Creativepreneur and Career

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

cara menjadi komikus

Cara Menjadi Storyboard Artist

Untuk memiliki profesi seperti ini, kamu mesti lihai dan kreatif saat menjelaskan sebuah cerita lewat gambar. Selain itu kamu juga mesti paham soal type of shot, karena nantinya kamu akan terus-terusan memvisualisasikan setiap adegan dari scene pertama sampai cerita tamat. Misalnya kamu membuat gambar medium close-up (MCU), maka posisi tokoh pun juga harus sesuai dengan aturan MCU.

3. Animator

cara menjadi komikus

Ilustrasi membuat animasi digital (sumber: lectureinprogress.com)

Sekarang kita pindah ke gambar tiga dimensi. Animator adalah orang yang membuat animasi, mulai dari gambar sampai proses menggerakkan gambar dengan teknik manual maupun digital. Gambar dua dimensi yang sudah dibuat per frame, kemudian diberi ilusi seolah-olah bergerak. Ada animasi dua dimensi, tiga dimensi, dan gabungan keduanya.

Kalau kamu penasaran prospek pekerjaan animator, kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti video YouTube, film, game dan televisi. Sama halnya dengan ilustrator, seorang animator juga harus punya ciri khas. Seperti cara penggunaan slow in dan slow out, staging, timing, dan exaggeration.

Cara Menjadi Animator

Pertama-tama kamu mesti paham jenis-jenis animasi, yaitu ada yang 2D dan 3D. Kemudian bagaimana bentuk yang ingin kamu buat? Bisa saja film animasi, stop motion, atau motion graphic. Kenali juga tren animasi masa kini. Kamu dapat belajar secara otodidak atau masuk kuliah dengan peminatan animasi. Di sana kamu akan diajarkan cara membuat animasi secara manual sampai digital dengan software canggih. Kemudian compile semua karya yang sudah kamu buat ke dalam portofolio kreatif. Buatlah semenarik mungkin dalam bentuk cetak artbook atau video showreel.

4. Muralis

cara menjadi komikus

Membuat mural (sumber: howdesign.com)

Suka membuat mural? Tidak ada salahnya untuk menjadikan hobimu sebagai profesi loh. Berawal dari coretan doodle di dinding, coba kembangkan hobimu ke bidang profesional, yaitu menjadi seorang muralis. Muralis adalah seniman mural yang menggambar dan melukis di media dinding atau permukaan luas lainnya yang bersifat permanen. 

Sekarang prospek kerja muralis cukup menjanjikan. Karena saat ini banyak perusahaan iklan yang menggunakan mural sebagai salah satu teknik kampanye atau promosi. Selain itu, di kafe atau restoran juga banyak yang menggunakan mural untuk mempercantik interior. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menjadi muralis?

Cara Menjadi Muralis

Buat kamu yang baru ingin membuat mural, cobalah latihan melukis di kanvas terlebih dahulu. Selanjutnya barulah pindahkan lukisan tersebut ke media dinding. Mulai membuat mural pada dinding rumah kamu sebelum langsung ke klien. Perbanyak latihan, karena sebesar apapun keinginan kamu mustahil rasanya jika tidak mempelajari teknik dasar membuat mural. Semangat!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *