah

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Sayur dan buah (sumber: pexels.com)

Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak doyan makan sayur dan buah. Namun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah sakit loh. Di dalam sayur dan buah terdapat kandungan vitamin dan mineral yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Selain bikin kamu sehat, makan sayur dan buah bisa bikin kamu bahagia dan mengontrol mood sehari-hari.

2. Olahraga Rutin

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga (sumber: pexels.com)

Sekarang coba kamu hitung, berapa kali kamu olahraga dalam satu minggu? Apakah setiap akhir pekan? Atau mungkin tidak pernah sama sekali? Mulai sekarang coba ubah kebiasaan tersebut. Olahraga rutin merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang manjur. Kamu tidak perlu datang ke tempat gym atau membeli peralatan mahal untuk olahraga di rumah. Ada beberapa jenis olahraga simpel tanpa perlu keluar biaya. Contohnya seperti senam aerobik dengan panduan instruktur yang bisa kamu tonton di YouTube.

3. Istirahat yang Cukup

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Jam tidur (sumber: pexels.com)

Kerja, kerja, dan kerja. Kalau terus-terusan diforsir, tubuhmu jadi lelah dan rentan terkena penyakit. Demi menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya sisihkan waktu yang ideal untuk istirahat. Pastikan setiap hari tubuhmu mendapat kesempatan istirahat yang cukup. Jam tidur adalah yang paling penting, karena tubuh manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur setiap harinya. Apabila ternyata pekerjaanmu sangat menumpuk dan membuatmu terpaksa begadang, kamu dapat menerapkan teknik pomodoro yang informasi selengkapnya pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

4. Kurangi Stres Berlebih

Ilustrasi mengalami stres (sumber: pexels.com)

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang berikutnya yakni dengan mengurangi stres berlebih. Padatnya rutinitas sehari-hari tak jarang memicu stres. Misalnya seperti burnout dan overthinking dalam menyelesaikan pekerjaan. Mulai sekarang hindari penyebab stres tersebut, karena sistem imun akan bekerja maksimal jika tubuh dan pikiranmu dalam keadaan rileks. Ada banyak cara menghilangkan stres, seperti makan coklat, meditasi, main dengan hewan peliharaan, atau pergi ke terapis untuk mendapatkan tindakan secara profesional.

5. Mengonsumsi Suplemen

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi vitamin (sumber: pexels.com)

Kalau poin-poin di atas sudah mengajakmu untuk hidup sehat, di poin ini kami menyarankan kamu mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah tingginya angka penyebaran virus Corona. Suplemen bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuhmu guna melengkapi pola makan sehari-hari yang mungkin kurang bernutrisi. Semakin lengkap vitamin yang ada di dalam tubuh, maka semakin prima juga sistem kekebalan tubuhmu.

Nah, itu dia cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat kamu terapkan sehari-hari. Dengan begitu, tubuhmu akan terhindar dari bahaya penyakit, terutama dalam memerangi virus Corona. Yuk mulai dari diri sendiri, lalu ajak teman-teman dan keluarga untuk menerapkan pola hidup sehat.

About author

Related posts
GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa