Creativepreneur and Career

Ini Dia Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

cara meningkatkan percaya diri saat presentasi

3. Komunikasi Dua Arah Itu Penting Banget

cara meningkatkan percaya diri 4

Ilustrasi latihan berbicara di depan umum (sumber: pexels.com)

Audiens pasti akan mudah bosan kalau kamu terus-terusan bermonolog saat menyampaikan materi. Coba deh belajar untuk membuat percakapan-percakapan sederhana untuk diselipkan saat presentasi nantinya. Tidak mesti sok asik, yang penting suasana tidak kaku.

Misalnya kamu akan menyampaikan materi tentang film horor. Sebelum benar-benar masuk ke pembahasan, coba selipkan kalimat pertanyaan yang santai. Contohnya: “Apa kamu penggemar film horor?”, “Apa film horor favoritmu?”, “Apa yang membuatmu ketagihan nonton film horor?”. Usahakan tetap membuat suasana hangat dan kondusif. Jangan sampai audiens mengantuk dan konsentrasinya malah buyar. Itu akan menjadi pemicu yang membuatmu tidak percaya diri saat presentasi di depan umum.  

4. Ubah Mindset Kamu

Ilustrasi merubah mindset (sumber: pexels.com)

Nah, buat kamu yang suka berpikir kalau presentasi itu hal yang menyeramkan, sekarang saatnya mengubah mindset kamu. Kalau dulu kamu berpikir kalau presentasi adalah bagian dari ujian dan kamu sedang diuji oleh puluhan bahkan ratusan audiens, sekarang pola pikirnya harus dibalik. Coba kamu perhatikan seorang dosen yang sedang menyampaikan materi perkuliahan atau perhatikan seorang pembicara di seminar. Mereka tampak tenang dan berwibawa bukan?

Pembawaan yang percaya diri membuat kamu percaya dengan apa yang disampaikan oleh dosen atau pembicara seminar tersebut. Sekarang coba kamu terapkan pada diri kamu sendiri. Pikirkanlah kalau presentasi ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk memberikan informasi baru dan berharga untuk para audiens. Bayangkan kalau mereka sangat membutuhkan kamu. Pasti kamu lebih percaya diri. Kalau kamunya saja sudah percaya diri, maka audiens juga tentu akan mengapresiasi presentasimu. Karena mereka percaya denganmu.  

5. Saatnya Latihan

cara meningkatkan percaya diri 6

Ilustrasi latihan presentasi di depan kaca (sumber: pexels.com)

Setelah mengetahui cara meningkatkan percaya diri saat presentasi, kamu perlu menggabungkannya ke dalam proses latihan. Selain itu, dengan latihan, kamu dapat menata apa yang ingin kamu sampaikan di hari presentasi yang sesungguhnya. Kamu juga jadi semakin mengenal isi materimu. Kalau ada yang kurang tinggal dibetulkan deh. Mumpung masih latihan.

Pokoknya sisihkan waktu untuk latihan walau hanya sebentar. Berdirilah di depan kaca, lalu berbicaralah dengan lantang. Akan lebih bagus lagi kalau kamu latihan di lokasi yang sama persis saat kamu presentasi nantinya. Itu pun kalau memungkinkan ya. Tujuannya untuk mencuri start supaya sudah beradaptasi dan terbiasa dengan lingkungan serta atmosfer ruangan.  

6. Dengarkan Lagu Bertempo Lambat

Ilustrasi mendengarkan musik (sumber: pexels.com)

Kamu punya lagu favorit bertempo lambat? Lagu tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan percaya diri saat presentasi. Tanpa kamu sadari, lagu dengan tempo lambat juga akan mempengaruhi detak jantungmu loh. Bisa banget dicoba kalau kamu suka mendadak grogi dan kalut sebelum presentasi dimulai. Bersamaan dengan alunan nadanya yang santai, atur napasmu secara perlahan. Tarik napas dan buang napas. Pikirkan kalau semua akan berjalan dengan lancar dan semuanya akan baik-baik saja. Semangat!  

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Leave a Reply

Your email address will not be published.