GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

cara meningkatkan fokus

4. Membuat Goals Sederhana 

cara meningkatkan fokus

Membuat goals (sumber: blog.cicil.co.id)

Memiliki goals yang besar sangatlah bagus, karena setiap orang harus memiliki visi yang lebih besar untuk mencapai goals yang sudah mereka tentukan sejak awal. Misalnya kamu punya goals untuk 5 tahun ke depan. Menjaga konsistensi diri bukanlah tugas yang mudah, apalagi nantinya kamu akan melewati rintangan-rintangan kecil selama mencapai goals tersebut. 

Alih-alih berfokus pada goals besar yang diperuntukkan untuk jangka panjang, mulai sekarang cobalah untuk membuat goals sederhana. Dengan hanya berfokus pada hal kecil, kamu jadi lebih mudah untuk mengatur diri agar tujuanmu dapat tercapai. Tanpa sadar, kamu akan menyemangati diri untuk terus berhasil mewujudkannya.

5. Eliminasi Hal-Hal yang Mengganggu

Airplane mode (sumber: inet.detik.com)

Mengeliminasi hal-hal yang mengganggu pekerjaanmu bisa menjadi salah satu cara meningkatkan fokus saat bekerja. Jika di layar ponselmu terus-terusan muncul pop-up notifikasi pesan dari WhatsApp atau Facebook, pikirkan apakah pesan tersebut penting atau hanya mengganggu konsentrasimu saat bekerja. 

Mulai sekarang kamu perlu menyingkirkan semua gangguan yang tidak berguna. Caranya bisa dengan mengaktifkan airplane mode, mematikan semua notifikasi, mengubah dering ponsel jadi silent, atau mengunduh aplikasi untuk meningkatkan fokus yang dapat kamu lihat daftarnya di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya. Kemudian rasakan perubahan positif setelah kamu menerapkannya.

6. Menyelami Diri lewat Meditasi

cara meningkatkan fokus

Melakukan meditasi (sumber: unsplash.com)

Meditasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghubungkan pikiran dengan tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara meningkatkan fokus saat bekerja, melepas stres, dan memperoleh tubuh yang bugar. Kegiatan meditasi menciptakan pikiran yang kosong tapi dengan kesadaran yang penuh. Dengan begitu kamu jadi lebih mudah berkonsentrasi deh. Perasaan tenang, bahagia, dan pikiran yang jernih bakal kamu dapatkan setelah melakukan meditasi.

Ada beberapa jenis meditasi yang dapat kamu lakukan, salah satunya yakni mindfulness meditation. Buat kamu yang belum tahu, mindfulness meditation adalah meditasi yang berguna untuk membuat tubuh menjadi sadar pada pikiran dan emosi diri sendiri. Tujuannya untuk memfokuskan perhatian secara penuh pada pikiran dan energi yang ada di dalam tubuh. Tidak tanggung-tanggung, jenis meditasi yang satu ini mampu menyembuhkan gangguan jasmani maupun spiritual loh, seperti stres dan depresi.

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan