Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Strategi Online Marketing

cara-meningkatkan-penjualan-online

Apa sih, yang kamu cari dengan mendirikan bisnis? Tentunya keuntungan yang didapat dari jumlah penjualan, kan, guys? Penjual mana yang nggak pingin barang dagangannya laku diburu pembeli. Karena emang penjualan adalah kunci jika kamu mau mempertahankan bisnis yang kamu dirikan. Nah, untuk kamu yang sekarang ini masih berjubaku dengan perjuangan untuk menghasilkan penjualan, apalagi menambah angkanya, terutama untuk kamu para pemilik bisnis online pemula, berikut ini adalah cara meningkatkan penjualan online yang wajib diketahui:

Dapatkan Kepercayaan Pelanggan

meningkatkan penjualan online

Sumber Gambar : forbes.com

Tahukah kamu jika kepercayaan adalah modal utama dalam pertumbuhan bisnis? Ya, karena berkat kepercayaan customer kepada merek itulah yang akan mempengaruhi mereka untuk membeli suatu produk dari brand tertentu. So, sebagai pemilik bisnis, kamu nggak boleh asal-asalan saat menjanjikan sesuatu pada pelanggan. Pastikanlah kamu bisa memenuhi semua janji yang kamu tawarkan agar mereka nggak pindah ke lain hati dan membeli produk dari pebisnis sainganmu.

Sebagai contoh, jika kamu adalah pemilik brand e-commerce yang menawarkan cashback dengan syarat belanja dalam jumlah tertentu. Jadi, pastikan kamu memberikan apa yang sudah kamu janjikan kepada pelangganmu. Karena, sekali kamu ingkar, maka ingatlah, hal itu akan menjatuhkan citra merekmu.

Bikin Headline yang Menggambarkan Target Kebutuhan Pelanggan

meningkatkan penjualan online

Sumber Gambar : eannovate.com

Entah apakah itu judul untuk blog atau nama produkmu, semuanya harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Agar bisa membuat headline yang paling sesuai, caranya, kamu harus betul-betul memahami tentang siapa target audiensmu.

Semakin bagus headline produkmu, maka peluangmu untuk mendapatkan audiens akan semakin besar, guys. Dan pastikan judul tersebut ditulis agar dapat menjelaskan secara spesifik tentang produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga :   Manajemen Aset From A to Z, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Contohnya, bisa kamu lihat dari brand sepatu Nike yang menggunakan slogan ‘The Shoes work if you do!’ pada salah satu seri sepatu yang mereka luncurkan. Nah, membaca atau mendengar headline Nike ini memacu audiens untuk semangat berolahraga dan kemudian pada titik tertentu akan membeli sepatu keluaran Nike.

Personalized CTA

Sumber Gambar : googleapis.com

CTA atau Call to Action yang tersedia di homepage-mu bisa jadi merupakan salah satu elemen terpenting dalam cara meningkatkan penjualan online kamu. Ini adalah langkah awal yang akan mengarahkan audiens untu mengambil tindakan selanjutnya.

Tombol seperti ‘Beli Sekarang’, ‘Dapatkan Sekarang’ atau ‘Tambahkan ke Keranjang’ yang bisa kamu temukan di berbagai situs e-commerce terkenal adalah contoh CTA terbaik yang bisa kamu tiru.

Menciptakan Buyer Persona

Sumber Gambar : rakacreative.com

Gimana sih, buyer persona yang ideal? Well, sebuah buyer persona bertugas untuk mengidentifikas target konsumen berdasarkan berbagai aspek. Mulai dari demografi, hal-hal yang disukai atau dibenci dan aspek lainnya. Semakin mendetail buyer persona-mu, maka kamu memiliki kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pembeli dengan lebih baik lagi, guys.

Dan semakin baik kamu memahami kebutuhan target, kamu nggak bakalan deh, menemui kesulitan untuk melayani mereka.

So, gimana, nih, guys, apa kamu sudah membuat buyer persona untuk bisnismu? Kalau belum, artinya kamu harus siap-siap kehilangan pelanggan yang sangat berharga, lho. Karena nggak cuma perusahaan raksasa yang punya ribuan produk dan layanan untuk dijual saja yang harus menyusun buyer persona-nya, pemilik bisnis kecil juga wajib melakukannya kalau ingin menjangkau pasar dengan lebih baik.

 

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online yang harus kamu ketahui. Sudah siap melihat peningkatan angka penjualan hari ini?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran