GenK LIFE

Terkesan Sepele, Cara Menulis Footnote Penting Kamu Tahu Ketika Menulis Skripsi!

cara menulis footnote

Dalam sebuah jurnal, buku, atau karya ilmiah yang lain, kamu pasti sering menemukan footnote. Footnote atau catatan kaki adalah keterangan tambahan yang diletakkan di margin bawah sebuah halaman karya ilmiah. Catatan kaki biasanya ditandai dengan adanya kurung siku yang mengapit angka atau huruf dalam sebuah kata di teks utama.

Tidak hanya itu, penulisan tanda catatan kaki dibuat dengan format superscript atau huruf kecil di atas garis huruf. Untuk kamu yang lagi skripsi atau menulis karya ilmiah, penting banget tahu cara menulis footnote dengan tepat.

Komponen yang Harus Ada dalam Penulisan Footnote

Dalam penulisan footnote, ada beberapa hal yang harus tercantum diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Nama Penulis

Nama Penulis

sumber : unsplash.com

Catatan kaki berperan sebagai bukti dan penjelas sumber mana yang kamu gunakan. Sumber penulisan karya ilmiah yang kamu gunakan memang bisa dituliskan di daftar pustaka atau referensi di bagian belakang. Akan tetapi, penggunaan catatan kaki akan memudahkan pembaca untuk menemukan siapa nama penulis yang kamu buat sebagai referensi.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

2. Judul Sumber

Judul Sumber

sumber : free-designs.net

Kemudian sertakan judul karya ilmiah yang kamu gunakan. Penulisan judul akan mempertegas sumber mana yang kamu jadikan rujukan. Pembaca karya ilmiahmu juga akan lebih mudah menemukan referensi lebih lengkap dari sumber tersebut.

3. Tahun

tahun

sumber : wallpaperflare.com

Tahun terbit juga perlu kamu cantumkan untuk mengetahui kapan referensi yang kamu gunakan diterbitkan. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui pernyataan yang diutarakan apakah memakai teori lama atau baru.

4. Halaman Kutipan

kutipan

sumber : pixabay.com

Ada baiknya halaman kutipan yang kamu ambil juga disertakan. Hal ini akan memperkuat bukti bahwa kamu menggunakan referensi yang tepat. Jika pun nanti ada kekeliruan atau butuh penjelasan, pembaca lebih mudah mencarinya pada sumber yang digunakan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!