Creativepreneur and Career

Cara menjadi Content Creator Sukses dengan 9 Langkah Mudah Ini

Cara menjadi content Creator

Pekerjaan sebagai content creator saat ini semakin digemari karena pendapatan bulanannya dianggap cukup menjanjikan dan waktu kerjanya sangat fleksibel. Tapi cara menjadi content creator itu nggak gampang, lho, GenKs. Kamu harus bisa membuat bermacam-macam jenis konten. Nggak cuma tulisan, tapi juga foto hingga video, guys. Jika kamu tertarik menggeluti bidang kreatif yang satu ini, yuk, simak cara menjadi content creator yang kami rangkum berikut ini:

  1. Pelajari Audiens-mu

Sumber Gambar : beiersdorf.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam panduan menjadi content creator adalah mengenali perilaku audiens luar dalam sebaik mungkin. Teliti apa keinginan dan kebutuhan mereka yang belum kamu penuhi. Kamu bisa mengelompokkan audiens-mu berdasarkan usia, gender, lokasi, profesi, anggota keluarga hingga penghasilan. Dengan begitu penilaianmu akan lebih mudah dan juga terorganisir.

2. Belajar Gimana Caranya Bikin Konten Berkualitas

Sumber Gambar : medium.com

Untuk menjadi seorang content creator yang benar-benar andal, kamu harus bisa membuat berbagai jenis konten dengan kualitas terbaik, guys. Hmm, emangnya seperti apa, sih, konten berkualitas itu?

Konten yang bagus dan berkualitas, menurut Google, adalah konten yang bisa memberikan informasi mendetail tanpa terlihat bertele-tele. Selain itu, penggunaan tata bahasa juga harus diperhatikan. Jadi, audiens-mu akan merasa nyaman ketika membaca, mendengar atau menonton konten buatanmu.

3. Selalu Update!

Sumber Gambar : bcelearn.co.uk

Jangan harap bisa menjadi content creator kalau kamu nggak bisa selalu update tentang segala macam hal dan topik yang sedang tren di industri. Seorang content creator juga dituntut punya wawasan luas. Oleh sebab itu, pastikan kamu meng-update terus berita-berita dan info-info terkini yang berkaitan dengan industri kamu. Ikuti setiap perkembangan yang ada. Jangan sampai kamu ketinggalan hal yang lagi viral.

4. Rutinlah Menulis

Sumber Gambar : velsoft.com

‘Practice makes the master’. Tentu kita udah nggak asing lagi dengan peribahasa satu ini, kan, guys? Dan memang benar, untuk bisa menjadi orang yang sukses di bidang tertentu, kita harus banyak-banyak berlatih. Demikian juga kalau kamu ingin jadi seorang content creator atau content creative pro.

Konsistensi dalam mengembangkan kualitas tulisanmu adalah kunci. Rajin-rajinlah menulis untuk meningkatkan skill menulismu sehingga kamu semakin mahir menciptakan konten tulisan dan menemukan ide-ide kreatif lainnya.

5. Gunakan Keyword dan SEO yang Sesuai

Sumber Gambar : medium.com

Nggak cuma skill menulis, bikin konten video dan menjadi dubber, seorang content creator juga dituntut untuk memahami ilmu tentang SEO dasar. Semakin bagus manajemen SEO-mu, maka peluang kontenmu ditemukan di mesin pencari Google akan lebih besar. So, kamu bakalan dikenal lebih luas dan yang paling penting bisa dapetin pemasukan dari Google.

6. Memahami KPI

Sumber Gambar : invoicetracker.com

Kenyataan pedas yang perlu kamu ketahui sebelum jadi content creator adalah, nggak cukup dengan memposting konten secara online. Karena kalau konten-kontenmu nggak dilihat atau dibaca orang lain, artinya yang kamu lakukan sia-sia.

Di sinilah Key Performance Indicators (KPI) berperan, guys. KPI sendiri meliputi social media traffic, organic traffic, direct traffic atau submission. Kamu bisa mengukur sebagus apa konten yang kamu posting dengan fokus pada KPI. Jadi, setelah itu kalau ada kekurangan pada konten tersebut kamu bisa mencari strategi seperti apa yang bisa membantu mengoptimalkannya, guys.

7. Kolaborasi dengan Content Creator Lainnya

Cara menjadi content Creator

Sumber Gambar : meetveracity.com

Orang-orang yang sukses nggak berdiri sendiri. Mereka membangun network dengan para profesional lainnya agar bisa belajar hal baru dan berdiskusi tentang strategi terkini. Terlalu berbangga diri karena merasa sudah berada di puncak adalah kesalahan.

So, jangan pernah ragu untuk membangun jaringan dengan content creator lainnya, GenKs. Ajak mereka untuk berkolaborasi dan lihat apa dampak positif yang akan kamu dapatkan.

8. Tingkatkan Skill dengan Ikut Komunitas atau Kursus Online

Cara menjadi content Creator

Sumber Gambar : englishlive.ef.com

Ikuti kursus online atau bergabung di komunitas content creator di kotamu juga bisa membantumu berkembang. Untuk menjadi content creator yang sukses, kamu butuh lebih dari sekedar passion, tapi juga sosok panutan yang dapat mengajari, menginspirasi dan mendorongmu agar bisa berpikir kreatif.

9. Dengarkan Kritik dan Saran untuk Kemajuanmu

Cara menjadi content Creator

Sumber Gambar : welltok.com

Terakhir, jangan berpuas hati dengan pencapaianmu saat ini. Mintalah pendapat orang lain tentang konten buatanmu. Dengarkan kritik dan saran mereka agar kamu bisa membuat konten yang lebih baik lagi ke depannya.

Itulah cara menjadi content creator jika kamu tertarik menyelami bidang ini. Yuk, buktikan dirimu juga mampu bersaing dengan content creator lainnya!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian

Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani